BINUS UNIVERSITY

    Pandemi Mengubah Dunia Perhotelan, Lulusan Hotel Management Wajib Kuasai 5 Soft Skill Ini

    Pandemi menyerang telak sektor pariwisata Indonesia. Demi kesehatan bersama, pembatasan sosial berskala besar dan penerapan protokol kesehatan ketat dilakukan serempak di seluruh negeri. Konsekuensinya, nyaris semua hotel mengalami penurunan jumlah tamu.

    Pandemi global akibat COVID-19 memang belum pernah terjadi sebelumnya. Meski belum tahu sampai kapan periode sulit ini berlangsung, terselip harapan industri andalan ini segera bangkit. Begitu pula dengan dunia perhotelan.

    Suka tak suka, kondisi tersebut telah mengubah wajah dunia perhotelan. Maka, penting bagi lulusan Hotel Management untuk menguasai lima soft skill berikut.

    Bersikap fleksibel

    Soft Skill

    Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) juga berlaku saat kamu menyambut tamu hotel. Inilah perubahan paling signifikan yang harus dijalani nantinya. Menghadapi perubahan demikian akan mudah jika kamu mampu bersikap fleksibel.

    Kamu harus beradaptasi dengan cepat agar tetap bisa melayani tamu sepenuh hati. Lagi pula, situasi sehari-hari bekerja di hotel menuntut fleksibilitas. Mulai dari perubahan shift kerja, bekerja saat waktu libur, atau menangani pekerjaan di luar tugasmu.

    Keterampilan berkomunikasi

    Soft Skill

    Bukan sekadar mampu berkomunikasi dengan kolega saja, tetapi kamu harus piawai membangun percakapan dengan siapa saja yang berhubungan dengan hotel. Terlebih, mereka berasal dari latar belakang budaya, usia, dan kebangsaan berbeda.

    Perlu diingat, kelak kamu akan berbicara sebagai representatif hotel. Di sinilah keterampilan interpersonal jadi pelengkap dalam berkomunikasi. Kamu perlu berbicara dengan percaya diri dan profesional. Sampaikan penuturan secara positif dengan bahasa tubuh tepat, sopan, dan tulus.

    Perhatian terhadap hal-hal kecil

    Soft Skill

    Detail itu penting. Hal kecil kadang bisa terlihat remeh, tetapi justru berdampak besar bagi tamu hotel. Contoh, untuk mendapat kamar sempurna, kamu harus memastikan tidak ada satu debu pun menempel di perabotan hotel. Bahkan, lipatan kecil di sprei tempat tidur!

    Harus diakui, tamu bisa menikmati pengalaman menginap di hotel dengan pelayanan standar. Namun, ketika kamu menaruh perhatian ekstra pada tiap detail, mereka akan terkesan dan selalu mengingatnya sehingga mau berkunjung kembali.

    Problem solving

    Soft Skill

    Di hotel bintang lima nan mewah atau motel sekalipun, setiap tamu memiliki harapan tertentu atas pelayanan hotel. Ketika sesuatu tidak sesuai harapan, wajar jika tamu merasa kecewa. Di sinilah keterampilan problem solving berperan penting.

    Saat kuliah dan magang nanti, kamu belajar menyelesaikan masalah dengan memberi solusi berbeda. Bukan cuma satu, tetapi bisa tiga atau empat solusi sekaligus. Ini jadi tantangan menarik untuk dipecahkan, sekaligus mendorongmu untuk terus berpikir kreatif.

    Bekerja sama dalam tim

    Soft Skill

    Tidak ada satu pun komponen dalam mesin yang lebih unggul daripada komponen lainnya. Demikian juga dalam mengelola dan menjalankan sebuah hotel. Kerja sama tim mutlak dibutuhkan agar kamu dan kolega bisa melayani tamu dengan baik.

    Adalah hal lazim ketika kamu bekerja dengan berbagai orang dari seluruh penjuru dunia. Perbedaan budaya, latar belakang, dan kepribadian bukan halangan untuk mampu membangun sebuah tim yang solid. Pasti akan sulit pada awalnya. Namun, yakin pada satu hal, industri perhotelan tidak akan berjalan tanpa kerja sama tim dari para individu andal di dalamnya.

     

    Sekarang kamu tahu apa saja lima soft skill penting yang harus dikuasai lulusan Hotel Management. Boleh jadi kamu belum memiliki semua keterampilan itu saat ingin daftar jurusan kuliah. Tenang saja, belajar, praktik, dan pengalaman akan membantu kamu menguasai keterampilan tersebut satu per satu.

    Langkah awal, pilih jurusan Hotel Management BINUS UNIVERSITY sebagai tempat menimba ilmu dunia perhotelan. Pembekalan keterampilan dan pengetahuan berkelas dunia, pengajar profesional dan terbaik di bidangnya, serta kesempatan magang di jaringan hotel terkemuka jadi kendaraan tepat untuk mengasah keterampilan kamu.

    Dengan demikian, kamu tinggal selangkah lagi menuju karier impian: menjadi seorang profesional dalam industri perhotelan dunia.