BINUS UNIVERSITY

    Keterampilan Wajib Alumni Business Hotel Management di Era Pandemi Global

    Sektor perhotelan menjadi industri yang sangat terdampak pada era pandemi global seperti sekarang. Dampaknya pun sangat nyata. Hotel yang dulunya ramai, berubah menjadi sepi. Bahkan, tak sedikit pula pemilik hotel yang memutuskan untuk menjual asetnya.

    Era pandemi global seperti sekarang menjadi tantangan tersendiri bagi para alumni business hotel management. Tak menutup kemungkinan, bekal kemampuan tertentu bisa mengantarkanmu meraih kesuksesan di zaman serba tak menentu seperti sekarang.

    Lalu, bekal keterampilan seperti apa yang wajib dimiliki oleh seorang alumni business hotel management? Setidaknya, kamu perlu membekali diri dengan 5 kemampuan penting, yaitu:

    1. Komunikasi

    Business Hotel Management

    Keterampilan pertama yang wajib dikuasai alumni business hotel management adalah kemampuan berkomunikasi. Dalam industri perhotelan, kamu akan dituntut untuk menguasai bahasa asing secara fasih, baik lisan ataupun tertulis. Di era pandemi, tuntutan kemampuan berkomunikasi pun bakal lebih tinggi.

    Kemampuan berkomunikasi efektif dapat membantu hotel mengatasi krisis sehingga dampaknya tidak terlalu parah. Soft skill tersebut sangat bermanfaat untuk melakukan komunikasi secara positif dengan suplier dan vendor. Langkah komunikasi tersebut sangat penting, sebagai upaya memperoleh keringanan serta jaminan dari mereka.

    Tidak kalah pentingnya, kemampuan komunikasi juga sangat krusial ketika berhadapan dengan para investor dan pemilik modal. Dalam situasi krisis seperti sekarang, manajemen hotel perlu melakukan komunikasi secara transparan kepada investor. Sikap transparan tersebut, berpotensi membantu hotel mendapatkan suntikan dana tambahan.

    1. Berpikir kritis

    Business Hotel Management

    Kemampuan berpikir kritis juga penting dan wajib dimiliki oleh lulusan business hotel management. Kecakapan ini membantumu untuk bisa bersikap tenang meski dalam situasi yang tak menguntungkan. Pada situasi tenang, kamu dapat berpikir secara rasional dengan mempertimbangkan berbagai informasi yang ada.

    Seorang yang mampu berpikir kritis akan memiliki banyak pertanyaan untuk membantu menggali informasi lebih detail. Beberapa jenis pertanyaan tersebut di antaranya adalah “apa yang tengah terjadi?”, “kenapa hal ini sangat penting?”, “aspek apa saja yang terdampak?”, “dari mana sumber informasi didapatkan?”, “apakah sumber informasi kredibel?”.

    Dengan cara seperti ini, kamu benar-benar memperoleh informasi yang kredibel dan dapat dipercaya. Selanjutnya, data serta berbagai informasi tepercaya itu dapat dianalisis dan digunakan sebagai bahan untuk melakukan pengambilan keputusan penting. Tak menutup kemungkinan, terdapat peluang besar yang bisa dimanfaatkan.

    1. Kecerdasan digital

    Business Hotel Management

    Era pandemi membuat banyak orang menyadari betapa pentingnya kemampuan memanfaatkan teknologi secara tepat. Kalau kamu lulusan business hotel management, keterampilan ini jadi soft skill yang sangat dicari para pelaku industri perhotelan. Apalagi, banyak industri perhotelan yang memanfaatkan platform digital dalam menjalankan aktivitasnya.

    Kecerdasan digital yang kamu perlukan tidak sekadar kemampuan menjalankan aplikasi tertentu. Namun, kamu juga perlu membekali diri dengan pengetahuan berkaitan big data, teknologi cloud, artificial intelligence (AI), dan lain sebagainya. Bekal pengetahuan tersebut, bakal membuatmu terlihat menonjol dibandingkan kandidat lain.

    1. Kemampuan beradaptasi

    Business Hotel Management

    Hal yang tak kalah penting adalah kemampuan beradaptasi dalam situasi sulit. Para pelaku industri perhotelan saat ini melakukan berbagai upaya agar mampu bertahan dan melewati masa pandemi. Apalagi, tidak ada informasi yang pasti mengenai kapan pandemi virus corona berakhir.

    Dalam situasi tersebut, kehadiran seorang karyawan yang punya kemampuan adaptasi tinggi merupakan nilai plus. Kecakapan tersebut membuat kamu tidak mengalami kesulitan ketika manajemen hotel melakukan pergantian strategi bisnis secara tiba-tiba. Dalam situasi pandemi, kondisi seperti itu dapat terjadi kapan saja.

    1. Kreativitas

    Business Hotel Management

    Keterampilan penting yang terakhir adalah kemampuan berpikir kreatif. Kreativitas berpikir yang kamu miliki bisa membantu manajemen hotel dalam mengatur rencana ke depan. Dalam situasi seperti sekarang, manajemen setidaknya perlu memikirkan berbagai jenis perencanaan. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi ketika rencana awal mengalami kegagalan.

    Masa sulit akibat pandemi yang tengah terjadi saat ini bukanlah hal baru. BINUS UNIVERSITY percaya, bahwa krisis ini akan segera berakhir. Apalagi, para mahasiswa jurusan business hotel management BINUS telah dibekali dengan berbagai keahlian dan keterampilan penting yang membuat mereka lebih unggul dibandingkan lulusan perguruan tinggi lain.

    Tetap semangat, ya!