BINUS UNIVERSITY

    Kisah Inspiratif Orang Sukses Menjadi Pengusaha

    Susi Pudjiastuti

    Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI ini merupakan seorang pengusaha yang terkenal dengan ketegasannya. Ia sendiri merintis bisnis di bidang perikanan, kemudian mendirikan maskapai penerbangan.

    Saat memilih untuk berhenti sekolah (SMA), ia memulai usahanya sebagai penjual pakaian dan bed cover. Kemudian, ia melihat Kota Pangandaran sebagai penghasil ikan. Setelah itu, ia memanfaatkan peluang tersebut untuk beralih ke bisnis perikanan.

    Dengan modal Rp750.000, Susi membeli ikan dan menjualnya ke beberapa restoran. Setelah sempat surut, akhirnya Susi berhasil menguasai bisnis pelelangan ikan di Pangandaran. Kemudian, ia merambah bisnisnya ke ekspor ikan dan lobster.

    Uniknya, ia membeli sebuah pesawat dengan pinjaman dari bank. Hal itu dilakukan agar proses pengiriman ikan bisa berjalan dengan efektif. Dari situlah, Susi Air menjadi salah satu maskapai penerbangan yang melayani rute pedalaman dan carter.

    Reza Nurhilman

    Reza Nurhilman merupakan pelopor dari suksesnya keripik Maicih. Ia memulai bisnis keripik singkong ini pada 2010 silam saat berusia 23 tahun. Untuk memulai bisnis ini, ia hanya mengeluarkan modal sekitar Rp15.000.000.

    Awalnya, Reza mempromosikan keripik Maicih melalui Twitter. Kemudian, ia mengembangkan sayapnya dengan menerapkan sistem agen yang menggunakan istilah “Jenderal”, agar produknya dapat menarik konsumen yang lebih luas.

    Melalui platform media sosial Twitter, Jenderal memberikan informasi di mana lokasi penjualan keripik Maicih setiap harinya. Setelah enam bulan menjual keripik Maicih, ia mendapatkan omset hingga Rp 7 miliar per bulan.

    Gibran Rakabuming

    Gibran Rakabuming sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Putra pertama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ini, memiliki bisnis yang bergerak di bidang catering dan wedding organizer, yaitu Chili Pari.

    Berbeda dengan Jokowi, Gibran memilih untuk merintis usahanya sendiri tanpa campur tangan keluarganya. Gibran memulai usahanya dengan mengajukan pinjaman ke bank untuk mendapatkan modal.

    Berkat usahanya tersebut, kini Chili Pari sudah banyak menangani pesanan dengan jumlah tamu hingga ribuan orang. Selain itu, Gibran juga memiliki bisnis lainnya bersama sang adik, Kaesang Pangarep.

    Bob Sadino

    Siapa yang tidak kenal dengan pria lahiran kota Lampung tahun 1939 ini? Ia merupakan salah satu pengusaha sukses yang sempat mengalami jatuh-bangun sebelum akhirnya mendapatkan kesuksesan besar. Sebelum menjadi pengusaha, Bob pernah bekerja sebagai karyawan selama 9 tahun.

    Hingga akhirnya ia banting setir dan memulai bisnis penyewaan mobil yang hanya bermodalkan satu mobil Mercedes dan ia supiri sendiri. Karena mengalami kecelakaan yang menimpanya saat mengemudikan mobil yang disewakannya, bisnis ini berhenti di tengah jalan. Hingga akhirnya ia beralih profesi sebagai buruh bangunan yang dibayar dengan upah harian.

    Saat menjadi kuli tersebut, ia melihat peluang bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri. Dengan modal pinjaman, Bob mulai menjalankan bisnis dengan menawarkan dagangannya dari rumah ke rumah. Akhirnya bisnis ini berkembang dan mengembangkan sayap dengan menjual daging dan sayuran hidoponik. Berkat kerja kerasnya, ia berhasil mencapai kesuksesan dengan mendirikan Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian.

    Sumber : https://ajaib.co.id/kisah-inspiratif-orang-sukses-menjadi-pengusaha/