BINUS UNIVERSITY

    Pentingnya Kreativitas, Pemikiran Kritis, dan Rasa Empatik bagi Sastrawan Era Modern

    Jakarta, 14 September 2020 – Kemampuan bahasa Inggris kini menjadi syarat penting bagi para pencari kerja. Bahkan, kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni akan lebih memudahkan untuk mendapat beasiswa S1 hingga S2 ke luar negeri (Kasih, 2020). Era Industri 4.0 saat ini juga turut mendorong kemajuan teknologi yang memungkinkan seseorang untuk bekerja bagi siapapun dan tidak terbatas di negara masing-masing saja. Oleh karena itu, kemampuan bahasa Inggris yang baik sangatlah diperlukan. Selain itu, karya sastra juga harus mampu sejalan dengan zaman agar tak lekang oleh waktu. Karya sastra yang dibuat dan media penyebarannya sudah banyak beralih ke ranah digital sehingga para lulusan sastra Inggris juga harus mempunyai pemahaman akan dunia digital tersebut.

    Dalam menjawab tantangan dunia sastra di era digital dan melahirkan sastrawan-sastrawan modern yang kreatif, kritis dan empatik, BINUS UNIVERSITY menghadirkan program studi (prodi) English Literature atau Sastra Inggris. Prodi Sastra Inggris BINUS UNIVERSITY merupakan bagian dari Faculty of Humanities dan tersedia di BINUS yang berada Kampus@ Kemanggisan. Prodi Sastra Inggris berfokus untuk membekali BINUSIAN dengan penguasaan bahasa Inggris serta pemahaman sastra dan budayanya secara profesional. BINUS UNIVERSITY juga turut memberikan pembekalan wawasan untuk menjawab kebutuhan industri Era 4.0. Prodi Sastra Inggris telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

    Mata kuliah yang telah dipelajari akan memudahkan BINUSIAN dalam menguasai segala literatur berbahasa Inggris mulai dari teks, pelafalan grammar, hingga berbicara dengan bahasa inggris. Berbagai contoh mata kuliah yang diajarkan antara lain Dasar-dasar Linguistik Bahasa Inggris, Pengkajian Prosa Inggris, Penulisan Kreatif dalam Bahasa Inggris, Pengantar Analisis Wacana Bahasa Inggris, Kajian Film dan Media Berbahasa Inggris, Fonetik dan Fonologi Bahasa Inggris, Kajian Drama dan Teater Inggris, dan masih banyak lagi. Selain itu, BINUSIAN juga akan mendapatkan mata kuliah yang semakin mendukung kompetensinya, yakni Entrepreneurship, Indonesian, dan Pendidikan Karakter Pancasila, Kewarganegaraan, serta Agama.

    Setelah mengikuti perkuliahan di kelas selama 4 semester, BINUSIAN akan mengikuti Enrichment Program yang bertujuan untuk mempekaya wawasan dan menambah pengalaman BINUSIAN dalam bekerja langsung di lapangan, baik itu di perusahaan, komunitas, maupun dalam menjadi entrepreneur dalam bidang sastra. Setelah lulus BINUSIAN dapat menempuh jenjang karier sebagai penulis konten, pengajar, translator, interpreter, presenter, penyiar TV dan radio, wirausaha di bidang jasa dan industri kreatif, public relations, staf diplomatic, konsuler, dan masih banyak lagi. Ketika sudah berkarier atau berbisnis di masa depan, BINUSIAN diharapkan mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan keterampilannya untuk memajukan perekonomian Indonesia dengan semangat membina dan memberdayakan, serta mampu terus berinovasi sesuai dengan kebutuhan industri di tengah zaman yang selalu berubah.