BINUS UNIVERSITY

    Perkembangan Bisnis di Era Industri 4.0 Mendorong Inovasi dan Transformasi pada Bidang Hukum Bisnis

    Jakarta, 14 September 2020 –The only constant in life is change”. Kutipan tersebut merupakan kalimat yang sangat terkenal dari filsuf asal Yunani, Heraclitus. Heraclitus diperkirakan hidup pada abad ke-5 sebelum Masehi, tetapi perkataannya dalam kalimat tersebut masih relevan hingga sekarang, terutama dalam dunia bisnis (Modi, 2016). Pada masa kini di Era Industri 4.0, terjadi perubahan yang cenderung disruptif dalam dunia bisnis. Hal tersebut sebagian besar disebabkan oleh pesatnya perkembangan teknologi yang mengubah tatanan bisnis. Perubahan dalam tatanan bisnis tentunya juga berpengaruh pada bidang-bidang hukum yang mengaturnya. Bidang ilmu Hukum Bisnis harus bertransformasi untuk menghadapi keadaan industri yang berubah.

    Memahami pentingnya kesiapan bidang ilmu Hukum Bisnis serta sumber daya manusia-nya (SDM) dalam menghadapi Era Industri 4.0, BINUS UNIVERSITY telah menghadirkan program studi (prodi) Hukum Bisnis atau Law – Business Law. Prodi Law – Business Law BINUS UNIVERSITY adalah bagian dari Faculty of Humanities dan tersedia di Kampus@ Kemanggisan. Keberadaan prodi Law – Business Law BINUS UNIVERSITY di bawah Faculty of Humanities ini justru membuahkan beberapa manfaat, seperti terbuka luasnya wawasan dan peluang kerja sama yang bersifat lintas disipliner. Tidak hanya internal jurusan dan melibatkan dosen semata, tetapi juga berdampak pada wawasan dan kerja sama di antara sesama mahasiswa.

    Prodi Law – Business Law BINUS UNIVERSITY berfokus mencermati perkembangan e-commerce dan inovasi bisnis di Indonesia dengan menyediakan praktisi hukum yang menguasai teknologi informasi (ICT) dan berwawasan global untuk mendidik para BINUSIAN. Prodi ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Pembelajaran dengan tujuan tersebut diwujudnyatakan dalam berbagai mata kuliah yang diajarkan. Berbagai mata kuliah yang diberikan, antara lain Theory of State, Introduction to Jurisprudence, Introduction to Indonesian Legal System, Empirical Legal Sciences, Islamic Law, Constitutional Law, Private Law, International Law, E-Commerce & Data Privacy Law, Cyber Law, dan berbagai mata kuliah lainnya.

    Selain dari mata kuliah yang berkaitan dengan ilmu Hukum Bisnis, BINUSIAN juga dibekali dengan ilmu kewirausahaan, bahasa Indonesia, dan pendidikan karakter. Setelah menjalani perkuliahan di kampus selama 4 semester, BINUSIAN akan mengikuti Enrichment Program yang bertujuan untuk mempekaya wawasan dan menambah pengalaman BINUSIAN dalam bekerja langsung di lapangan, baik itu di perusahaan, komunitas, kampus di luar negeri, maupun dalam menjadi entrepreneur.

    Berbagai prospek karier yang dapat ditempuh oleh BINUSIAN setelah lulus dari BINUS UNIVERSITY, antara lain Profesional di area Sumber Daya Manusia, Pendidikan, atau Komunitas, Konsultan, Penulis/Content creator/Influencer, Konselor, Peneliti Tingkat Dasar, Asisten Psikolog, Pelaku Usaha Mandiri (Entrepreneur) dan masih banyak lagi. Kedepannya, BINUSIAN diharapkan mampu mengimplementasikan kompetensi dan keterampilannya untuk menerapkan Hukum Bisnis dengan semangat membina dan memberdayakan, serta mampu terus berinovasi sesuai dengan kebutuhan industri di tengah era yang sangat dinamis.