BINUS UNIVERSITY

    5 Peluang Karier Industri 4.0 untuk Alumni Jurusan Manajemen Sistem Informasi

    Era industri 4.0 melahirkan berbagai peluang karier baru yang menggabungkan konsep teknologi cyber dan otomatisasi. Teknologi cyber ditandai dengan kehadiran teknologi 4G secara menyeluruh serta bertahap menuju 5G. Tentu saja, hal ini mendorong sektor bisnis untuk menerima digitalisasi.

    Andrew Darwis adalah salah satu sosok yang tanggap merespons era digitalisasi tersebut. Dengan bekalnya sebagai alumni Sistem Informasi, Andrew Darwis berhasil mengembangkan situs Kaskus. Bahkan, situs ini memiliki lebih dari enam juta anggota sampai sekarang.

    Kamu juga ingin sukses seperti Andrew Darwis? Berikut ini ada lima peluang karier yang bisa dipilih. 

    • Data Scientist

    Alumni

    Tugas utama data scientist adalah mengumpulkan, menganalisis, mengolah, dan membuat infografis dari berbagai macam data. Tujuan pengolahan data tersebut untuk mendapatkan rekomendasi maupun pandangan dalam mengambil keputusan. 

    Karena mengolah banyak sumber, seorang data scientist harus memiliki kemampuan analisis tinggi. Mulai dari menggabungkan dan memastikan konsistensi data, memilih algoritma, hingga membuat infografis yang mudah dipahami. 

    Seorang data scientist pun harus menguasai statistika, bisnis, manajemen, serta ilmu pemrograman. Itulah sebabnya, alumni Manajemen Sistem Informasi layak bekerja sebagai data scientist.

    • Programmer

    Alumni

    Pernah mendengar nama Chris Wanstrath? Sosok ini adalah programmer sukses di dunia. Ia mendirikan GitHub di San Francisco tahun 2008. Kini, GitHub berhasil meraup omzet USD 7,5 miliar setelah diakuisisi oleh Microsoft. Kendatipun diakuisisi, GitHub tetap melekat sebagai karya besar Chris Wanstrath.

    Sosok inspiratif lainnya adalah Ada Lovelace, programmer perempuan yang berani menciptakan program komputer inovatif di tahun 1843. Ada Lovelace dinobatkan sebagai programmer pertama di dunia dengan karyanya Charles Babbage’s Analytical Engine. 

    Nah, kamu juga bisa menjadi programmer keren seperti Chris Wanstrath atau Ada Lovelace dengan kuliah di Jurusan Manajemen Sistem Informasi. Nantinya, kamu dibekali keahlian membuat software, mengembangkan, hingga memodifikasi perangkat lunak. Semua kemampuan itu merupakan modal menjadi programmer andal.

    • Digital Marketing

    Alumni

    Digitalisasi juga mempengaruhi dunia pemasaran. Sistem pemasaran yang semula harus tatap muka, kini bermodal internet saja. Karena itulah, muncul profesi digital marketing dengan jangkauan konsumen lebih luas dan tepat sasaran.

    Contohnya adalah Andik Feris Febriyanto, pemuda Jombang yang menggeluti digital marketing selama enam tahun. Kini, Andik berhasil meraup omzet miliaran rupiah per bulan dari jasa digital marketing. Kerennya, Andik memiliki belasan karyawan yang fokus memasarkan produk melalui iklan maupun media sosial.

    • Pengembang Website

    Alumni

    Saat ini, website menjadi salah satu sarana membangun kredibilitas bisnis maupun instansi. Setiap hari ada jutaan orang mengakses website demi mendapatkan informasi. Karena itu, alumni perguruan tinggi dengan kemampuan mengembangkan web paling banyak dicari perusahaan.

    Rahmadi Mirlansyah, pemuda asal Tangerang, merupakan contoh pengembang website yang sukses. Usai lulus dari jurusan Teknik Informatika, ia langsung diterima bekerja di PT Foxel Digital Indonesia. 

    Untuk menjadi seperti Rahmadi Mirlansyah, kamu harus menguasai beberapa skill utama. Pertama, kuasai bahasa pemrograman HTML, CSS, dan Javascript. Dengan begitu, pengembang website mampu membuat situs yang terstruktur dan menarik. 

    Selain itu, kamu pun mesti mendalami teknik pengolahan visual, salah satunya Photoshop. Skill lainnya yang harus dikuasai, yakni analisis statistik dan search engine optimization (SEO). 

    • Content Creator

    Alumni

    Content creator dibutuhkan untuk menciptakan konten website yang menarik secara visual, maupun tulisan. Tujuannya agar website memiliki lebih banyak pengunjung, pelanggan, ataupun meningkatkan brand awareness.

    Banyak wadah yang bisa digunakan oleh content creator, seperti YouTube, Instagram, WordPress, dan Snapchat. Biasanya, pengguna jasa content creator akan memberikan sejumlah data atau materi. Tugas content creator adalah meriset dan membuat konsep konten sesuai brand bisnis klien.

    Boy William merupakan salah satu content creator sukses di Indonesia dengan memanfaatkan YouTube. Penonton dan subscriber channel YouTube-nya mencapai angka jutaan. Pasalnya, tema yang diambil Boy William cenderung unik dan tidak membosankan.

     

    Itulah peluang karier industri 4.0 untuk alumni Manajemen Sistem Informasi. Salah satu jurusan Manajemen Sistem Informasi terbaik ada di BINUS University. Dengan kolaborasi aspek bisnis dan teknologi informasi, mahasiswa mendapatkan bekal untuk bersaing di era digital. Selain itu, mahasiswa diarahkan menjadi technopreneur yang menguasai business plan, teknologi, hingga konsumen.

    Tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari Jurusan Manajemen Sistem Informasi agar kamu bisa menghadapi tantangan globalisasi.