BINUS UNIVERSITY

    Keren! Selain Akuntan, Alumni Sistem Informasi Akuntansi Juga Berpotensi Menjadi Sistem Analis, Lho

    Seiring berkembangnya teknologi, kini profesi yang berhubungan dengan dunia IT banyak dibutuhkan. Pesatnya pertumbuhan platform online berbasis website dan mobile pun ikut mendongkrak tingginya lowongan kerja seputar IT, mulai dari programmer, database administrator, UI/UX designer, serta sistem analis.  

    Di antara profesi yang telah disebutkan, jabatan sebagai sistem analis terbilang diminati, sebab penawaran gajinya cukup besar. Sebagai gantinya, peran sistem analis dalam merancang produk digital pun bersifat krusial. 

    Bagi alumni sistem informasi akuntansi, sistem analis bisa dimasukkan ke dalam daftar pekerjaan incaran. Sementara buat kamu yang ingin tahu lebih detail terkait sistem analis, keahlian yang dibutuhkan, serta bagaimana jenjang kariernya, ulasan berikut siap menjawab rasa penasaranmu. Baca sampai habis, yuk!

    Apa Itu Sistem Analis?

    Alumni

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sistem analis adalah seorang ahli yang mengembangkan sistem dengan tujuan menyelesaikan masalah di bidang komputer. Secara umum, tugas seorang sistem analis adalah melakukan analisis, merancang, sekaligus mengimplementasikan sistem. 

    Di beberapa perusahaan posisi ini juga bertanggung jawab meningkatkan infrastruktur teknologi agar semuanya berjalan secara efektif serta efisien. Bila dijabarkan berikut beberapa tugas umum dari seorang sistem analis. 

    • Melakukan identifikasi untuk mencari tahu masalah-masalah sistem yang bisa diperbaiki.
    • Melakukan testing untuk mengklasifikasikan problem mana yang dapat diperbaiki, mana yang ingin dikembangkan. 
    • Menyusun persyaratan sebelum perbaikan sistem dilakukan, termasuk membuat laporan cost and benefit guna meningkatkan kualitas. 
    • Sistem analis akan bekerja bersama programmer untuk membuat desain antarmuka, data, modul, hingga arsitektur. 
    • Mengimplementasikan perangkat lunak yang berhasil dikembangkan

    Selain disebut sebagai sistem analis, pekerjaan satu ini  punya nama lain seperti system administrator, IT analyst, atau system architects. Apa pun sebutannya, bekerja sebagai sistem analis sudah pasti memiliki tantangan tersendiri. 

    Keahlian yang Dibutuhkan Sistem Analis

    Alumni

    Lalu, apa saja sih keahlian yang harus dikuasai oleh alumni sistem informasi akuntansi agar mampu menjadi sistem analis yang andal? 

    • Keterampilan Teknis

    Dalam menjalankan tugas-tugasnya, sistem analis harus menguasai beberapa keterampilan teknis yang melibatkan teknologi. Di antaranya adalah memahami bahasa pemrograman seperti SQL dan Oracle, business process maping, software development, serta teknik manajemen proyek. 

    • Kemampuan Interpersonal

    Ketika membangun sebuah perangkat lunak, seorang sistem analis tentu tidak melakukannya seorang diri, melainkan bekerja secara tim bersama admin database, back-end developer, front-end developer, software quality assurance, hingga pengguna (user)

    Inilah yang menjadi alasan kuat mengapa orang-orang di posisi ini membutuhkan kemampuan interpersonal yang baik. Adapun jenis kemampuan interpersonal yang harus dimiliki adalah kerja sama, komunikasi, serta keahlian memotivasi. Mampu berpikir kritis, aktif mendengarkan, dan disiplin juga harus diasah agar bisa menjadi sistem analis yang profesional. 

    Jenjang Karier Sistem Analis

    Alumni

    Alumni sistem informasi akuntansi yang bekerja sebagai sistem analis memiliki peluang untuk menjadi senior sistem analis atau bisnis analis. Oh iya, bicara mengenai bisnis analis, apa sih bedanya dengan sistem analis? 

    Secara garis besar, bisnis analis memiliki cakupan pekerjaan lebih luas karena harus mengembangkan perangkat lunak yang berdampak ke segala aspek perusahaan, mulai dari urusan operasional, keuangan, sampai pemasaran. 

    Sekilas Mengenai Alumni Sistem Informasi Akuntansi BINUS University 

    Alumni

    Menjadi bagian dari program ganda sistem informasi akuntansi BINUS University merupakan salah satu langkah awal sebelum merintis karier sebagai bisnis analis. Selama di bangku perkuliahan, kamu akan belajar ilmu ekonomi, akuntansi, basis data, sampai keterampilan membangun sistem informasi. 

    Begitu lulus kuliah, alumni sistem informasi akuntansi siap bekerja sebagai sistem analis maupun profesi lainnya, seperti IT konsultan atau bisnis analis. 

    ***

    Itu tadi penjelasan ringkas terkait tugas, skill yang dibutuhkan, sampai jenjang karier sistem analis. Semoga informasi di atas bermanfaat sekaligus mampu menjawab rasa penasaranmu terkait profesi sistem analis, ya.