BINUS UNIVERSITY

    Prodi Primary Teacher Education BINUS UNIVERSITY Siap Penuhi Kebutuhan Guru Sekolah Dasar di Era Digital

    Jakarta, 14 September 2020 – Pendidikan dasar merupakan komponen yang sangat penting dalam proses tumbuh kembang seseorang. Dalam masa pertumbuhan tersebut, pembelajaran yang diterima selama bersekolah SD hingga SMA, dapat membentuk karakter seseorang dan menentukan keberhasilannya di masa depan. Oleh karena itu, peranan seorang guru sangatlah penting karena tidak hanya membagikan ilmu pengetahuan, namun juga berperan dalam pembentukan karakter. Meski begitu, 95% daerah di Indonesia masih kekurangan tenaga guru SD. Ini artinya, lapangan kerja di bidang ini pun masih terbuka luas bagi yang tertarik untuk bekerja di bidang pendidikan. Pendidikan untuk guru SD sangatlah penting mengingat dampaknya bagi perkembangan seorang anak dan juga bagaimana zaman telah berubah, dimana guru-guru harus dapat beradaptasi dalam era digital Industri 4.0.

    Menjawab kebutuhan akan guru Sekolah Dasar yang masih tinggi serta memberikan bekal kompetensi optimal bagi para calon guru, BINUS UNIVERSITY telah menghadirkan program studi (prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau Primary Teacher Education. Prodi Primary Teacher Education tersedia di Kampus@Kemanggisan dan merupakan bagian dari Faculty of Humanities BINUS UNIVERSITY. Program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan pendidikan dasar yang mengedepankan pendidikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Selain itu program ini juga dilengkapi pendidikan karakter (Character Building) yang menjadi pilar utama dalam mendidik generasi penerus bangsa.

    Pembelajaran prodi Primary Teacher Education dilengkapi dengan laboratorium ruang kelas dimana BINUSIAN  dapat merasakan pembelajaran secara praktek dalam mengajar para murid Sekolah Dasar. Contoh-contoh mata kuliah yang diajarkan di prodi Primary Teacher Education antara lain Character Education for Primary, Educational Psychology, Class Management, Bahasa Indonesia for Primary, Mathematics Education for Primary, Social Science for Primary, Natural Science for Primary, International and National Curriculum, dan masih banyak lagi. Pada semester ke-7, BINUSIAN  dapat memilih Elective Courses dengan total 8 kredit untuk mendapatkan pembelajaran yang lebih advanced dalam suatu bidang studi seperti Advanced Mathematics, Advanced ICT, Introduction to Special Needs Education, dan berbagai pilihan lainnya.

    BINUSIAN  juga turut dibekali dengan ilmu bahasa Inggris dan pendidikan karakter melalui mata kuliah English for Business Presentation, English for Written Business Communication, Character Building: Pancasila, Kewarganegaraan, dan Agama. Setelah menjalani perkuliahan selama 4 semester, BINUSIAN wajib untuk mengikuti Enrichment Program untuk memperkaya wawasan dan keterampilan mengajarnya dengan memilih satu dari enam track yang tersedia, yakni track Internship, Entrepreneurship, Community Development, Research, dan Study Abroad.

    Setelah menyelesaikan skripsinya dan lulus dari BINUS UNIVERSITY, BINUSIAN  dapat memilih untuk menempuh berbagai pilihan karier seperti Guru SD yang kompeten mengajar menggunakan Kurikulum Nasional dan Internasional, Junior Researcher, Educational Multimedia Developer, Educational Consultant, Tutor dan juga Trainer. Dalam menjalankan perannya sebagai tenaga pengajar, BINUSIAN  diharapkan dapat mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilannya untuk mendidik generasi penerus bangsa dengan semangat membina dan memberdayakan, serta mampu terus berinovasi sesuai dengan kebutuhan industri di tengah zaman yang selalu berubah.