BINUS UNIVERSITY

    Cerita BINUSIAN, Pengalaman Kezia Mellia internship di SIRCLO

    Jakarta, 14 September 2020 – BINUS sebagai institusi perguruan tinggi swasta yang terbaik di Indonesia selalu terbuka untuk memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk lebih berkembang dalam kemampuan yang dimiliki. Sejalan dengan keinginan dalam dirinya dapat memiliki ruang untuk dapat mengembangkan dirinya melalui pengalaman di startup company. Hal ini yang menggambarkan Kezia Mellia Chandra, seorang Mahasiswi Marketing Communication yang memilih Program (2+1) +1 dengan peminatan internship untuk dapat selangkah lebih maju.

    Kezia yang merupakan mahasiswi BINUS@Alam Sutera sejak awal memang telah melirik program unggulan yang ada di BINUS ini, dan punya pandangan sendiri dengan peluang yang diberikan kepada mahasiswa.

    “Dari awal masuk BINUS UNIVERSITY, dan tahu soal program (2+1) +1, Program dimana salah satunya mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil pilihannya selama 1 tahun, salah satunya internship, saya sangat excited, sejak awal selalu bercita-cita untuk bisa magang di perusahaan startup ternama di Indonesia khususnya bidang e-commerce. Alasan saya berminat untuk magang di perusahaan startup karena saya bisa belajar banyak hal dan merasa ada tantangan baru jika bekerja di startup company,” cerita Kezia.

    Perjuangan Kezia untuk mendapatkan magang dengan berawal dari mengikuti BINUS Job Expo tahun 2019 lalu, Kezia hadir dengan mencoba melihat perusahaan yang ada sesuai dengan kriterianya, tentu dengan melihat peluang yang terbuka.

    “Waktu datang ke BINUS Job Expo dari banyak perusahaan ternama, salah satunya saya tertarik dengan SIRCLO yang merupakan perusahaan startup di bidang e-commerce technology solution. Tetapi sempat ragu karena divisi yang sesuai dengan saya saat itu tidak dibuka, tapi tidak disangka ternyata Communications Manager SIRCLO mau memberi kesempatan untuk saya di-interview, saya merasakan berkat kepercayaan nama BINUS yang baik melalui senior yang juga sedang magang disana, dan tidak berselang lama, akhirnya saya diterima sebagai Communications Intern di SIRCLO,” jelasnya.

    Dengan latar belakangnya sebagai mahasiswa Communication – Marketing Communication dengan peminatan Corporate Communication, Kezia membagikan rasa bahagia dan bangga dapat mendapat kesempatan untuk bisa mengukuti program (2+1) +1 untuk internship di SIRCLO yang merupakan perusahaan e-commerce enabler nomor 1 di Indonesia yang berfokus dalam corporate brand, baik nasional maupun internasional melalui jalur distribusi online.

    “Tidak pernah dalam benak saya bisa mendapat ruang untuk dapat mengembangkan potensi saya di SIRCLO, tetapi saya sangat bersyukur dengan adanya program (2+1) +1 menjadi tempat untuk mengembangkan potensi saya sebagai Communcations Intern dan terus tingkatkan kemampuan diri,” jelasnya

    Pengalaman Magang

    Selama menjadi Communications Intern di SIRCLO, Kezia ikut diberikan tanggung jawab besar, hal ini menurutnya sebagai tempat untuk melatih dirinya sebelum terjun di dunia kerja.,

     “Salah satu pengalaman berharga saat magang disana adalah bisa berperan membantu manager dan rekan kerja mengenai konten seperti di LinkedIn dan mengoperasikan Website SIRCLO. Ternyata mengoperasikan website official itu seru dan butuh ketelitian juga. Saya juga belajar mengoperasikan media monitoring tools untuk mengetahui publikasi SIRCLO di media,” ungkap Kezia

    Pengalaman berharga lainnya menurut Kezia pada saat event SIRCLO Media Day 2019, yang merupakan upaya untuk membangun hubungan dengan berbagai media dan jurnalis yang selalu men-support dan meliput SIRCLO, tentu suatu hal yang ekstra bagi dirinya diberikan kepercayaan tersebut.

    “Pada kesempatan itu, saya dilibatkan untuk membantu dalam persiapan materi komunikasi seperti draft cue card MC dan membantu manajer saya menyusun script office tour. Kemudian di hari H ternyata saya dipilih menjadi PIC jurnalis (menemani saat office & warehouse tour).  Saat menjadi PIC jurnalis, saya jadi belajar dan semakin mengerti mengaplikasi secara nyata dalam membina hubungan dengan media/pers. Selain itu, saya juga pernah terlibat dalam event-event besar SIRCLO seperti SIRCLO 6th years Anniversary, SIRCLO X L’Oréal, dan SIRCLO X Nyx Beauty,” ungkapnya.

    Jadi Lebih Banyak Tahu Tentang Dunia Kerja

    Sebelum magang, biasanya sering mendengar cerita dari pengalaman orang, namun dengan berkesempatan magang, bisa secara langsung merasakan sendiri bagaimana situasi sebenarnya apalagi kehidupan di dunia kerja. Hal tersebut dibenarkan oleh Kezia.

    “Dengan durasi waktu selama 6 bulan program magang yang saya ambil, tentu membuat saya bersyukur bisa lebih banyak tahu tentang dunia kerja yang sebenarnya dan bisa mengaplikasikan apa yang telah saya pelajari baik secara pembekalan ilmu di kelas ke tempat kerja,” jelas Kezia.

    Selain hal itu, tentunya perubahan besar yang dirasakan selama magang adalah terhadap pola pikir dirinya  akan sesuatu.

    “Saat magang, saya diperhadapkan dengan berbagai tugas dan rintangan yang harus dihadapi, dari situ saya belajar mengasah pola pikir saya dan strategi apa yang terbaik untuk menyelesaikan tanggung jawab saya,” ujarnya.

    Selain itu dirinya mengungkapkan lewat magang, ia banyak bertemu dengan orang-orang hebat dengan berbagai macam latar belakang yang tentunya membukakan pikiran dan menambah wawasannya mengenai dunia professional.

    Bekerja di perusahaan startup yang berkembang pesat dan memiliki lingkungan kerja yang positif serta employees yang memiliki semangat kerja tinggi membuat saya termotivasi untuk mengembangkan potensi saya khususnya di bidang komunikasi. Selain itu, workload yang cukup padat juga membuat skill time management saya menjadi terasah. Saya bisa lebih fokus mengerjakan tanggung jawab saya dan mengetahui prioritas dalam bekerja.

    Ilmu Di Masa Perkuliahan Sangat Berguna

    Menurut Kezia apa yang telah dipelajari di kelas, hampir seluruhnya sangat amat bermanfaat di dunia kerja.

    “Kalau dari Program yang saya ambil Corporate Communication misalnya, di semester 4, yakni tepat sebelum memasuki semester 5 (internship), saya banyak mendapatkan teori yang aplikatif di dunia kerja, di antaranya adalah Communications in Crisis, Corporate PR Writing and Advertorial, dan Professional Image and Acting yang membahas mengenai etika dan etiket di dunia kerja. Ketiga mata kuliah tersebut menurut saya sangat relate dan applicable pada saat saya magang. Pelajaran dari mata kuliah tersebut menjadi bekal saya hingga saya cukup confident untuk bisa berkontribusi saat menjadi Communications Intern di SIRCLO,” ungkapnya.

    Kezia mengungkapkan dukungan terhadap BINUS UNIVERSITY untuk kedepannya terus menjadi percontohan dan terus berinovasi kearah yang lebih maju.

    “Sebagai tempat saya menimba ilmu dan mengumpulkan bekal untuk masa depan. Bersyukur banget bisa dapet kesempatan magang melalui program (2+1) +1 di perusahaan yang sesuai dengan ekspektasi saya dan mendapatkan pengalaman berharga yang tentunya ga bisa didapetin di bangku kelas. Thank you BINUS, you are one of my dream wizard!,” jelasnya.

    Kemudian Kezia berpesan kepada teman BINUSIAN untuk gunakan kesempatan melalui program enrichment yang ada, apapun yang jadi pilihan kamu, lakukan itu dengan bertanggung jawab, karena semua itu sangat berharga. Pilihan semua ada ditangan kita, apa yang kita pilih akan menentukan masa depan, asal dengan kemauan yang gigih, remdah hati untuk mau terus belajar.

    Yang paling penting untuk terus kelilingi diri dengan orang bisa mendukung untuk terus maju “Jangan sia-siakan kesempatan untuk dapetin pengalaman berharga yang mungkin ga akan datang dua kali. Chase your dream till it become true, just do what you love and love what you do!,” tutupnya.