BINUS UNIVERSITY

    Cara Mempersiapkan Diri Agar Sukses di Masa Muda Ala Sonia Fergina Putri Indonesia 2018

    Sonia Fergina Citra adalah pemenang kontes Putri Indonesia 2018. Kemenangan tersebut mengantarkannya mewakili Indonesia di kompetisi Miss Universe pada tahun yang sama. Pada ajang bergengsi itu, Sonia masuk dalam 20 Besar sekaligus 10 Besar kategori National Costume.

    Wanita kelahiran 27 April 1993 ini juga pernah mewakili Bangka Belitung dalam kontes Putri Pariwisata di tingkat nasional pada 2010. Ia berhasil masuk dalam 10 Besar. Prestasi yang sama diraih pada ajang Miss Oriental Tourism 2012. Sukses di usia muda tentu tidak mudah. Lalu, bagaimana Sonia mempersiapkan diri hingga seperti sekarang?

    Mengenal Sosok Sonia

    Mempersiapkan

    Menyandang gelar sebagai Putri Indonesia, wajar saja jika Sonia menjadi pusat perhatian. Namun, kesuksesannya tidak datang tiba-tiba. Karakternya mulai terasah dari keluarga. 

    Ternyata, Sonia memiliki latar belakang keluarga yang unik dan beragam. Sang ayah penganut Konghucu, sedangkan ibunya penganut Katolik. Saudara Sonia pun ada yang beragama Islam.

    Keberagaman tersebut membuat Sonia belajar memiliki toleransi dengan orang yang berbeda sejak muda. Jika kamu mengamati akun Instagram-nya, di sana ia menulis “#BeDiverseBeTolerant”. 

    Secara tak langsung, ia ingin berbagi pesan tentang makna toleransi ke seluruh dunia. Mengembangkan toleransi sangat penting, apalagi di negara dengan penduduk yang berbeda-beda suku, agama, dan rasnya.

    Bukan hanya itu, lulusan BINUS University jurusan Sastra Inggris ini juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia aktif dalam organisasi “Diberi untuk Memberi” sebagai volunteer. Misi organisasi ini adalah membagikan makanan gratis untuk petugas kebersihan dan orang-orang kurang mampu. 

    Tips Sukses Ala Sonia

    Mempersiapkan

    Bagi kamu yang ingin sukses seperti Sonia, ada beberapa tips yang bisa kamu tiru untuk mempersiapkan diri, nih! Yuk, simak di sini.

    • Jaga tubuh tetap sehat

    Kalau kamu mengamati akun Instagram @soniafergina, salah satu aktivitas yang sering ia posting adalah berolahraga. Ia mengaku lebih suka berolahraga pada pagi hari. Menurut Sonia, olahraga dapat meningkatkan mood supaya lebih baik. Aktivitas ini sangat membantu membuatnya fokus mengerjakan tugas-tugas.

    Jenis olahraga yang dilakukan Sonia sederhana saja, yaitu lari pagi. Meski demikian, pada masa pandemi ini, ia tetap menjaga jarak supaya tetap aman. Selain itu, Sonia dikenal jago taekwondo dan capoeira, lo! Tak heran jika tubuhnya terlihat selalu bugar.

    Nah, kamu juga wajib jaga tubuh tetap sehat supaya dapat melakukan aktivitas dengan optimal. Ini merupakan salah satu langkah awal untuk sukses.

    • Jalin relasi yang baik dengan orang lain

    Sonia kerap mem-posting momen kebersamaan dengan teman dan para sahabatnya di media sosial. Meski telah menyandang gelar Putri Indonesia yang prestisius, ia tak lantas menyombongkan diri. 

    Memiliki relasi yang baik dengan orang lain sangat penting kalau kamu ingin sukses di usia muda. Salah satu manfaatnya, kamu bisa belajar berbagai hal dari mereka. Kamu juga dapat menyerap semangat dari orang lain sehingga makin yakin untuk maju.

    • Tidak mudah menyerah

    Perjalanan Sonia untuk meraih mahkota Putri Indonesia tidak mudah. Namun, ia tidak menyerah hingga berhasil mencapai tujuan. Kualitas ini telah terlihat sejak ia mulai terjun di dunia modelling pada usia 12 tahun. 

    Pertama kali, ia meraih prestasi sebagai juara 2 Model Remaja Babel 2005. Pada tahun yang sama, ia menjadi juara 1 Model Mall Atrium in Style di Jakarta. Jadi, Sonia fokus dan konsisten mengikuti perlombaan serupa hingga menuai hasilnya.

    Kamu pun harus melatih kemampuan ini sebagai bekal mempersiapkan diri untuk sukses. Kegagalan tidak boleh menjadi penghalang untuk mencoba lagi. Jangan lupa, belajarlah dari pengalaman. Latih diri supaya makin berkualitas di bidang yang digeluti.

    Nah, inilah beberapa tips ala Sonia yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat, ya!