BINUS UNIVERSITY

    Kampusnya Para Entrepreneur Inovatif!

    Menjadi entrepreneur saat ini merupakan pilihan hampir sebagian besar mahasiswa Indonesia. Apalagi, perkembangan teknologi memberi kemudahan para pengusaha muda untuk membangun startup dan meraih bantuan pendanaan. Kamu pun bakal mendapat kemudahan lebih banyak kalau memilih tempat kuliah yang tepat. Opsi terbaiknya, kamu dapat berkuliah di kampus inovatif BINUS University. 

    BINUS University telah terbukti mampu menciptakan entrepreneur andal dan sukses. Beberapa nama alumni BINUS yang meraih kesuksesan besar di dunia kewirausahaan, seperti William Tanuwijaya (Tokopedia), Faza Ibnu (kreator Si Juki), Kevin Osmond (Printerous), Yasa Paramita Singgih (Men’s Republic), dan lain sebagainya. Kamu pun berkesempatan mengikuti kesuksesan para entrepreneur muda tersebut. 

    Lalu, bagaimana cara BINUS membantu para mahasiswa meraih kesuksesan dalam dunia entrepreneurship? Ada 3 program utama yang mampu mendorong para mahasiswa tumbuh dan berkembang menjadi sosok entrepreneur inovatif, yakni: 

    1. BINUS Entrepreneurship Center

    Entrepreneur

    Sesuai dengan namanya, BINUS Entrepreneurship Center dibangun untuk membantu para mahasiswa terjun ke dunia kewirausahaan dengan lebih siap. BINUS Entrepreneurship Center memiliki program yang sengaja didesain untuk melahirkan para entrepreneur muda yang menawarkan konsep bisnis inovatif dan modern. 

    Terdapat 5 tahapan program yang bisa kamu ikuti dari BINUS Entrepreneurship Center, yakni: 

    • Level 1: Transmute Mindset

    Pada level pertama ini, para mahasiswa akan didorong untuk memiliki keinginan dan motivasi terjun ke dunia entrepreneurship. Kamu dapat mengikuti kegiatan seminar motivasi yang mendatangkan sosok pengusaha inspiratif. 

    • Level 2: Basic Entrepreneur

    Setelah melewati level 1, kamu dapat menjalani tahapan berikutnya, yakni basic entrepreneur. Pada tahapan ini, kamu akan memperoleh pembekalan dasar tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan ketika ingin menjadi entrepreneur. Terdapat 3 kegiatan yang bisa kamu ikuti dalam program Level 2, yakni focus group discussion, entrepreneur visitor, serta competition

    • Level 3: Experience

    Kamu bisa berpartisipasi dalam aktivitas Student Local Market Experience ataupun Binus Entrepreneur Market Exposure Series (BEMES). Acara Student Local Market Experience  memberi kesempatan mahasiswa untuk mewujudkan ide menarik dan inovatif menjadi model bisnis. Sementara itu, BEMES jadi momen tepat kalau kamu ingin mengenalkan produk ke pangsa pasar lebih luas. 

    • Level 4: Entre Goes to Market

    Program ini akan mendorong para entrepreneur muda BINUS University untuk menghadirkan bisnisnya secara modern. Caranya, mereka diajak untuk mendatangkan produknya dalam bentuk aplikasi yang tersedia di Google Play dan App Store. 

    • Level 5: Promotion & Inspiration

    Tahapan selanjutnya adalah upaya promosi yang dilakukan secara masif memanfaatkan media massa. Selain dukungan berupa  promosi, para entrepreneur muda inovatif BINUS juga akan mendapatkan kesempatan memperoleh upgrade skill serta meningkatkan daya saing lewat startup competition

    1. Program (2+1)+1

    Entrepreneur

    BINUS punya program yang dikenal dengan nama (2+1)+1. Dalam program ini, mahasiswa punya waktu belajar selama 2 tahun di dalam kampus, 1 tahun di kampus BINUS yang ada di kota lain, dan kesempatan mengikuti program enrichment yang berdurasi 1 tahun. Terdapat 5 program enrichment yang bisa kamu ikuti, yakni study abroad, internship, community development, research, dan yang terakhir adalah entrepreneurship

    Pilihan program enrichment tersebut memberi kebebasan bagi para mahasiswa dalam menentukan karier masa depan. Mereka berkesempatan untuk menimba ilmu yang lebih luas, mencari pengalaman kerja di perusahaan ternama, atau mengasah kemampuan kewirausahaan. 


    1. Industry Exposure

    Entrepreneur

    BINUS memberi kesempatan luas bagi para mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan usahanya. Banyak program yang telah disediakan untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. Lewat program-program itu, mereka dapat bertemu secara langsung dengan para entrepreneur terkemuka dan para ahli. 

    Salah satu contoh program yang mendorong tumbuhnya entrepreneur inovatif di BINUS University adalah BEEHIVE Project. Program ini merupakan hasil kolaborasi antara BINUS dengan Erasmus+ Programme for Capacity Building in Higher Education. Tujuan utamanya adalah sebagai sarana memperkuat ekosistem entrepreneurship berbasis universitas. 

    Ada banyak pengetahuan menarik yang bisa didapatkan kalau kamu berpartisipasi dalam BEEHIVE Project. Kamu dapat memperoleh pencerahan terkait konsep kewirausahaan berbasis universitas, cara penerapan ekosistem kewirausahaan di universitas Eropa, serta pelaksanaan pembelajaran online dalam rangka mendorong kesempatan belajar kewirausahaan. 

    Dengan adanya kombinasi tiga program kewirausahaan tersebut, tidak mengherankan kalau banyak pendiri startup dan entrepreneur muda inovatif lahir dari BINUS University. Kamu pun berkesempatan untuk menjadi salah satunya. Mau?