BINUS UNIVERSITY

    Kuliah di Jurusan Finance, Bekal Mempersiapkan Diri di Era Fintech Global

    Istilah fintech kian gencar terdengar dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Disadari atau tidak, fintech yang merupakan terobosan sistem finansial di era digital telah menjadi aspek penting dalam kehidupan saat ini. Bahkan, pertumbuhannya disebut-sebut akan menggeser sistem keuangan tradisional di masa depan. Nah, agar bisa menjadi bagian dari tren fintech yang semakin berkembang, kamu harus mempersiapkan diri mulai dari sekarang.

    Apa Itu Fintech?

    Mempersiapkan

    Financial technology, yang lebih dikenal dengan sebutan fintech, merupakan istilah yang digunakan untuk aktivitas atau layanan finansial berbasis teknologi dan software. Sistem pembayaran digital, pinjaman online, serta crowdfunding dan peer-to-peer lending adalah beberapa contoh produk fintech yang kini mulai ramai pengguna, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

    Memadukan layanan finansial dan kemajuan teknologi digital, fintech bertujuan untuk membuat aktivitas keuangan lebih efisien dan lebih mudah diakses oleh siapa saja. Industri ini juga ikut berperan dalam mempersiapkan sistem finansial modern untuk digunakan secara personal dan komersial.

    Skill yang Dibutuhkan untuk Berkarier di Dunia Fintech

    Mempersiapkan

    Saat ini, industri fintech menjadi sebuah tren yang terus berkembang dari tahun ke tahun. Pada tahun 2016 saja, laporan dari CNBC menyebutkan bahwa besaran transaksi dan investasi fintech di seluruh dunia mencapai 17,4 miliar dolar. Jumlah ini mengalami peningkatan hampir dua kali lipat di tahun berikutnya.

    Perkembangan industri fintech yang pesat tentu harus diimbangi pula dengan sumber daya manusia yang inovatif, kompeten, serta memiliki talenta tinggi di bidang ekonomi dan teknologi. Berikut adalah beberapa skill utama yang harus dimiliki untuk mempersiapkan diri menjadi bagian dari industri fintech global.

    1.      Mengenal Teknologi Blockchain

    Blockchain merupakan teknologi penyimpanan data digital yang menjadi pusat pengembangan transaksi cryptocurrency seperti bitcoin. Sebagai bagian dari industri fintech, pengetahuan tentang blockchain menjadi salah satu skill yang dibutuhkan. Tak hanya konsep dan kemampuan teknisnya, kamu juga harus bisa memahami ekosistem blockchain dan cara kerja sistem tersebut dalam industri ini.

    2.      Menguasai Konsep dan Peraturan Layanan Finansial

    Karena fintech dikembangkan dari konsep layanan finansial, kamu pun harus mampu menguasai prinsip dan peraturan layanan tersebut. Industri fintech kerap mencari tenaga ahli yang memiliki latar belakang pendidikan finance serta memahami perkembangan dan pergerakan aktivitas finansial dari waktu ke waktu.

    3.      Ahli dalam Mengolah dan Menganalisis Data

    Keahlian mengolah data secara ilmiah (data science) juga menjadi skill utama yang dibutuhkan untuk mempersiapkan pertumbuhan fintech saat ini dan di masa depan. Sasaran fintech adalah masyarakat global yang berasal dari berbagai latar belakang. Pengolahan data serta analisis kebutuhan yang dilakukan oleh ahlinya tentu akan membuat perkembangan industri fintech lebih tepat sasaran.

    4.      Keterampilan Pemrograman

    Yang tak kalah penting dari pemahaman sistem finansial dan pengolahan data ilmiah adalah programming skill. Keterampilan ini dibutuhkan untuk menciptakan produk-produk fintech yang inovatif di berbagai platform, dari situs web hingga aplikasi ponsel pintar.

    5.      Memahami Konsep Keamanan Siber

    Cybersecurity atau keamanan siber adalah sistem yang tak dapat dipisahkan dari industri fintech. Sistem ini akan menjamin seluruh transaksi dan layanan di portal-portal fintech selalu aman dan bebas dari gangguan peretas maupun malware. Oleh karena itu, pengembangan fintech dalam skala besar juga membutuhkan orang-orang yang memiliki pemahaman mendalam akan sistem keamanan siber dan cara menerapkannya.

    Selain kelima skill yang telah disebutkan di atas, industri fintech membutuhkan orang-orang unggulan yang mampu beradaptasi dengan perkembangan ekonomi dan teknologi. Individu kreatif, multi-tasking, dan terampil menyelesaikan masalah juga akan menjadi aset penting yang dibutuhkan oleh industri ini.

    Program studi Finance di BINUS UNIVERSITY akan mempersiapkan dirimu untuk memiliki sederet skill tersebut. Dengan mengacu pada tren fintech yang terus berkembang pesat di abad ini, kamu bisa mengenali berbagai pola dan model teknologi finansial, termasuk perbankan digital dan analisis Big Data di bidang keuangan.

    Fintech sendiri merupakan satu dari empat fokus utama yang ditawarkan oleh program studi ini. Selain bisa mempelajari perkembangan teknologi finansial secara global, kamu juga akan menguasai sejumlah skill lain dalam bidang finansial korporat, manajemen investasi, serta layanan keuangan terkait. Seluruh keterampilan finansial tersebut adalah bekal utama sekaligus modal yang menjanjikan untuk mencapai target suksesmu di masa depan.