BINUS UNIVERSITY

    Pentingnya Sistem Pembelajaran yang Mendukung Keterampilan Beradaptasi dalam Menghadapi Industri 4.0

    Jakarta, 21 Oktober 2020 – Pendidikan bagi generasi muda pada Era Revolusi Industri 4.0, tidak dapat dibatasi pada materi apa yang diajarkan di dalam kelas. Lebih dari itu, sistem yang diterapkan juga harus mendukung para calon penerus bangsa untuk mampu berkontribusi dalam industri yang sangat dinamis. Menyadari akan pentingnya sistem pembelajaran yang mampu mempersiapkan generasi muda dengan optimal, BINUS UNIVERSITY menghadirkan rangkaian Program (2+1)+1. Rangkaian ini terdiri dari program-program yang mendukung BINUSIAN untuk merasakan pembelajaran multikampus, multiprogram, dan juga praktek secara langsung di lapangan. Salah satu program unggulan dalam rangkaian Program (2+1)+1 adalah Mobility Program.

    Mobility Program merupakan program dimana BINUSIAN dapat merasakan pengalaman belajar dengan kurikulum, fasilitas, dan berbagai hal-hal lain terkait bidang akademis dan non-akademis di kampus BINUS@GREATER JAKARTA. Tidak hanya itu, BINUSIAN dapat memperluas jaringan koneksinya dengan optimal serta mengasah keterampilannya dalam menjalankan hidup yang lebih mandiri di kota yang berbeda. BINUSIAN dari BINUS@BANDUNG dan BINUS@MALANG dapat mengikuti Mobility Program di tahun ketiganya berkuliah di BINUS UNIVERSITY. Semua BINUSIAN dari berbagai program studi (prodi) didorong untuk berpartisipasi dalam program ini agar dapat semakin memperdalam ilmu dan wawasannya.

    Salah satu prodi yang paling memiliki banyak peminat dalam Mobility Program adalah prodi Interior Design. Salah satu BINUSIAN dari prodi Interior Design BINUS@BANDUNG yang berpartisipasi dalam program ini adalah Monica Florence. BINUSIAN 2022 yang akrab disapa Monica ini, bercerita bahwa pengalaman selama mengikuti Mobility Program membuat koneksinya semakin bertambah serta pengetahuan praktis dalam industri Interior Design juga semakin luas. Monica menyampaikan bahwa suasana kampus di BINUS@GREATER JAKARTA Kampus Kemanggisan yang berbeda mampu memberikan dirinya pola piker, perspektif dan pengalaman belajar yang berbeda pula.

    Selama di Jakarta, Monica cukup mendapatkan banyak opportunity untuk memperkaya pengalaman kerjanya, baik di bidang Interior Design maupun di dunia yang sejak SMA sudah Ia gemari dan geluti, yakni dunia modelling. Dengan mengkuti Mobility Program ini juga, Monica juga semakin memperkuat skill-nya untuk beradaptasi dengan lingkungan baru serta dalam mengatur waktu. Banyak pengalaman berkesan yang juga Ia rasakan bersama dengan teman-teman, mulai dari pengalaman tersesat mencari kelas, hingga pengalaman berkuliner di sekitar Kampus Syahdan.

    “Harapan aku dari Mobility Program ini yang paling utama adalah supaya semakin banyak relasi yang didapet. Tadinya pas awal sampai sempat takut gak diterima, tapi ternyata diterima dan baik-baik. Jadi semoga koneksi dan relasi itu bisa terus terjaga.” Ungkap Monica.

    Melalui Mobility Program ini, BINUSIAN diharapkan mampu memperoleh perspektif yang berbeda, sehingga karya-karya yang dihasilkan akan semakin baik. Kesempatan untuk mengasah keterampilan beradaptasi di lingkungan baru yang ditawarkan program ini juga diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik. Keterampilan beradaptasi sangatlah diperlukan di Era Industri 4.0 yang dinamis, serba cepat, dan tidak terprediksi ini.