BINUS UNIVERSITY

    KARYA BINUSIAN UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN BUDAYA BERINOVASI

    Jakarta, 10 Desember 2020“You can’t solve a problem on the same level that it was created. You have to rise above it to the next level”, adalah salah satu kutipan dari Albert Einstein tentang inovasi. Inovasi menjadi satu hal penting untuk memperbaiki kualitas hidup manusia. Bahkan inovasi menjadi salah satu komponen dalam value BINUS yang disebut dengan SPIRIT (Striving for Excellence, Perseverance, Integrity, Respect, Innovation, Teamwork).

    Hari ini menjadi hari yang paling ditunggu oleh para insan BINUSIAN yang inovatif dimana diadakan pengumuman Pemenang Innovation Award 2020. Sebuah kompetisi tahunan yang bertujuan menumbuhkembangkan budaya berinovasi yang memampukan karyawan di BINUS Group menerapkan rantai nilai inovasi. Mengusung tema “Keep on Innovating”, Innovation Award 2020 ini memiliki total hadiah senilai Rp100 juta.

    Sejak dibukanya pendaftaran, terdapat 107 proposal yang masuk dan terbagi ke dalam 4 kategori yang dilombakan, yaitu  product & service, process, social, dan business model. Dari jumlah tersebut diadakan tahap seleksi dan penilaian dan dipilih Top 15, yaitu:

    • Business Trip Request Online
    • Bee-Able
    • BEEVENT – Binus Event Integrated System
    • BINUS Alumni
    • BINAVION: BINUS Indoor VAVigatION System
    • BINA NUSANTARA #360 Virtual Tour
    • BIOMIMIC Window
    • Set Up Small Business Facing New Normal Era
    • Digital Marketing & Social Marketing Dashboard
    • EEA – Emergency Evacuation Application
    • Exam Online
    • Pisang Torpedo
    • id (Learning Management System (LMS)
    • NAYAKALARA (Robot Pembasmi Virus COVID-19)
    • Sistem Pemantau Physical Distancing Otomatis Menggunakan Kamera CCTV dan Artificial Intelligence

    Dari Top 15 tersebut, dipilih lagi Top 3 Innovator. Yang menarik adalah, juara 1 Innovation Award 2020 diraih oleh 2 innovator sekaligus dikarenakan skor penilaian yang begitu ketat diantara kedua innovator. Berikut adalah Top 3 Innovation Award 2020:

    #1:

    • Digital Marketing & Social Marketing Dashboard. Dikembangkan oleh tim Corporate Digital Marketing Communication dan diketuai oleh Bapak Haris Suhendra. Inovasi ini menggali lebih dalam bagaimana membangun data dari inovasi digital marketing dashboard. Kelebihan dari inovasi ini adalah dapat membuka peluang market baru, memberikan dampak kepada masyarakat, memberikan inisight bagi manajemen perusahaan, meningkatkan akurasi pelapporan sesuai dengan fokus yang ingin dicapai, serta dapat diimplementasikan pada industri pendidikan.

     

    • Dikembangkan oleh kolaborasi tim dosen yang diketuai oleh Bapak DrIrAlexander Agung Santoso GunawanS.Si., M.T., M.Sc., IPM, CIRR., adalah robot dengan beragam kemampuan yang dikembangkan untuk membantu manusia mengurangi resiko penularan massif wabah penyakit. Manfaat dari Nayakalara ini adalah meningkatkan penguasaan teknologi robotika, menyediakan robot yang dapat dikendalikan dalam jarak menengah dan jauh dengan smartphone, mempermudah pengendalian robot dengan teknologi Bluetooth dan wifi, mengurangi penggunaan alat pelindung diri (APD) pada tenaga medis, meningkatkan efektifitas dalam proses sterilisasi lokasi, dan meningkatkan efisiensi penggunaan tenaga medis yang terlatih.

    #3:

    BINUS Alumni Mobile

    Dikembangkan oleh Tim Alumni Relations yang diketuai oleh Bapak Henry Antonius Eka Widjaja, S.Kom., M.M, sebuah aplikasi smartphone yang dapat menghubungkan Alumni BINUS UNIVERSITY dan dapat digunakan untuk mencari kontak alumni, menambah koneksi, berkomunikasi dua arah dengan sesama alumni, berbagi informasi, memberi dan mencari peluang kerja, dan membantu sesama BINUSIAN yang membutuhkan bantuan.

    “Kami berharap melalui ajang Innovation Award ini, budaya inovasi dampat tumbuh dan berkembang sehingga mampu meningkatkan keunggulan bersaing yang berkelanjutan”, harap  Bapak Ir. Bernard Gunawan selaku Ketua Yayasan BINA NUSANTARA dalam sambutannya.

    “Melalui Innovation Award 2020, kita ingin mendorong rekan-rekan untuk membangun budaya berinovasi dengan mengaplikasikan ide-ide yang sejalan dengan strategi BINUS. Saya percaya kita semua dapat terus berinovasi dan mewujudkan inovasi kita sesuai dengan tema tahun ini “Keep on Innovating”, ujar Bapak Stephen Wahyudi Santoso selaku Chief Operating Officer BINA NUSANTARA

    “Inovasi adalah salah satu kekuatan dari BINUS dan menjadi values dari BINUS UNIVERSITY. Melalui inovasi kita dapat terus berkarya membuat hal-hal baru dan membuat hidup kita menjadi menyenangkan dan beragam”, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor BINUS UNIVERSITY.

    ***