BINUS UNIVERSITY

    Talenta Muda Indonesia Tunjukkan Kualitas Berkelas Dunia di Ajang ICPC 2020

    Jakarta, 20 Desember 2020 – Saat ini, perkembangan teknologi di Indonesia tengah mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya tenaga ahli di bidang Teknologi Informasi (IT) dari Indonesia yang telah mendunia, baik dalam perusahaan multinasional, maupun dalam ajang perlombaan internasional. Kompetensi global yang dimiliki oleh para Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia di bidang IT tidak lepas dari peran dunia pendidikan. Pendidikan yang dimulai dari dasar hingga perguruan tinggi wajib untuk membekali anak didiknya dengan keterampilan IT agar lebih siap dalam memenuhi kebutuhan industri dalam Era 4.0.

    Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, BINUS UNIVERSITY mewujudnyatakan komitmen untuk menghasilkan SDM terbaik di bidang IT dengan menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara International Collegiate Programming Contest (ICPC) Asia Jakarta Regional 2020. Tahun 2020 ini merupakan kali ke-12 BINUS UNIVERSITY menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara ICPC. Meski tengah berada dalam masa pandemi, BINUS UNIVERSITY melalui School of Computer Science tetap berhasil menyelenggarakan kontes internasional ini secara online bersama dengan Alibaba Cloud sebagai sponsor.

    “Menjadi tuan rumah untuk ICPC Asia Jakarta Regional Contest di tahun ini merupakan sebuah kehormatan bagi BINUS UNIVERSITY. Kami juga bersyukur meskipun dengan situasi pandemi saat ini, headquarter ICPC tetap mempercayakan kami untuk menjadi tuan rumah ICPC Asia Jakarta untuk yang kedua belas kalinya.” Ungkap Bapak Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan School of Computer Science BINUS UNIVERSITY.

    Ajang ini terbagi menjadi dua babak, babak pertama bertajuk Indonesia National Contest atau INC dan diselenggarakan pada tanggal 28-29 November 2020. Kemudian babak kedua, yakni ajang ICPC 2020 diselenggarakan pada tanggal 18 dan 20 Desember 2020 lalu. Event ICPC tahun ini diikuti oleh lebih dari 60 tim yang berasal dari Singapura, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. 47 tim diantaranya berasal dari berbagai perguruan tinggi dari seluruh penjuru Indonesia. Di hari pertama penyelenggaraan ICPC 2020, para peserta disambut dengan Opening Ceremony yang turut dihadiri oleh Ibu Diah Wihardini, selaku BINUS Global Director. Dalam kata sambutannya, Ibu Diah menyampaikan harapannya bagi industri IT kedepannya.

    “Berkat dari para orang-orang berbakat ini dan juga orang-orang bertalenta IT di seluruh dunia, termasuk anda semua yang ada di sini pada hari ini, teknologi komputasi berhasil berubah secara radikal hingga melampaui imajinasi dalam beberapa tahun ini. Kekuatan kolektif dan kreatif yang ada terus memperkaya penemuan dan inovasi yang berkontribusi pada perkembangan terbaru dalam teknologi untuk kepentingan umat manusia dan komunitas global kita semua” Ujar Ibu Diah.

    Para peserta diperkenalkan satu-persatu oleh Ibu Santy S.Kom, M.Sc. dan kemudian dipersilakan untuk melakukan latihan dan uji coba contoh soal kompetisi. Selain itu peserta juga mendapatkan arahan kompetisi oleh Head Judge, Jonathan Irvin Gunawan. Hari pertama kompetisi ditutup dengan trial session dimana para peserta dapat mempersiapkan diri untuk kompetisi final di tanggal 20.

    Kompetisi final dan Awarding Ceremony ICPC 2020 dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2020 melalui Zoom Meeting. Awarding Ceremony dibuka dengan penampilan pencak silat dari Muhammad Lutfi. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ir. Bernard Gunawan Hadipuspito selaku CEO BINA NUSANTARA. Dalam sambutannya, Bapak Bernard menyampaikan betapa pentingnya usaha nyata dalam mewujudkan visi BINA NUSANTARA, salah satunya melalui ICPC 2020 ini.

    “Ini akan menjadi bagian dari upaya berkelanjutan untuk mencapai visi kami menjadi universitas kelas dunia: fostering and empowering the society in building and serving the nation.” Ungkap Ir. Bernard.

    Kemudian acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang INC 2020 dan ICPC 2020. Berikut ini daftar pemenang INC dan ICPC 2020:

    Juara 1 Indonesia National Contest (INC) 2020: Hai San Generations dari BINUS UNIVERSITY

    ICPC 2020

    First Place Gold Medalist: MLG dari National University of Singapore

    Second Place Gold Medalist: (((i^c)>>2)/p)|c) dari National University of Singapore

    Third Place Gold Medalist: 3Sophonomore dari National University of Singapore

    Best National Team ICPC Asia Jakarta Regional 2020: Hai San Generation dari BINUS UNIVERSITY

    Diharapkan para pemenang dan juga peserta yang mengikuti ICPC 2020 ini dapat terus bersemangat dalam berkontribusi bagi kemajuan Teknologi Informasi di dunia. Para peserta juga diharapkan mampu mewujudkan semangat membina dan memberdayakan dengan talenta yang dimilikinya.

    Selamat bagi para pemenang ICPC 2020 dan sampai jumpa pada ICPC Asia Jakarta Regional tahun 2021!