BINUS UNIVERSITY

    Lulus Kuliah Bidang Desain Interior? Ini 6 Profesi Potensial Untukmu

    Desain interior adalah salah satu jurusan kuliah terpopuler. Kamu tidak hanya bisa meluapkan jiwa kreatif, tetapi juga menciptakan tata ruang yang bermanfaat untuk kegiatan manusia. Pertanyaannya, jika sudah lulus, prospek kerja apa yang bisa kamu dapatkan?

    Banyak orang mengira perancang interior hanya membuat desain rumah dan apartemen seperti di katalog properti. Padahal, keahlianmu bisa bermanfaat dan dibutuhkan dalam berbagai profesi. Inilah enam prospek kerja potensial bagi lulusan desain interior.

    1.  Konsultan Desain Interior

    Kuliah

    Ilustrasi Kuliah Bidang Desain Interior

    Kuliah desain interior memberimu ilmu dan kepakaran untuk menjadi konsultan. Bidang kerjanya adalah menentukan konsep desain paling tepat untuk suatu ruangan, menggunakan metode, seperti diskusi dengan klien, pengumpulan data, pembuatan konsep, hingga pemilihan setiap elemen desain, seperti skema warna, perabot, sumber cahaya, dan sebagainya.

    Konsultan desain interior tidak hanya bekerja untuk rumah atau apartemen. Kamu juga bisa menjadi konsultan untuk desain fasilitas umum, bangunan institusi, maupun perkantoran. Desainer ahli sangat dibutuhkan untuk menciptakan ruang-ruang nyaman sekaligus mendukung kegiatan masyarakat, misalnya rumah sakit, bandara, stasiun, dan sebagainya.

    2.  Pengelola Bisnis atau Perancang Furnitur

    Kuliah

    Ilustrasi Perancang Furnitur

    Kuliah desain interior bisa membuatmu punya mata jeli terkait elemen desain khusus seperti furnitur. Manfaatkan keahlian ini dengan membuka bisnis furnitur. Kamu juga bisa menjadi perancang khusus furnitur, baik untuk perusahaan, pemilik bisnis, maupun sebagai desainer lepas. Kamu bisa berkreasi dengan tren desain, material, dan estetika untuk menciptakan perabot inovatif serta bermanfaat.

    3.  Desainer Set dan Properti

    Kuliah

    Ilustrasi Desainer Set

    Ingin berkontribusi dalam dunia film, teater, atau televisi? Kuliah desain interior menyiapkanmu untuk menjadi desainer set dan properti. Kamu akan bekerja sama dengan pakar lain seperti sutradara, sound engineer, ahli kostum, dan produser untuk menciptakan set ideal bagi film, acara TV, serta pertunjukan.

    Keahlian desain dalam bidang ini penting untuk menciptakan atmosfer yang tepat demi mendukung naskah. Kreativitas serta kerja sama tim jadi kunci utama dalam profesi ini.

    4.  Kontraktor Desain Interior

    Kuliah

    Ilustrasi Kontraktor Desain

    Kamu penyuka tantangan dan berorientasi pada hasil? Kontraktor desain interior adalah profesi yang cocok untukmu. Kontraktor tidak hanya membuat konsep desain, tetapi juga merencanakan seluruh proyek, mulai dari penyediaan material dan tenaga kerja, hingga memastikan proyek desain dan konstruksi selesai sesuai jadwal.

    5.  Pemilik Galeri atau Kurator Museum

    Kuliah

    Ilustrasi Galeri

    Kuliah desain interior menyiapkanmu untuk menjadi pemilik galeri atau kurator museum. Kedua profesi tersebut menuntutmu untuk memiliki mata jeli terkait benda-benda yang dipamerkan serta cara penataan mereka di dalam galeri serta museum. Posisimu cukup kuat dalam dunia kerja karena kamu menentukan apakah suatu karya berhak dipamerkan atau tidak.

    Kurator atau pemilik galeri juga berfungsi sebagai semacam produser. Kamu bisa menggunakan keahlian desain interiormu untuk menciptakan interior yang atmosfernya cocok dengan produk pameran atau tema instalasi seni.

    6.  Penata Gaya Media

    Kuliah

    Ilustrasi Penata Gaya

    Media seperti majalah dan situs berita ternama biasanya membutuhkan penata gaya untuk membuat ilustrasi mereka semakin menonjol. Kamu bisa melamar ke perusahaan media untuk menjadi penata gaya khusus artikel-artikel mereka. Kamu juga bisa menawarkan jasa desain menggunakan proposal berkualitas ke berbagai perusahaan media.

    Selain keenam profesi di atas, ada juga profesi lain yang diuntungkan dari gelar desainer interior. Misalnya, kamu bisa menjadi dosen jurusan serupa, jurnalis majalah/situs desain dan gaya hidup, fotografer khusus lanskap dan arsitektur, hingga peneliti bidang desain.

     

    Kuliah Desain Interior Terbaik

    Kamu harus memilih kampus terbaik untuk belajar desain interior. Kampus berkualitas tidak hanya terakreditasi dan memiliki pengajar berkualitas, tetapi juga menawarkan program yang memberimu daya saing. Binus University, contohnya, punya misi menciptakan lulusan berjiwa wiraswasta, mampu berkontribusi pada masyarakat, dan bahkan paham konsep desain berkelanjutan (sustainability).

    Kembangkan kreativitasmu dengan kuliah desain interior. Prospek kerjanya yang beragam menjadikannya salah satu jurusan paling potensial untuk kamu pilih saat ini.