BINUS UNIVERSITY

    Bisa Bersaing, 5 Alasan Ini Bikin Kamu Bangga Kuliah Jurusan Teknik Sipil di BINUS

    Merancang, membangun, dan merenovasi infrastruktur adalah hal-hal penting yang kamu pelajari ketika memasuki kuliah jurusan teknik sipil. Kamu belajar bagaimana memadukan unsur-unsur bangunan dan merancangnya menjadi sebuah struktur bangunan yang layak dan kuat secara efisien. 

    Teknik sipil identik dengan konstruksi. Proses analisis, perencanaan, perancangan, pengembangan, penggunaan, dan pemeliharaan infrastruktur menjadi bagian penting dalam membangun infrastruktur. Di sinilah seorang lulusan teknik sipil berperan  mengambil berbagai keputusan yang berdampak pada kehidupan manusia sehari-hari.

    Bangunan tempat kamu tinggal dan berkuliah, listrik yang mempermudah aktivitas, air yang kamu minum, hingga jalan raya yang kamu lintasi. Semua memiliki keterlibatan teknik sipil di dalamnya. Bahkan, ilmu jurusan ini turut berkembang seiring kebutuhan dan pergerakan manusia, serta perubahan lingkungan. 

    Satu hal lagi, infrastruktur diyakini menjadi salah satu indikator pertumbuhan ekonomi. Bagi bangsa Indonesia, kebutuhan akan tenaga ahli dalam bidang teknik sipil tergolong besar mengingat pemerintah sedang menggenjot pembangunan infrastruktur di penjuru negeri. Di masa mendatang, peluang karier lulusan teknik sipil masih terbuka lebar.

    Kenapa Pilih Teknik Sipil BINUS? 

    Kuliah

    Di mana kampus terbaik untuk jurusan teknik sipil? Sebagian orang menyebut PTN ternama untuk menjawabnya. Namun, itu bukan pilihan satu-satunya. Tak sedikit PTS yang punya jurusan teknik sipil dengan reputasi tinggi, seperti Teknik Sipil BINUS University. 

    Berkuliah di BINUS saja sudah bergengsi, terlebih jika memilih jurusan teknik sipil. Deretan alasan berikut bakal menjawab kenapa kamu patut berbangga hati kalau berhasil kuliah di jurusan ini.

    • Satu-satunya PTS yang mengantongi akreditasi ABET

    ABET  (Accreditation Board for Engineering and Technology) dikenal sebagai badan akreditasi nonpemerintah dan nonprofit Amerika Serikat. ABET bertugas mengakreditasi berbagai program studi dalam disiplin ilmu rekayasa dan teknologi, komputasi, dan terapan. 

    Dengan akreditasi ABET, terbuka kesempatan lebih besar bagi lulusan Teknik Sipil BINUS untuk melanjutkan pendidikan atau berkarier di luar negeri. Sekadar informasi, perusahaan top di Amerika Serikat membuka kesempatan bekerja pada lulusan institusi pendidikan yang diakui ABET. 

    Artinya, kurikulum dan sistem perkuliahan BINUS University sudah sesuai standar internasional. Lulusannya dipandang mempunyai kompetensi untuk siap bekerja dan berkarya di dunia kerja global. Keren, kan?

    • Kurikulum komprehensif didukung pembelajaran berbasis IT

    Teknik Sipil BINUS memanfaatkan teknologi informasi sebagai bagian tak terpisahkan dari proses perkuliahan. Sistem Multi Channel Learning (MCL) Binus Maya menggunakan dua metode, yaitu tatap muka di kelas dan Guided Self Learning Class (GSLC). Kamu bisa belajar secara mandiri tetapi tetap terpantau dosen melalui sistem tersebut. 

    Perpaduan teori dan praktik di laboratorium eksperimen, problem solving dan rancang teknik, serta kunjungan lapangan jadi andalan kurikulum program studi ini. Mahasiswa dibekali dasar kuat dalam sains sekaligus pengenalan terhadap area teknis bidang teknik sipil. 

    • Program (2+1)+1 atau enrichment program yang menarik

    Program (2+1)+1 jadi andalan BINUS untuk mempersiapkan lulusannya bisa bersaing di skala global. Selain berkuliah, mahasiswa akan mengikuti enrichment program pada semester 6 dan 7 yang berlangsung di luar kampus.

    Selain magang, kamu bisa memilih riset/penelitian, community development, atau study abroad. Networking BINUS nggak main-main lho! Kamu bisa magang di perusahaan konstruksi ternama, bantu riset proyek penting, atau berkuliah di kampus bergengsi dunia yang menjalin kerjasama dengan BINUS. 

    • Program peminatan yang menarik

    Memasuki tahun akhir perkuliahan, mahasiswa akan diminta memilih salah satu cabang ilmu atau program peminatan teknik sipil. Di BINUS, kamu akan menjumpai enam bidang, yaitu Struktur Bangunan, Hidrologi, Geoteknik, Transportasi, Manajemen Konstruksi, dan Teknik Rekayasa Jalan Raya. 

    • Rentang karier yang luas

    Setelah menuntaskan pendidikan Teknik Sipil BINUS, kamu bisa menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di sektor publik maupun swasta. Bekal interpersonal skills jadi nilai plus bagi lulusan BINUS. Selain jadi pribadi yang kaya ilmu, kamu juga percaya diri dan mampu bersikap profesional.

    Beberapa profesi yang bisa kamu tekuni nantinya antara lain project civil engineer, water resources project manager, traffic engineer, bridge engineer, reclamation engineer, dan construction QC manager.

     

    Demikian lima alasan yang bisa bikin kamu bangga kuliah di Teknik Sipil BINUS University. Kalau kamu ingin berkontribusi nyata kepada bangsa dan negara tercinta, jurusan teknik sipil bisa jadi kendaraan tepat untuk sampai di tujuan itu.

    Ayo, gabung menjadi BINUSIAN di BINUS University sekarang!