BINUS UNIVERSITY

    7 Prospek Karier untuk Alumni Jurusan Information Systems

    Ketergantungan masyarakat yang semakin tinggi pada teknologi membuat berbagai sektor yang digerakkan olehnya tumbuh mencengangkan. Perkembangan big data, kecerdasan buatan dan teknologi lainnya melahirkan berbagai posisi menjanjikan bagi para alumni jurusan Information Systems atau Sistem Informasi dari BINUS University.

    Sekilas sistem informasi dan teknologi informasi memang sangat mirip. Namun jika dilihat dari ruang lingkup ilmu yang dipelajari, sistem informasi punya cakupan yang lebih luas. Setelah lulus, alumni jurusan Information Systems akan mampu menguasai semua sistem yang menyimpan dan mengirimkan informasi, termasuk sistem yang berhubungan dengan teknologi maupun non teknologi. Lantas, profesi apa saja yang tersedia untuk kamu nantinya?

    • Manajer Sistem Informasi

     

    Alumni

    Seorang manajer sistem informasi memiliki kemampuan yang mumpuni dalam melihat kebutuhan perusahaan akan informasi serta mencari cara terbaik untuk memenuhinya. Beberapa tugasnya antara lain memilih sistem komputer, mempersiapkan jaringan internal dan lain sebagainya.

    Posisi manajer sistem informasi tidak hanya menarik untuk mereka yang ingin memimpin tim ahli sistem informasi, tapi juga karier dengan bayaran tertinggi di bidangnya. Ini tentu sangat menguntungkan bagi kamu setelah menjadi alumni.

    • Arsitek Jaringan Komputer

    Alumni

    Profesi menarik lainnya bagi alumni jurusan Information Systems adalah arsitek jaringan komputer. Orang yang memegang posisi ini bertanggungjawab atas semua kode data di perusahaan termasuk di situs dan jaringannya. Seorang arsitek jaringan komputer memastikan semua informasi tersusun secara ergonomis serta ramah pengguna.

    • Pengembang Perangkat Lunak

    Alumni

    Bagi alumni yang mencari peluang kerja dengan menonjolkan kreativitas dengan memilih profesi ini. Pengembang perangkat lunak atau software developer bertugas merancang, menulis, memodifikasi hingga melakukan debug pada perangkat lunak atau aplikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Mereka juga melakukan pengujian untuk memastikan aplikasi atau perangkat lunak yang dibuat sudah sesuai dengan tujuan perusahaan.

    • Analis Keamanan Informasi

    Alumni

    Semakin tingginya kebutuhan akan teknologi di berbagai lapisan industri membuat kebutuhan akan keamanan informasi juga semakin tinggi. Menurut data dari Symantec, peretasan lewat internet terus mengalami kenaikan. Karena itu, banyak perusahaan memerlukan pakar yang ahli di bidang keamanan informasi internet. 

    Dengan mengambil posisi ini, kamu bertanggung jawab atas keamanan data dan sistem perusahaan. Selain itu, kamu juga harus bisa merencanakan langkah keamanan agar jaringan komputer perusahaan tidak dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

    • Administrator Basis Data

    Alumni

    Administrator basis data atau database administrator adalah mereka yang bertugas mengelola dan membuat cadangan sistem demi memastikan data yang dibutuhkan untuk operasional perusahaan tersedia lengkap. Mereka yang duduk di jabatan ini juga bertugas memperbarui software, melakukan modifikasi pada struktur sistem, membuat hingga mengelola profil user secara online.

    • Analis Sistem Komputer

    Alumni

    Sebagai alumni, kamu bisa menggunakan perpaduan dari teknologi informasi dan pengetahuan bisnis yang kamu miliki untuk merancang sistem yang berguna bagi bisnis klien atau bisnis kamu sendiri. Dengan pilihan karier ini, kamu memiliki banyak pilihan lingkungan kerja untuk dipertimbangkan, salah satunya adalah di universitas-universitas besar.

    • Pustakawan

    Alumni

    Dulu, pustakawan atau librarian lekat dengan image seseorang yang bertugas mengatur buku, mencatat keluar masuk buku dan lain sebagainya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, era ini sudah berakhir dan berganti dengan teknologi yang lebih canggih yakni sistem digital.

    Perpustakaan saat ini memiliki berbagai cakupan sistem informasi yang lebih luas termasuk komputer, CD, microfilm dan media lainnya. Seluruh media ini perlu diatur sedemikian rupa agar mudah ditemukan dan digunakan. Karena itu banyak perpustakaan masa kini yang memerlukan seorang pakar di bidang sistem informasi untuk bisa melakukannya.

    Itulah 7 prospek sekaligus peluang kerja bagi para alumni jurusan sistem informasi. Pilih apa yang menjadi minat serta keahlianmu dan raih semua bersama BINUS University.