BINUS UNIVERSITY

    Lulus Jurusan Animasi? 5 Perusahaan Top Ini Tawarkan Program Internship!

    Sudah atau menjelang lulus tetapi ingin cari pengalaman dulu? Program magang adalah jawabannya, terutama jika kamu belajar di jurusan kreatif seperti animasi. Mengikuti program internship di berbagai perusahaan mengajakmu merasakan langsung suasana kerja profesional, belajar dari animator berpengalaman, dan bahkan membuat jaringan koneksi profesional.

    Popularitas jurusan animasi membuat mahasiswa jurusan ini mudah mencari pengalaman magang. Kamu bahkan bisa menjajal program magang perusahaan luar negeri yang membuka peluang international internship! Inilah beberapa contoh perusahaan top yang menawarkan program magang untuk animator.

    1.  Lemon Sky Studios

    Internship

    Kalau kamu penggemar game, kamu pasti pernah dengar nama Lemon Sky Studios. Berlokasi di Kuala Lumpur, Malaysia, studio CGI ini sudah terlibat dalam berbagai proyek game populer, misalnya The Last of Us Part II, Wasteland 3, dan Resident Evil Resistance. Lemon Sky Animation juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan ternama, seperti Toei Animation, Ubisoft, Konami, dan PopCap.

    Magang di Lemon Sky cocok untukmu yang berminat pada animasi 3D serta industri game. Selain menjajal lingkungan kerja profesional, kamu juga bisa berburu akses untuk mencoba karier di dunia animasi dan game internasional.

    2.  Lumine Studio

    Internship

    Berlokasi di Jakarta, Lumine Studio bergerak di beragam bidang, seperti film animasi, iklan, visualisasi 3D, game, VR, hingga aplikasi dan konten digital. Beberapa proyek Lumine misalnya animasi untuk iklan Ooredoo dan Mandiri Click, aset game untuk Kowloon’s Gate VR, serial animasi Noksu, hingga proyeksi video untuk peragaan busana Tex Saverio.

    Kamu bisa menjajal program internship di sini untuk merasakan dunia kerja di bidang kreatif dan efek khusus. Kamu juga bisa belajar berkolaborasi dengan pakar dari berbagai bidang untuk menyelesaikan satu proyek.

    3.  Kumata Animation Studio

    Internship

    Kamu berminat dengan bidang animasi tradisional? Kumata Animation Studio bisa menjadi tempat magang potensial. Berlokasi di Bandung, Kumata Animation Studio terkenal dengan beberapa proyek film animasi lokal, seperti Si Juki, J-Town, dan Generasi Micin. Studio ini juga menawarkan layanan pembuatan animasi untuk iklan, konten digital, dan aplikasi.

    Kumata Animation Studio menawarkan kesempatan belajar untuk membuat animasi 2D berdasarkan storyboard. Kamu juga bisa mempraktikkan berbagai teknik animasi 2D serta bekerja sama dengan tim yang terdiri dari pemilik keahlian beragam.

    4.  Lanting Animation

    Internship

    Berlokasi di Jakarta Selatan, Lanting Animation bisa jadi tempat internship jika kamu tertarik dengan animasi 2D dan stop motion. Studio ini sudah berkiprah lebih dari satu dekade dan memenangkan beragam penghargaan terkait produksi film animasinya, misalnya Jury Award XXI Short Film Festival 2015, Piala Dewantara Apresiasi Film Indonesia 2014, dan Silver Award Digicon 6 Asia Award 2014.

    Selain belajar bekerja di studio profesional, kamu juga bisa membangun kesempatan untuk membangun karier profesonal. Lanting Animation telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan, event, dan institusi, seperti Unilever, The World Bank, dan Soundadrenaline.

    5.  MSV Pictures

    Internship

    Pernah mendengar Battle of Surabaya? Animasi sukses bertema sejarah ini telah mendapat penghargaan di ajang lokal dan internasional. Pembuatnya adalah MSV Pictures, studio animasi di Yogyakarta. Reputasinya membuat MSV Pictures beberapa kali jadi tujuan magang mahasiswa negara lain. MSV Pictures cocok untukmu yang punya minat dalam film animasi 2D atau tradisional.

     

    Bagaimana Cara Magang di Perusahaan Animasi?

    Berbagai perusahaan animasi di atas menerima program internship, baik untuk yang baru lulus maupun yang belum. Jika kamu kuliah di Binus University, kamu bisa mengajukan permintaan magang lewat kampus, baik di perusahaan rekan maupun studio lain pilihanmu. Pastikan memenuhi persyaratan berkas dan izin serta periode magang minimal (biasanya antara empat hingga enam bulan).

    Program internship memberimu pengalaman berharga sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja atau meniti karir bidang animasi. Pastikan menambah wawasan dan mengembangkan ilmu serta kreativitasmu selama periode magang.