BINUS UNIVERSITY

    Semangat Berprestasi Ribuan BINUSIAN Dalam RECTOR CUP 2020

    Jakarta, 21 Desember 2020 – Pandemi covid-19 tidak menghentikan semangat BINUSIAN untuk terus berkarya dan berinovasi. Bagi BINUSIAN, pandemi merupakan kesempatan untuk pengembangan diri dan eksistensi organisasi. Pandemi covid-19 ini juga menjadi tantangan yang luar biasa bagi terselenggaranya Rector Cup 2020, yang tahun ini menjadi tahun ketiga sejak diselenggarakan pertama kali tahun 2018. Diadakan oleh Organisasi Kemahasiswaan BINUS UNIVERSITY, tahun ini mengusung tema “Expose your true color”.

    Rector Cup BINUS adalah perlombaan atau pertandingan tahunan antar mahasiswa BINUS dari 6 regional kampus BINUS UNIVERSITY yaitu yaitu BINUS @Alam Sutera, BINUS @Bandung, BINUS @Bekasi, BINUS @Kemanggisan, BINUS @Malang dan BINUS @Senayan. Tercatat ada lebih dari seribu mahasiswa yang mengikuti perlombaan ini. Juara Umum Rector Cup akan berhak mendapatkan Piala Bergilir yang dinamakan “Rector Cup”.

    Ada 7 bidang dengan 14 kategori yang dilombakan dalam Rector Cup 2020 kali ini. Pada bidang seni, BINUSIAN Sing Out Loud lomba menyanyi yang terdiri dari kategori solo dan grup. Membuat Jingle Rector Cup 2020 yang bertujuan agar Rector Cup selanjutnya diiringi oleh Jingle Rector Cup yang telah diciptakan di tahun 2020. Digital Art Competition yang terdiri dari kategori mask design, photography dan short video yang bertemakan expose your true colors, sesuai dengan tema Rector Cup 2020. Modern Dance, lomba menari dengan kategori modern untuk menampilkan karya-karya yang menarik dari para peserta dance.

    Pada bidang olahraga, perlombaan yang diadakan adalah Virtual Run untuk kategori putra dan putri; lomba lari yang diadakan selama satu minggu, 4 – 10 Desember para peserta akan diminta untuk berlari dengen menempuh kilometer sejauh mungkin. Strength Workout; kategori putra dan putri, lomba push up atau sit up yang diadakan secara live via zoom, dengan durasi selama 2 menit, pemenang ditentukan melalaui peserta yang paling banyak melakukan aktivitas push up/sit up selama durasi yang ditentukan. e-Sport dengan kategori perlombaan PUBG, Mobile Legend dan Valorant.

    Adapun aganda pelaksanaan Rector Cup 2020, tanggal 4 – 12 Desember 2020; dilakukan Virtual Run, Digital Art Competition, Jingle Rector Cup dan babak penyisihan e-Sport. Tanggal 14 Desember 2020 diadakan Opening Ceremony Rector Cup 2020 yang ditanyakan secara live streaming melalui kanal youtube BINUS TV. Tanggal 15-17 Desember 2020 adalah tanggal pelaksanaan perlombaan Strength Workout, Modern Dance, BINUSIAN Sing Out Loud dan FINAL perlombaan e-Sport.

    Puncak acara adalah tanggal 18 Desember 2020, menjadi penutup rangkaian kegiatan Rector Cup 2020 yang diadakan secara virtual melalui zoom dan ditayangkan secara live streaming melalui kanal BINUS TV. Adapun Juara Umum Rector Cup 2020 adalah Kampus Regional BINUS @Kemanggisan dengan total perolehan 6 medali emas, 7 perak dan 5 perunggu.

    “Sangat luar biasa, di tengah pandemi dengan segala keterbatasannya, kita masih bisa menunjukkan kreativitas dan upaya positif di samping kegiatan akademik. Apa pun kegiatan yang kita lakukan hendaklah bertujuan untuk menjadi BINUSIAN yang sukses dan memiliki atribut seorang BINUSIAN yang sukses, dihargai, dan dapat memberdayakan masyarakat. Saya ucapkan selamat untuk para pemenang semoga Tuhan selalu memberkati karya kita”, ujar Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor BINUS UNIVERSITY yang secara resmi menutup Rector Cup 2020.

    Di akhir ucapan penutupnya, Prof. Harjanto juga memberikan tambahan hadiah kepada para pemenang Rektor Cup 2020 berupa beasiswa. Diharapkan hal ini akan terus memacu semangat BINUSIAN untuk berkreasi sesuai passionnya yang secara penuh didukung oleh BINUS UNIVERSITY sebagai salah satu bentuk dari program pengembangan karakter mahasiswa.

    ***