BINUS UNIVERSITY

    5 Alasan Pentingnya Soft Skill Berkomunikasi di Era Modern

    Soft skill jadi modal penting ketika ingin meraih kesuksesan berkarier. Studi dari CareerBuilder memperlihatkan kalau 77% perusahaan lebih mengutamakan calon karyawan yang punya keterampilan nonteknis. Tidak mengherankan kalau kamu yang punya skill nonteknis bakal memperoleh kesempatan kerja lebih luas.

    Kecakapan nonteknis yang bisa kamu kuasai sebagai bekal meraih kesuksesan karier sangat beragam. Salah satunya adalah kemampuan berkomunikasi secara efektif. Hal tersebut dibuktikan dalam hasil studi Udemy yang bertajuk 2020 Workplace Learning Trends Report. Di situ disebutkan bahwa komunikasi termasuk dalam 10 top soft skill paling dicari.

    Dengan latar belakang seperti itu, alumni jurusan komunikasi memiliki peluang kerja yang terbuka lebar. Kamu pun punya kesempatan meraih jabatan tinggi dengan gaji besar seperti product marketing manager, public relation (PR) manager, ataupun content marketing manager. Terdapat 5 alasan yang membuat perusahaan berani membayar besar karyawan dengan kemampuan komunikasi bagus, yaitu:

    1. Membangun kerjasama tim

     

    Skill Berkomunikasi

    Komunikasi yang terbuka di tempat kerja, membuat para karyawan punya hubungan dekat satu sama lain. Oleh karenanya, mereka pun bakal bisa melakukan kerjasama dengan lebih baik dan efektif. Hal ini kemudian mampu mendorong efisiensi dan produktivitas karyawan.

    Di waktu bersamaan, komunikasi terbuka antara masing-masing karyawan juga membuat mereka betah. Karyawan bakal memiliki loyalitas tinggi kepada perusahaan. Alhasil, potensi perusahaan kehilangan karyawan bertalenta sangat kecil.

    1. Meningkatkan loyalitas konsumen dan klien

    Skill Berkomunikasi

    Strategi komunikasi yang efektif mampu mendorong loyalitas konsumen dan klien perusahaan. Soft skill yang baik, membuat perusahaan memahami kebutuhan dan keinginan para klien dan konsumen. Dengan kemampuan tersebut, perusahaan mampu membuat para pelanggan merasa senang dan puas.

    Keterampilan komunikasi efektif dapat pula membantu meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan. Para karyawan bakal mampu merespons keluhan pelanggan dengan efektif dan efisien. Tak menutup kemungkinan, respons tersebut juga menjadi langkah untuk mengubah konsumen yang tak puas menjadi pelanggan loyal.

    1. Transparansi

    Skill Berkomunikasi

    Komunikasi efektif membuat para karyawan memperoleh instruksi serta arahan yang jelas di tempat kerja. Mereka bisa mengetahui secara jelas tujuan serta keinginan yang diharapkan oleh manajer. Selanjutnya, karyawan mampu memahami tanggung jawab serta tugas yang perlu mereka selesaikan.

    Soft skill komunikasi juga mampu mendorong transparansi terkait pelaksanaan aturan dan regulasi perusahaan. Keterampilan tersebut membuat perusahaan mampu menjabarkan berbagai peraturan, baik internal ataupun eksternal, secara tertulis dengan baik dan mudah dipahami.

    1. Mendorong diversitas budaya di tempat kerja

    Skill Berkomunikasi

    Era modern ditandai dengan meningkatnya tren diversitas budaya di tempat kerja. Alhasil, kamu akan menemukan karyawan dengan beragam latar belakang, baik agama, ras, kewarganegaraan, jenis kelamin, dan lainnya.

    Tanpa adanya komunikasi yang baik, diversitas budaya akan menjadi penghambat kinerja perusahaan. Sebaliknya, komunikasi efektif membuat para karyawan yang berasal dari berbagai latar belakang, mampu bekerja sama dan meminimalkan adanya konflik tak diinginkan.

    1. Membantu bertahan dalam situasi sulit

    Skill Berkomunikasi

    Ketika perusahaan mengalami kesulitan, mayoritas karyawan bakal merasa tidak nyaman. Berbagai pikiran buruk muncul di benak mereka. Apakah perusahaan mampu membayarkan gaji tepat waktu? Apakah perusahaan akan melakukan pemecatan karyawan dalam skala besar?

    Dalam situasi tersebut, karyawan yang memiliki soft skill komunikasi baik dan efektif sangat dibutuhkan perusahaan. Kemampuan komunikasi itu dapat digunakan untuk meningkatkan rasa percaya karyawan kepada pihak manajemen. Di waktu bersamaan, perusahaan juga mampu menjelaskan kondisi yang mereka hadapi secara jujur.

    Dengan latar belakang seperti itu, lulusan kuliah komunikasi merupakan pilihan terbaik yang bisa didapatkan perusahaan. Apalagi, kalau kamu memiliki bekal keterampilan komunikasi dari perguruan tinggi berkualitas seperti BINUS UNIVERSITY.

    BINUS UNIVERSITY menyediakan pilihan program kuliah komunikasi yang beragam. Kamu dapat menempuh pendidikan di program marketing communication ataupun mass communication. Kedua program kuliah tersebut sama-sama memberikan bekal pembelajaran cara melakukan komunikasi yang efektif dan baik.

    Tak sekadar membekali teori komunikasi, BINUS UNIVERSITY juga menyadari pentingnya kemampuan mempraktikkan keterampilan di lapangan. Oleh karena itu, setiap mahasiswa komunikasi BINUS akan mendapatkan kesempatan selama satu tahun terjun secara langsung ke dunia profesional.