BINUS UNIVERSITY

    Pentingnya Kesempatan Magang bagi Mahasiswa

    Program magang di beberapa kampus dikenal dengan nama PKL (Praktik Kerja Lapangan). Tujuannya tentu saja untuk memperkenalkan mahasiswa pada iklim dunia kerja. Inilah mengapa di beberapa kampus, PKL menjadi salah satu mata kuliah wajib. Artinya, setiap mahasiswa wajib menempuh fase internship.

    Terlepas dari mata kuliah wajib, program magang seperti PKL memiliki banyak sekali manfaat bagi mahasiswa. Jadi, ketika menempuh hal tersebut, ada baiknya kamu manfaatkan dengan baik setiap prosesnya. Bagaimanapun, ilmu dan pengalaman saat magang belum tentu bisa didapatkan selama empat tahun masa perkuliahan.

    Pentingnya Magang bagi Mahasiswa

     

    Internship

    Selain yang telah disebutkan, ada banyak hal lain yang menjadi alasan mengapa program magang penting bagi mahasiswa, di antaranya:

    • Bekal Saat Lulus

    Ada banyak sekali hal baru yang akan dihadapi saat program magang dan belum tentu ditemui ketika kuliah. Pengalaman dan ilmu semacam ini sangat berharga karena ketika nanti benar-benar terjun di dunia kerja, mahasiswa tidak perlu kaget atau bahkan bingung.

    • Menambah Pengalaman

    Sering kita lihat iklan lowongan pekerjaan yang mencantumkan syarat “berpengalaman”. Tanpa adanya program magang, syarat ini tentu menjadi kendala dalam mendapatkan pekerjaan. Jadi, jangan ragu ketika kesempatan mengikuti program internship terbuka. 

    1. Memperluas Jaringan

    Disadari atau tidak, koneksi dan relasi sangat berpengaruh dalam berhasil tidaknya kita mendapatkan pekerjaan. Koneksi yang dimaksud adalah jaringan relasi yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber informasi. Dengan mengikuti program magang, kamu bisa berkenalan dengan banyak orang baru dari berbagai latar belakang. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan saat lulus nanti.

    1. Kesempatan Direkrut

    Dalam beberapa kasus, ada perusahaan yang memanfaatkan program magang sebagai ajang berburu karyawan baru. Mengikuti program ini jelas membuat peluang seorang mahasiswa untuk direkrut di perusahaan tempat magang semakin besar. Jadi, pastikan ketika mengikuti program, tunjukkan kinerja terbaik agar perekrut tertarik untuk menjadikanmu karyawan.

    1. Memperkaya CV

    Saat melamar pekerjaan, hal pertama yang dilihat oleh perekrut adalah surat lamaran dan CV (curriculum vitae). Jika kamu pernah mengikuti program internship, jangan ragu untuk mencantumkan pengalaman tersebut pada CV-mu. Pengalaman magang akan membuat CV lebih menarik sehingga kesempatan untuk diterima pun semakin besar.

    Melihat betapa pentingnya magang pada peluang mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan, tidak heran apabila hampir setiap kampus memiliki program ini. Begitu pula dengan BINUS University.

    BINUS Internship Program 

    Internship

    Seperti universitas lain, BINUS juga memiliki program magang yang tujuan utamanya untuk meningkatkan kualitas lulusan. Bedanya, internship program BINUS wajib ditempuh selama satu tahun di sebuah perusahaan. Ketika magang, mahasiswa akan mendapatkan job description sesuai mata kuliah di kampus dengan total sekitar 32 SKS.

    Program ini dikenal dengan istilah 2+1+1; artinya, saat menjadi mahasiswa BINUS, kamu wajib menempuh perkuliahan selama 2 tahun di kampus BINUS asal, 1 tahun di kampus BINUS lain, dan ditambah enrichment program pilihan yang salah satunya adalah internship atau magang. 

    Di BINUS sendiri, terdapat beberapa program magang yang bisa dipilih, yaitu:

    • BINUS Career Internship Opportunities

    Program ini merupakan program magang reguler yang bekerja sama dengan berbagai startup ataupun perusahaan yang ada di Indonesia. BINUS Career Internship Program sendiri biasanya ditempuh selama 1 tahun.

    • International Internship

    International Internship memungkinkan kamu untuk magang di berbagai perusahaan yang ada di India, Malaysia, atau Tiongkok. Program ini cukup bebas, jadi kamu bisa memilih ke mana dan berapa lama akan melakukan internship.

    Itulah pentingnya kesempatan magang bagi mahasiswa. Jadi, apabila berkesempatan menjalani program ini, nikmati prosesnya. Serap ilmu sebanyak-banyaknya dan jangan ragu untuk mencoba hal baru. Karena saat terjun di dunia kerja nanti, pengalaman saat magang akan sangat membantu.