Jakarta, 14 September 2020 – Kemajuan teknologi di Era Industri 4.0 yang ditandai dengan terciptanya berbagai teknologi seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), robotic, dan pengelolaan big data, turut berdampak besar pada industri perhotelan. Persaingan di dunia perhotelan kini semakin ketat dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Segala proses dan kegiatan dapat dialihkan menjadi online. Tidak hanya itu, saat ini wisatawan bahkan tidak perlu menginap di hotel ketika berwisata ke suatu tempat dikarenakan tersedianya platform dimana wisatawan dapat menyewa sebuah rumah atau ruangan dengan kualitas yang cukup terjamin. Hal tersebut tentunya menjadi tantangan baru bagi industri perhotelan di Era Digital dalam Industri 4.0 ini.

Menyikapi tantangan dalam indusrti perhotelan di era modern, BINUS UNIVERSITY telah menghadirkan program studi (prodi) Hotel Management atau HM, dimana para BINUSIAN akan dibekali dengan kompetensi global dalam bidang perhotelan, sekaligus ilmu pengetahuan Teknologi Informasi yang terkait dengan industri perhotelan. Prodi Hotel Management BINUS UNIVERSITY merupakan bagian dari Faculty of Economic and Communication dan tersedia di Kampus@Kemanggisan. Prodi Hotel Management telah memperoleh akreditasi nasional “A” dari BAN-PT sejak 2012. Selain itu, prodi Hotel Management telah memperoleh sertifikasi internasional TEDQUAL yang dikeluarkan oleh UNWTO (United Nation World Tourism Organization) sejak 2017.

Prodi Hotel Management BINUS terbagi menjadi dua stream atau peminatan, yakni Culinary Art dan Hotel and Operation Services. Stream Culinary Art lebih berfokus pada pendalaman dan pengelolaan kuliner, dapur, dan restoran. Sementara itu, stream Hotel and Operation Services berfokus pada fasilitas-fasilitas dalam hotel serta manajemen dari hotel secara keseluruhan. Proses pembelajaran juga didukung dengan berbagai fasilitas seperti lab hotel room, lab kitchen and pastry, restaurant, lab front office, dan lab housekeeping. BINUSIAN juga diwajibkan untuk menggunakan empat jenis seragam, yaitu Restaurant, Front Office, Kitchen, dan Housekeeping. Kemudian, berbagai mata kuliah yang diajarkan juga difokuskan untuk membekali skill dan knowledge berkelas dunia dan pengajar yang professional dibidangnya.

Selain mata kuliah yang terkait dengan industri perhotelan, BINUSIAN prodi BHM juga dibekali dengan mata kuliah yang memperkaya wawasan bahasa, karakter, dan juga keterampilan wirausahanya. Setelah mengikuti perkuliahan selama dua tahun di kampus, BINUSIAN akan mengikuti Enrichment Program dimana BINUSIAN berkesempatan untuk mempekaya wawasan dan menambah pengalaman dalam bekerja langsung di lapangan, baik itu di perusahaan, komunitas, kampus di luar negri, maupun dalam menjadi entrepreneur.

Setelah menyelesaikan Final Project dan lulus dari BINUS UNIVERSITY, BINUSIAN dapat menempuh berbagai pilihan prospek karier menjadi Executive Chef, Pastry Chef, Restaurant Manager, General Manager Hotel, Executive Housekeeper, Food and Beverage Manager, Room Division Manager, Barista, Sommelier, Maître d’hôtel, Kitchen Artist, Bartender, Butler, Hotel Human Resources Manager, Hotel accounting and finance Manager, Hotel Purchasing Manager, Hotel Sales & marketing manager, Hotel Guest Relation Manager, Business Development in Hospitality and Entrepreneur, dan masih banyak lagi. Dalam menempuh karier, BINUSIAN diharapkan dapat berkarya secara inovatif dan berani mengambil peluang serta menjawab tantangan industri perhotelan di era Industri 4.0.