BINUS UNIVERSITY

    MENGETAHUI KUALITAS MAKANAN LEWAT FOOD PHOTOGRAPHY

    Jakarta, 2 oktober 2020 – Jika kalian senang memesan makanan dan minuman karena fotonya yang menarik atau karena sedang hits di media sosial, maka kalian sedang berada di era digital dimana visual makanan menjadi ‘indikator utama’ kualitas dan rasa. Lewat Zoom Meeting pada hari Kamis, 1 Oktober 2020 kemarin, BINUS University dan Dr. Arif Zulkarnain CHE – Head of Business Hotel Management berkesempatan mengundang Ibu Evi RumondangDirector of Marketing and Branding HARRIS Vertu – Yello Harmoni & HARRIS Suites Puri Mansion untuk membahas topik Creative Food & Beverage Photography for Luxury Hotel. Yuk, kita simak!

    “Di era digital dengan persaingan yang tinggi, kita harus kreatif dalam melakukan branding dan marketing terutama di media sosial. Food Photography adalah salah satu cara untuk membuat kontennya.” Ungkap Ibu Evi Rumondang. Menurut beliau, selain cita rasa dari makanan, foto-foto makanan sama pentingnya untuk menguatkan representasi sebuah brand. Masa pandemi ini membuka peluang untuk mengembangkan bisnis secara online. “Orang-orang akan lebih sering menggunakan internet untuk mencari tahu tentang makanan baru, dan hal pertama yang menarik perhatian tentu saja dilihat dari fotonya.” Lanjutnya.

    Beliau berkata bahwa Food Photography bisa dilakukan oleh siapa saja. “Pakai kamera HP saja sudah canggih kok. Tinggal pakai background yang simple dan properti sederhana, sudah bisa menghasilkan food presentation ala profesional asal tahu teknik pengambilan gambarnya dan basic ilmu editing.” Ujarnya.

    Beberapa tips menggunakan properti yang sederhana juga disampaikan untuk menghasilkan Food Photography yang oke. Beliau menggunakan dry ice di belakang piring makanan untuk membuat asap buatan seperti pada makanan yang masih panas. “Teknik seperti ini dapat memperindah hasil foto untuk diunggah ke media sosial, dan membuat makanan terlihat jauh lebih fresh dan menggiurkan.” Ujarnya.

    Banyak sekali pengetahuan baru yang didapatkan dari perbincangan bersama Ibu Evi Rumondang. Dapat disimpulkan bahwa Food Photography sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis makanan secara online. Acara ini pun diakhiri dengan sesi Q&A yang seru, dan 2 pertanyaan terbaik mendapatkan hadiah.