Tujuan dari program ini 

Dikatakan, program Kampus Merdeka merupakan wujud kontribusi BI dalam menciptakan SDM unggul di era digital. Ada tiga hal penting yang melandasi BI berpartisipasi dalam program Kampus Merdeka, yaitu:

1. Kontribusi BI untuk turut merealisasikan visi pemerintah yaitu membangun SDM Unggul dalam mencapai Indonesia Maju.

2. BI memiliki ilmu yang mendukung program Kampus Merdeka khususnya kebanksentralan dan digital ekonomi yang dapat mendukung implementasi SDM Unggul dari sisi konsep, praktek, pengalaman, karakter sejalan dengan visi BI.

3. Pentingnya kolaborasi untuk menciptakan SDM Unggul yang meliputi pihak Akademisi, Bisnis dan Government (ABG).

Lulus kuliah lebih siap kerja

Pada kesempatan itu, Nadiem menyambut baik dan mengapresiasi Gubernur BI, terutama Bank Indonesia Institute atas peluncuran program Kampus Merdeka di BI, yang pada tahap awal ini bekerja sama dengan 7 Perguruan Tinggi. Menurut Mendikbud, kompetensi mahasiswa tidak bisa hanya disiapkan di kampus saja.

Melainkan mahasiswa harus mengalami sendiri dunia kerja yang sesungguhnya sehingga lebih siap untuk memasuki dunia kerja setelah lulus. “Kegiatan selama 6 bulan di perusahaan sebagai trainee atau intern tentu memberikan pengalaman kerja yang amat berharga bagi mahasiswa,” ujar Nadiem.

“Pengalaman yang mereka peroleh selama 6 bulan akan membentuk hard skills dan soft skills yang menjadi bagian dari kompetensinya setelah lulus,” imbuh Mendikbud.

Sumber : https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/24/131824571/ciptakan-sdm-unggul-bi-dukung-program-kampus-merdeka?page=all