BINUS UNIVERSITY

    Adaptasi Digital: Jawaban Tantangan Kebutuhan Industri Masa Kini dan Mendatang

    School of Computer Science BINUS UNIVERSITY dirancang untuk siap menghadapi tantangan era digital 4.0. Jurusan kuliah ini tidak hanya berfokus pada penguasaan teknologi dan standar kualitas lulusan, tetapi juga kontribusi bagi masyarakat serta kemampuan dalam menghadapi tantangan tidak terduga, misalnya era pandemi saat ini.

    Fredy Purnomo S. Kom., M. Kom., Dekan Fakultas Ilmu Komputer BINUS UNIVERSITY, membagikan perspektifnya terkait peran dan upaya kampus dalam menghadapi tantangan era modern.

    Jurusan Unggulan di School of Computer Science

    Jurusan Kuliah

    School of Computer Science BINUS UNIVERSITY memiliki enam jurusan utama yang semuanya difokuskan pada era digital serta perkembangannya. Jurusan Game Application and Technology serta Mobile Application and Technology termasuk dua yang cukup populer karena makin dibutuhkan di era digital.

    BINUS UNIVERSITY juga mengantisipasi kebutuhan untuk tren kerja mendatang dengan membuka Program Studi Data Science pada tanggal 1 Agustus 2020. Hal ini sesuai dengan makin besarnya kebutuhan akan pakar sains data dalam berbagai bidang kerja. Program Studi Data Science menjadi primadona di berbagai perusahaan nasional maupun internasional, dengan prospek karir yang makin luas.

    Penambahan program studi (prodi) ini juga sejalan dengan visi dan misi BINUS UNIVERSITY untuk menjadi institusi pendidikan bertaraf internasional. Hal ini terbukti lewat berbagai standar sertifikasi, misalnya akreditasi A untuk sertifikasi Asian University Network Quality Assurance, serta peringkat 400 – 500 sedunia menurut QS Star.

    Potensi Jurusan Populer Masa Depan

    Jurusan Kuliah

    Apa saja jurusan yang kelak menjadi pilihan populer? Dekan Fakultas Ilmu Komputer memberi beberapa ilustrasi program studi populer di masa depan, misalnya:

    1.  Data Science

    Sesuai deskripsi di bagian sebelumnya, jurusan Sains Data makin populer seiring meningkatnya tren Big Data di dunia industri dan bisnis. Mahasiswa akan belajar cara menggunakan teknik statistik, simulasi, analisis, dan penambangan data untuk mempelajari tren yang bermanfaat bagi prediksi dunia industri.

    2.  Cyber Security

    Keamanan Siber (Cyber Security) makin dibutuhkan dalam dunia yang tergantung pada data, Kecerdasan Buatan, serta teknologi digital. Selain belajar berbagai teknik pencegahan ancaman siber, mahasiswa juga akan mengembangkan kemampuan untuk menganalisis tren serta strategi keamanan siber secara umum.

    3.  Game Application and Technology

    Gamifikasi telah menjadi bagian dari industri senilai miliaran Dolar. Di BINUS University, mahasiswa bisa belajar ilmu pemrograman, desain, dan pengembangan perangkat gamifikasi serta menerapkannya secara langsung dalam berbagai industri.

    4.  Mobile Application Technology

    Teknologi mobile makin menjadi andalan berbagai industri dalam menjalankan usaha atau praktik mereka. BINUS UNIVERSITY memberikan wawasan dasar serta kemampuan praktis dalam pengembangan teknologi nirkabel, IoT, perangkat lunak dan mobile, dan sebagainya.

    Untuk mengantisipasi kebutuhan akan kaum profesional dengan wawasan lebih mendalam, Fakultas Ilmu Komputer BINUS UNIVERSITY menawarkan double program, yaitu Ilmu Komputer + Matematika dan Ilmu Komputer + Statistika.

    Aktivitas dan Inovasi

    Jurusan Kuliah

    Salah satu prinsip BINUS UNIVERSITY adalah mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia profesional. Untuk mewujudkannya, Fakultas Ilmu Komputer menyiapkan Program Pengayaan (Enrichment Program) yang terdiri dari beberapa aktivitas, misalnya magang, riset bersama dosen, hingga program belajar ke luar negeri. BINUS UNIVERSITY bekerja sama dengan beberapa perusahaan atau institusi untuk memberi mahasiswa pengalaman nyata.

    BINUS UNIVERSITY juga menciptakan inovasi sebagai kontribusi bagi masyarakat dalam menghadapi pandemi. Pada 2 Juli 2020, BINUS UNIVERSITY menyumbangkan robot NAYAKALARA ke beberapa rumah sakit di Jakarta. NAYAKALARA merupakan hasil inovasi tim dosen dan peneliti serta terdiri dari robot pengantar makanan dan disinfektan. Keduanya merupakan sarana untuk membantu tugas staf rumah sakit dan tenaga kesehatan.

    Aktivitas di Tengah Pandemi

    Jurusan Kuliah

    Bagaimana Fakultas Ilmu Komputer mengatur aktivitas mahasiswa di tengah pandemi?

    Menurut Bapak Fredy Purnomo, kegiatan belajar-mengajar dimodifikasi dengan menambahkan materi daring dan video yang lebih fleksibel. Selain materi konvensional, kampus juga menambahkan materi yang memungkinkan mahasiswa belajar secara mandiri.

    Akhirnya, Bapak Fredy Purnomo menyatakan harapan bagi mahasiswa baru maupun lama agar terus belajar dan makin bersemangat menggali kreativitas. Walau pandemi mengubah cara belajar-mengajar, jurusan kuliah ini tetap memegang teguh prinsip BINUS UNIVERSITY untuk memberikan pendidikan terbaik yang menciptakan lulusan profesional.