BINUS UNIVERSITY

    Kiprah Trenggono: Lulusan BINUS UNIVERSITY yang Ditunjuk Jokowi Menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan

    Jakarta, 22 Desember 2020 – Tepat pada tanggal 22 Desember 2020, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya menetapkan perombakan Menteri alias reshuffle kabinet. Pengumuman pergantian Menteri disampaikan oleh Presiden pada sore hari Selasa lalu langsung dari Istana Negara. Total terdapat enam kursi Menteri yang mengalami reshuffle, antara lain: Menteri Sosial, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Agama, Menteri Perdagangan dan Menteri Kesehatan. Dari beberapa sosok Menteri yang dipilih, Sakti Wahyu Trenggono menjadi salah satu sosok Menteri baru yang mencuri perhatian.

    “Bapak Sakti Wahyu Trenggono. Beliau sekarang ini memegang jabatan di Wakil Menteri Pertahanan. Dan akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan,” ujar Presiden Joko Widodo.

    Sakti Wahyu Trenggono memiliki julukan yang unik, yakni Raja Menara karena kesuksesannya sebagai pengusaha di bidang telekomunikasi. Trenggono memulai bisnis perangkat telekomunikasi melalui perusahaan PT Solusindo Kreasi Pratama. Kemudian beliau mendirikan bisnis penyewaan menara base transceiver dengan PT Indonesian Tower. Ia terakhir mendirikan PT Teknologi Riset Global Investama yang bergerak di bidang telekomunikasi, teknologi, properti, media dan e-commerce. Kesuksesannya dalam industri telekomunikasi tidak terlepas dari latar belakangnya sebagai lulusan S1 Manajemen Informatika.

    Trenggono menamatkan pendidikan S1-nya di Universitas Bina Nusantara (BINUS UNIVERSITY). Ia merupakan lulusan dari School of Information System BINUS UNIVERSITY. Bekal pendidikannya tersebut sekaligus menjadi batu loncatan baginya untuk memulai bisnis dan kemudian berkiprah di dunia politik. Di tahun 2019 lalu, Trenggono diserahkan tugas memimpin Kementerian Pertahanan bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Akhirnya di penghujung tahun 2020 ini, Trenggono ditunjuk untuk menunaikan tugas sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

    Segenap Keluarga Besar BINUS UNIVERSITY mengucapkan selamat bertugas dan semoga amanah kepada Bapak Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M., Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yang merupakan alumni dari School of Information Systems BINUS UNIVERSITY tahun 1988. Kita semua turut berbangga dan berharap untuk dapat terus membina dan memberdayakan bangsa dan negara Indonesia Bersama-sama melalui kejayaan maritimnya.