BINUS UNIVERSITY

    Siapa Bilang Teknologi Informasi Hanya Dikuasai Pria! Ini Kisah Sukses Fifi Virgantria!

    Selama ini, dunia teknologi informasi didominasi oleh kaum pria. Namun, siapa sangka, Fifi Virgantria membuktikan kalau perempuan juga bisa menaklukkannya. Lebih dari 20 tahun, ia berkecimpung di departemen IT yang berada di bawah naungan industri finansial. Bahkan, ia berhasil meraih pencapaian yang membuatnya disegani oleh para profesional di bidangnya.

    Sejak tahun 2015, Fifi Virgantria menjabat sebagai Direktur Online Trading & IT di MNC Sekuritas. Nyatanya, hasil survei Fortune 500 menunjukkan bahwa hanya ada 4% wanita yang memimpin perusahaan unggulan pada tahun 2017. Sementara itu, perempuan yang berkiprah di dunia teknologi baru mencapai sekitar 10%.

    Fifi adalah sosok langka yang mematahkan stereotip kemampuan wanita di bidang IT. Kenali lebih dekat dan simak kisah suksesnya berikut ini! 

    Mendapat Beasiswa Manajemen Informatika

    Teknologi

    Fifi mengaku, awalnya ia tidak menetapkan bidang IT sebagai pilihan utama. Namun, takdir berkata lain. Ia justru meraih beasiswa studi Manajemen Informatika dari Universitas Bina Nusantara (BINUS). Wanita kelahiran tahun 1973 ini menganggapnya sebagai tantangan sekaligus kesempatan. 

    Pada masa tersebut, IT memang belum menyentuh banyak sektor pekerjaan. Teknologi komputer baru masuk ke Indonesia pada era 70-an, sedangkan internet mulai merambah kehidupan masyarakat pada tahun 90-an. Akan tetapi, Fifi meyakini adanya potensi besar di balik keterampilan IT di masa depan.

    Berbekal tekad dan keyakinan, Fifi pun hijrah dari kampung halamannya di Bangka, menuju Jakarta. Sebagai perantau, ia mengaku merasa minder saat itu. Mampukah ia mengejar ketinggalan.

    Perasaan tidak percaya diri justru memotivasinya untuk menjadi lebih baik. Nyatanya, ia menjalani studinya dengan baik, bahkan sempat menjadi asisten laboratorium software.

    Karier Cemerlang di Industri Keuangan

    Teknologi

    Fifi Virgantria telah membangun kariernya di sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan. Pada tahun 1995–1997, ia menjabat sebagai Manajer IT di PT. Asuransi Harapan Aman Tbk. Masih tahun yang sama, ia beralih menjadi Manajer IT di PT. Sassoon Securities hingga tahun 2001.

    Sementara itu, PT. Danpac Sekuritas menjadi wadah berkariernya yang cukup lama. Selama sepuluh tahun, yakni 2001–2010, ia menduduki posisi Manajer IT. Dilanjutkan dengan kedudukan sebagai Direktur IT & Online dalam kurun waktu lima tahun. 

    Tahun 2015, ibu dua anak ini pindah ke MNC Sekuritas. Ia pun mendapat kepercayaan mengemban jabatan Direktur Online Trading & IT hingga sekarang. Tugasnya adalah mengelola proses jual-beli saham yang berlangsung secara daring. 

    Tahun 2013–2015, Fifi menjadi anggota komite Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko Bursa Efek Indonesia. 

    Bagaimana Rasanya Menjadi Satu-satunya Wanita di Divisi IT?

    Teknologi

    Sejak mengawali kariernya sebagai programmer, Fifi memang menjadi sosok minoritas di antara para karyawan pria. Pun ketika berkecimpung di industri pasar modal, ia kerap menjadi satu-satunya perempuan di divisi IT. Lalu, bagaimana caranya menyikapi kondisi tersebut?

    Kontestan foto Inspiring Woman yang diselenggarakan Wolipop ini meyakini bahwa sekarang adalah zaman emansipasi. Ia yakin mampu bersaing dengan kaum adam. Enggan dianggap remeh, ia pun memutuskan untuk selalu berani menunjukkan performanya. Misalnya, saat rapat, Fifi senantiasa berusaha memberikan pendapat terbaik.

    Nyatanya, menjadi satu-satunya sosok profesional perempuan justru memberikan keuntungan tersendiri. Ia merasa lebih didengar, bahkan disegani kaum pria.

    Raih Binus Alumni Award 2018

    Teknologi

    Fifi Virgantria dikenal sebagai salah satu tokoh yang mengharumkan nama Binus University, almamaternya terdahulu. Pada 2018, ia pun meraih penghargaan Binus Alumni Recognition Award. Kriteria penilaian berupa komitmen, kontribusi, inovasi, integritas, dan pengabdian masyarakat, ada dalam sosoknya.

    Acara tersebut dilaksanakan bertepatan dengan momen wisuda ke-59. Penghargaan langsung diserahkan oleh President of Binus Higher Education, Stephen Wahyudi Santoso. Didampingi pula oleh sejumlah petinggi Binus lainnya.

    Kisah sukses Fifi Virgantria di bidang teknologi informasi sangat menginspirasi, terutama bagi kaum wanita. Tertarik mengikuti jejaknya?