BINUS UNIVERSITY

    5 Alasan Kuliah Desain Visual Cocok Untuk Era Industri Digital 4.0

    “Apakah kuliah Desain Komunikasi Visual masih relevan zaman sekarang?”

    Mungkin itu muncul di pikiranmu saat hendak memilih jurusan. Era digital saat ini memang membuat desain makin mudah diakses oleh masyarakat. Siapa saja bisa menggunakan aplikasi desain atau alat gambar. Akan tetapi, itu bukan berarti kamu tidak punya prospek jika memilih jurusan desain komunikasi visual.

    Era digital 4.0 yang serba canggih dan otomatis menciptakan banyak perubahan dalam cara kita memandang media. Tingkat fokus menjadi lebih rendah, informasi mengalir cepat, dan bisnis makin berlomba menarik perhatian masyarakat. Kuliah DKV justru memberimu keuntungan dalam memanfaatkan karakteristik era ini. Berikut lima alasannya.

     

    1.  Menyesuaikan dengan Karakteristik Target Desain

    Kuliah

    Pernah melihat iklan yang begitu berkesan di situs, YouTube, atau media sosial sehingga kamu tidak sabar untuk membagikannya? Itu adalah salah satu keunggulan desainer dalam membuat iklan. Di era digital ketika tingkat fokus orang makin berkurang, iklan atau konten visual yang menarik menjadi kunci kesuksesan dan popularitas.

    Menurut Profesor John Sutherland dari University College London, manusia modern makin banyak yang memilih konten visual sebagai bentuk komunikasi dan promosi di dunia digital. Berbagai perusahaan dan merek menggunakan foto, infografik, serta ilustrasi menarik di media sosial agar dibagikan para pengguna. Bayangkan berapa banyak prospek yang akan diperoleh desainer jika makin banyak pelaku bisnis menggunakan metode ini!

    2.  Memenuhi Tuntutan Desain Produksi

    Kuliah

    Era digital juga menuntut perusahaan dan bisnis agar makin efisien serta cepat tanpa mengurangi kualitas produk mereka. Hal ini berdampak pada cara desainer membuat konsep. Desainer harus belajar cara membuat desain komersial yang bisa direproduksi secara digital agar bisa digunakan dengan cepat, tetapi tetap menarik minat target pemasaran.

    3.  Bisa Belajar Langsung di Tempat Kerja sebelum Lulus

    Kuliah

    Desainer dengan bekal kuliah desain visual tidak hanya belajar membuat konsep, tetapi juga menggunakan beragam ilmu untuk menciptakan konten digital menarik. Kegiatan magang di kampus DKV memberimu kesempatan belajar langsung di tempat kerja yang sesungguhnya, memberimu pengalaman relevan untuk memulai karier profesional di era digital.

    4.  Berkesempatan Belajar Beragam Keahlian

    Kuliah

    Konten digital berskala besar atau iklan komersial membutuhkan lebih dari aplikasi desain gratisan untuk pembuatannya. Kamu membutuhkan beragam cabang ilmu, keahlian, dan referensi yang tidak bisa diperoleh dari aplikasi. Untungnya, kuliah desain visual memberimu berbagai keuntungan untuk menjadi desainer sukses di era digital, misalnya:

    ·  Lebih Paham Konsep dan Referensi

    Desainer punya bekal teori sebagai referensi untuk mendapat beragam sumber ide. Universitas berkualitas seperti Binus bahkan menawarkan kuliah untuk mengeksplorasi desain eksperimental, tren desain digital, dan desain untuk keperluan komersial. Hal ini penting untuk mengikuti perkembangan tren pemasaran dan desain di era digital.

    ·  Mendapat Akses ke Beragam Perangkat

    Belajar desain visual di kampus memberimu akses ke beragam alat desain. Jika kampusmu menawarkan fokus ke media digital, kamu juga akan mendapat pelajaran tentang perangkat pendukung, misalnya cloud dan program editing serta animasi.

    ·  Belajar Aspek Bisnis dan Komersial

    Ingin bisa bersaing dalam era digital? Kamu bisa mendapat ilmu yang berkaitan jika belajar di jurusan desain visual. Contoh kelas dalam bidang ini antara lain dasar-dasar wirausaha, komunikasi bisnis, bahasa Inggris untuk ranah profesional, reproduksi desain untuk komersial, dan sebagainya.

    5.  Tidak Tertinggal Tren Desain

    Kuliah

    Era digital membuat tren desain makin cepat berkembang. Kamu bisa mengantisipasinya dengan kuliah di kampus yang menawarkan teori serta praktik desain cukup beragam agar kamu bisa memperkirakan tren. Kampus modern seperti Binus University juga menawarkan kelas desain eksperimental dan kontemporer agar kamu punya dasar untuk mengikuti tren desain digital.

    Era digital menuntut desainer pandai membuat konsep desain untuk media baru, seperti situs internet, platform video digital, dan media sosial. Kuliah desain visual, terutama di kampus berorientasi internasional seperti Binus, memberimu bekal untuk menghadapi beragam tuntutan klien, tren desain, serta persaingan di era yang makin canggih.