BINUS UNIVERSITY

    Kuliah Business Creation, Ini 7 Ide Bisnis Kekinian yang Bisa Kamu Kembangkan

    Perkembangan bisnis dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan pengetahuan. Agar bisa bersaing, kamu harus menjadi pebisnis kreatif. Seperti halnya Diva Velda, pebisnis oleh-oleh makanan ringan yang kuliah di Jurusan Business Creation. Meski umurnya baru 21 tahun, Diva sudah berpenghasilan miliaran rupiah.

    Kalau kamu ingin seperti Diva, tekuni ilmu-ilmu di Jurusan Business Creation. Selain itu, cobalah memulai bisnis dari sekarang. Sebagai referensi, berikut ini ada tujuan ide bisnis kekinian yang bisa dikembangkan.

    • Sayur Online

    Kuliah

    Dulu, penjual sayur harus pergi ke pasar, membuka warung, atau memakai gerobak untuk menawarkan dagangannya. Namun sekarang, menjual sayur cukup modal smartphone dan internet. 

    Sistem penjualannya bisa dimulai dengan pre-order. Artinya, produk disediakan hanya jika ada yang memesan. Untuk mendapatkan pesanan, kamu harus mempromosikan melalui media sosial atau aplikasi sayur online.

    Amanda Cole adalah salah satu pebisnis sayur online sukses di Indonesia. Ia mengembangkan platform Sayurbox sebagai wadah petani menjual produknya. Berkat prestasi Amanda dan timnya, Sayurbox masuk daftar 30 Under 30 Forbes 2019.

    • Dropshipper

    Kuliah

    Kamu ingin mencari penghasilan di tengah jadwal kuliah yang padat? Menjadi dropshipper adalah pilihan tepat. Seorang dropshipper tidak perlu mendirikan toko dan mengirimkan produk ke tempat konsumen. Tugasmu hanya mencari konsumen, lalu memesankan ke produsen.

    Nantinya, produsen yang mengirimkan produk ke alamat konsumen dengan mencantumkan nama kamu sebagai penjual. Setelah produk terbayar lunas, komisinya akan ditransfer ke rekening dropshipper.

    • Frozen Food

    Kuliah

    Didukung teknologi digital, bisnis frozen food semakin naik daun belakangan ini. Pasalnya, untuk memulai bisnis tersebut, cukup bermodal freezer dan smartphone yang terhubung internet. Soal bahan makanan, kamu bisa memilih aneka seafood, daging, serta olahannya.

    Astri Putri Ardi adalah sosok milenial yang jeli melihat peluang bisnis frozen food. Sejak tahun 2013, Astri mengembangkan frozen food dengan brand Hoki Foods. Dari modal awal Rp650.000, Astri berhasil meraih untung jutaan rupiah per bulan.

    • Affiliate Marketing

     

    Kuliah

    Affiliate marketing cocok untuk kamu yang belum memiliki modal usaha. Pasalnya, bisnis tersebut dapat dimulai dengan mempromosikan produk perusahaan. Teknik promosinya mudah; cukup sebarkan kode referral ke target konsumen. Jika konsumen membeli produk lewat kode itu, perusahaan akan memberikan komisi. 

    Habibie Afsyah merupakan salah satu affiliate marketer dengan komisi tertinggi saat ini. Ia sukses bermitra dengan situs Amazon. Selain itu, ada Berto Saksono Jati yang berhasil menjadi affiliate marketer aneka produk kesehatan.

    • Desain Grafis

    Kuliah

    Jasa desain grafis kerap dibutuhkan saat mahasiswa maupun dosen akan mengadakan acara. Biasanya, mereka menggunakan jasa desain grafis untuk membuat konsep spanduk, baliho, maupun kaos kegiatan.

    Tak harus membuka outlet, kamu bisa mengerjakannya dari kamar kos bermodal perangkat komputer. Seperti halnya sosok Yohanes Auri, desainer grafis milenial yang mengawali bisnis sejak kuliah. Usaha tersebut mengantarkan Yohanes menjadi pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2010.

    Kini, Yohanes Auri mengembangkan PT Flux Asia Solusindo sebagai perusahaan jasa desain grafis terbaik. Beberapa layanan yang diberikan, antara lain company profile, desain web, dan multimedia animation.

    • Bisnis Jasa Pembuatan Konten

    Kuliah

    Banyak orang memiliki produk, tetapi sedikit yang mahir memasarkannya lewat internet. Karena itulah, bisnis jasa pembuatan konten cocok untuk mahasiswa. Selain modalnya kecil, cara berbisnisnya pun mudah dijalankan. Kamu cukup membuat konten iklan, lalu mempromosikan melalui media sosial.

    Biasanya, bisnis food and beverage, fesyen, dan gadget paling membutuhkan jasa konten. Bentuk kontennya beragam; bisa berupa video, artikel, infografis, maupun caption singkat di Instagram.

    • Jasa Fotografi 

    Kuliah

    Kamu yang memiliki bakat memotret bisa membuka jasa fotografi. Kebutuhan jasa ini meningkat seiring semakin beragamnya aktivitas manusia, mulai dari pernikahan, momen reuni, kegiatan kampus, hingga festival. Selain itu, karya fotografi pun bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan memajangnya di situs web tertentu.

    Contoh fotografer muda yang sukses adalah Fransisca Angela. Jejak suksesnya dirangkai sejak masih SMA dengan mengikuti kontes foto seri di majalah travel. Sementara kini, karya-karyanya terpampang di berbagai media, seperti situs Design Sponge dan majalah Bliss Magazine.

     

    Itulah sebagian prospek cerah untuk kamu yang kuliah di Jurusan Business Creation. Butuh referensi tempat kuliah Business Creation terbaik?

    Kamu bisa memilih Jurusan Business Creation di BINUS UNIVERSITY. Program studi ini tak hanya memberikan teori bisnis kreatif masa depan, tetapi juga mendidik mahasiswa menjadi entrepreneur inovatif. Setiap mahasiswa bebas mengeksplorasi kemampuan analisis hingga ide bisnisnya dengan dibekali pengetahuan creative thinking. Tertarik?