BINUS UNIVERSITY

    10 Profil Lulusan BINUS yang Sukses Mendirikan Startup dan Unicorn

    BINUS University memiliki reputasi sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik Indonesia. Buktinya, BINUS termasuk dalam Top 1.000 dunia dalam daftar peringkat perguruan tinggi terbaik dunia versi QS World University Rankings 2021. Para lulusan BINUS pun berkontribusi besar pada iklim bisnis di tanah air. Apalagi, tak sedikit startup ataupun unicorn dalam negeri yang didirikan oleh alumni BINUS. 

    Lalu, siapa saja sosok alumni BINUS yang sukses mendirikan unicorn dan startup besar di Indonesia? Berikut ini adalah daftarnya: 

    1. Kevin Osmond

    Lulusan BINUS

    Profil alumni BINUS University yang pertama adalah Kevin Osmond. Sosok yang satu ini terkenal dengan jiwa entrepreneur-nya. Alumni Computer Science tahun 2005 ini memiliki peran dalam pendirian beberapa startup terkemuka di Indonesia. Dia pun terdaftar sebagai co-founder untuk beberapa perusahaan perintis seperti Tiket.com, Filmoo.com, serta Printerous.com. 

    1. Marcella Einsteins

    Lulusan BINUS

    Pencapaian tak kalah besarnya diraih oleh binusian bernama Marcella Einsteins. Wanita yang mengaku sebagai pencinta game online ini tercatat sebagai co-founder Tiket.com dan IndoTravel. Perannya di IndoTravel sangat krusial, berposisi sebagai CEO. Startup ini kemudian diakuisisi oleh Djarum Group pada 2017. 

    1. William Tanuwijaya

    Lulusan BINUS

    Siapa yang tidak kenal dengan William Tanuwijaya? Alumni Teknik Informatika BINUS University yang satu ini memang sangat fenomenal. Mengawali karier sebagai software engineer, William kini dikenal sebagai pendiri salah satu unicorn besar di Indonesia, Tokopedia. Keberadaan unicorn ini pun mampu mendorong para pelaku UKM di Indonesia menjangkau pangsa pasar lebih luas. 

    1. Joshua Kevin

    Lulusan BINUS

    Pencapaian yang diraih oleh Joshua Kevin tidak kalah cemerlang dibandingkan binusian lain. Joshua mengawali kariernya dengan berjualan produk fashion secara online menggunakan platform Kaskus. Sempat menimba ilmu di beberapa perusahaan, Joshua kemudian mendirikan startup Talenta.co. Startup tersebut kini diakuisisi oleh Sleekr dan Joshua ditunjuk sebagai CEO. 

    1. Edy Budiman

    Lulusan BINUS

    Binusian yang sukses mendirikan startup selanjutnya adalah Edy Budiman. Reputasi sebagai pendiri Dewaweb, membuat namanya tidak kalah mentereng dibandingkan dengan founder startup lain. Dewaweb pun dibawanya sebagai perusahaan hosting pertama di Indonesia yang menyediakan layanan hosting berbasis cloud

    1. Muhammad Egha

    Lulusan BINUS

    Muhammad Egha yang merupakan lulusan jurusan arsitek BINUS jadi sosok inspiratif selanjutnya. Sosok arsitek yang satu ini merupakan salah satu co-founder startup yang berkecimpung dalam bidang desain dan arsitektur rumah, yakni Delution. Nama Delution merupakan singkatan dari design revolution. Revolusi desain yang menjadi nilai lebih Delution adalah kemampuan mereka dalam merancang bangunan minimalis modern. 

    1. Alamanda Shantika Santoso

    Lulusan BINUS

    Nama Alamanda Shantika Santoso adalah sosok alumni sukses selanjutnya dari BINUS University. Alamanda pernah diangkat oleh founder GoJek Nadiem Makarim sebagai VP Product. Selain itu, Alamanda juga pernah tercatat sebagai komisioner independen di Mandiri Capital Indonesia (MCI). Posisi terbarunya saat ini adalah sebagai founder dan sekaligus presiden direktur Binar Academy. 

    1. Bernardus Sumartok

    Lulusan BINUS

    Bernardus Sumartok, Alumni BINUS 1999 adalah sosok yang memiliki jiwa bisnis kuat. Beberapa startup di bidang travel pernah dipimpinnya, seperti Flamingo Travel dan Tripvisto. Saat ini, Bernardus mendirikan Swastee yang merupakan layanan laundry ramah lingkungan di Canggu, Bali. 

    1. Benni Fajarai

    Lulusan BINUS

    Benni terkenal dengan label sebagai salah satu orang yang termasuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia. Selain itu, Benni juga tergolong sebagai seorang pebisnis yang andal dan kreatif. Beberapa startup pun telah dibuatnya, mulai dari Cactus Project, Kreavi.com, Qlapa, dan terakhir Benni tercatat sebagai co-founder Lifepal. 

    1. Yasa Singgih

    Lulusan BINUS

    Sama halnya seperti Benni Fajarai, Yasa Singgih juga termasuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia. Jiwa entrepreneur Yasa Singgih sudah muncul sejak masih berstatus sebagai mahasiswa BINUS University, dengan mendirikan Men’s Republic. Selanjutnya, pada 2020 ini, Yasa Singgih tercatat sebagai co-founder sekaligus CEO Fortius Distributions Indonesia. 

    Selain 10 pendiri startup dan unicorn tersebut, BINUS memiliki banyak alumni lain yang memiliki pencapaian tidak kalah memukau. Oleh karenanya, tidak heran kalau menyebut BINUS University sebagai kampusnya para entrepreneur. So, buat kamu yang ingin menjadi pebisnis besar di masa depan, BINUS adalah pilihan terbaik.