Jakarta, 31 Agustus 2020 – Perubahan zaman yang terus menerus terjadi, mendorong manusia untuk terus beradaptasi agar dapat bertahan hidup. Saat ini, dunia tengah berada dalam Era Revolusi Industri yang keempat atau Industri 4.0. Era ini ditandai dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, terutama di bidang otomatisasi. Teknologi-teknologi yang tercipta, seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), big data, dan robotics, bahkan dapat menggantikan pekerjaan-pekerjaan manusia yang bersifat repetitif dan non-analitis. Akan tetapi, secanggih apapun IT, manusia adalah aktor penting dalam sebuah entitas industri. Karenanya, dunia pendidikan memiliki peran untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang responsif terhadap perubahan zaman (Susanto, 2020).

Dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang responsif terhadap perubahan zaman, memiliki kemampuan analisa yang tinggi, dan mampu menciptakan terobosan baru dalam teknologi, BINUS UNIVERSITY telah menghadirkan program studi (prodi) Computer Engineering. Prodi ini adalah bagian dari Faculty of Engineering BINUS UNIVERSITY dan mengasah pengetahuan dan kemampuan hardware maupun software hingga akhirnya bisa berkarier di berbagai bidang yang memerlukan solusi Computer Engineering dalam Era Industri 4.0 saat ini. Prodi ini tersedia di BINUS@GREATER JAKARTA di Kampus@Kemanggisan dan dilengkapi dengan fasilitas Computer Engineering Laboratory. Prodi Computer Engineering BINUS UNIVERSITY juga telah meraih akreditasi A dari BAN-PT dan Engineering Accreditation Commission of ABET.

Program Computer Engineering BINUS UNIVERSITY menghadirkan berbagai mata kuliah yang mendukung kemampuan metodologikal, komputasional, entrepreneurial, pengembangan karakter, dan kemampuan berbahasa dan komunikasi. Contoh mata kuliah dalam prodi Computer Engineering antara lain Introduction to Computer Engineering, Calculus, Algorithm and Programming Fundamentals, Discrete Mathematics, Computer Organization and Architecture, Entrepreneurship: Ideation dan Market Validation, Character Building: Pancasila, Kewarganegaraan, dan Agama, English for Business Presentation, English for Written Business Communication, Indonesian, dan masih banyak lagi. Prodi Computer Engineering menghadirkan dua peminatan atau stream, yakni Intelligent Embedded Systems dan Communication System.

Pembekalan keterampilan bagi BINUSIAN prodi Computer Engineering tidak hanya diberikan melalui mata kuliah, namun juga melalui kesempatan bekerja langsung di lapangan. Pada semester ke-6 dan 7, BINUSIAN akan mengikuti Enrichment Program, dimana BINUSIAN berkesempatan untuk mempekaya wawasan dan menambah pengalaman dalam bekerja langsung di lapangan, baik itu di perusahaan, komunitas, maupun dalam menjadi entrepreneur di bidang teknologi informasi. Setelah itu, BINUSIAN harus membuat Final Project sebagai syarat kelulusan dari prodi Computer Engineering BINUS UNIVERSITY. Prospek-prospek karier yang dapat ditempuh BINUSIAN setelah lulus antara lain, Network engineer, IT Security Engineer, Cloud Engineer, IoT Engineer, Embedded System Engineer, Embedded Software Engineer, Telecommunication Engineer, Optical Communication Engineer, Automation/Robotics Engineering, Software Engineer, dan karier-karier di bidang IT lainnya.

Melalui prodi ini, diharapkan akan semakin banyak lahir ahli-ahli di bidang Computer Engineering yang terampil secara teknis maupun non-teknis, mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi, dan menjadi pionir dalam mengembangkan teknologi. Para BINUSIAN juga diharapkan dapat menjadi bagian dalam membina dan memberdayakan Indonesia dan dunia global, terutama dalam bidang teknologi informasi di Era Industri 4.0 ini.