BINUS UNIVERSITY

    Ambil Pengalaman Baru Melalui Program Enrichment, Yuk Simak Cerita Yosua Evan Internship di KOMINFO

    Jakarta, 4 September 2020 – Di era yang sudah sangat maju pesat, mungkin bagi sebagian besar anak muda seusianya untuk bekerja di dunia pemerintahan bukanlah menjadi tujuan utama. Begitulah ungkapan yang awal yang mendasari Mahasiswa Marketing Communication, berusia 21 tahun, Yosua Evan Ompusunggu ini untuk tertarik mengetahui dunia kerja di pemerintahan.

    Berawal dengan mengikuti Program (2+1) +1 yang ada di BINUS UNIVERSITY, memberikan kesempatan bagi mahasiswa bisa merasakan pengalaman kerja didunia nyata selama 1 tahun dari sisa waktu masa kuliah, dengan 5 pilihan track yang ada, membuat Evan begitu panggilan akrabnya, memilih peminatan Internship atau magang.

    “Kalau pengalaman saya pribadi merasakan magang tentu sangat excited, karena menjadi pengalaman  pertama kali bagi saya dan langsung berkesempatan masuk ke salah satu instansi pemerintahan, yaitu di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) Republik Indonesia dan saya ditempatkan di Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM),”  ungkapnya.

    Dengan latar belakangnya sebagai mahasiswa Communication – Marketing Communication dengan peminatan Corporate Communication di BINUS@Alam Sutera, dan ketertarikannya untuk menambah pengalaman di dunia pemerintahan, dari sana yang mendasari Evan bisa diterima magang di Kementerian Kominfo.

    “Untuk magang di Kementerian Kominfo memang masuk kedalam salah satu daftar list impian saya, karena saya lihat komunikasi, teknologi dan informasi saat ini sangat berpengaruh di Indonesia”, ungkap Evan.

    Kebetulan, lanjut dia, kedua orang tuanya yang juga turut mendukung Evan untuk mencoba pengalaman di dunia pemerintahan

    “Kemudian peran dari orang tua yang juga mendukung, membuat saya semakin ingin mencoba cari peluang untuk bisa magang di pemerintahan khususnya di Kementerian Kominfo saat itu,” ujar Evan.

    Tetapi langkah Evan untuk mencoba mengambil peluang magang di pemerintahan terlihat berbeda dengan pandangan teman-teman seangkatannya yang sama untuk memilih magang.

    “Waktu mau coba mencari informasi untuk bagaimana mengikuti syarat magang di Kementerian Kominfo, saat itu saya terpikirkan untuk coba mengajak teman-teman saya, tetapi banyak yang kurang tertarik, melihat prospek kerja di dunia pemerintahan, karena selain itu  memang teman-teman saya sebagian besar sudah punya keinginannya sendiri, ya jadi saya coba tetap jalani saja,” jelasnya.

    Ia pun terpikir untuk mencoba menunjukkan bahwa magang di dunia pemerintahan, melalui di Kementerian Kominfo juga seru, menantang, dan dapat memberikan banyak pengalaman yang baru bagi dirinya.

    “Saya juga ingin melalui kesempatan yang diberikan dari BINUS dengan program enrichment untuk magang, dari teman-teman seangkatan saya mungkin bisa lihat bahwa di pemerintahan juga bisa mendapat banyak pengalaman atau hal-hal yang baru, dimana kita bisa tahu bagaimana proses kerja dibalik pemerintahan,” ungkapnya.

    Pengalaman Magang

     Selama menjalani periode magang  dengan kurun waktu 4 bulan, Evan mengungkapkan banyak mendapat hal baru dan mengubah terhadap cara pandangnya juga.

    “Selama menjalani proses magang saya dipercayakan menjadi seorang Copywriter dalam direkorat IKPM tugas yang diberikan seperti membuat konten berupa informasi kepada masyarakat dengan mengangkat dari sektor perekonomian dan maritim di Indonesia, dan setelah terjun langsung, saya melihat menjadi seorang praktis komunikasi di pemerintahan punya tanggung jawab besar, karena infomrasi yang diberikan mencakup skala masyarakat luas, yang tentunya harus didukung dengan sumber yang akurat, agar bisa diterima masyarakat dengan baik,” jelasnya.

    Selain itu, Evan mengatakan diluar dari tugas utamanya, ia juga membagikan cerita mengenai kenangan berharga yang ia dapatkan selama magang.

    “Dari sekian banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan, selama menjalankan magang di Kementerian Kominfo, hal lain yang sangat berkesan dan membekas tentunya saya bisa terlibat dalam acara-acara dari Kominfo, kemudian bertemu dengan teman baru sesama anak magang, lalu ada supervisor dan tim yang hebat di dalamnya, lalu dapat bertemu dengan pejabat di Kementerian Kominfo, hingga salah satunya saya berkesempatan bertemu dan berfoto juga dengan Bapak Rudi Antara, selaku Menteri Kominfo (Periode 2014-2019), Momen itulah yang menjadi pengalaman sangat berharga dalam hidup saya, yang bisa terus dikenang,” ungkap Evan.

    Menggunakan kesempatan yang ada dengan baik

    Tentunya dengan pengalaman baru yang dilalui Evan kini membuat dirinya sangat bersyukur, sebab melalui program enrichment yang ada di BINUS, membuat ia semakin terbentuk dalam karakter, mental, dan cara padang dirinya untuk melihat kedepan. “Melihat dari yang saya dapatkan selama masa perkuliahan, semua itu sangat membantu baik dari mata kuliah yang diberikan, kemudian BINUS yang selalu menanamkan nilai integritas, untuk jujur dan profesional, menurut saya sebagai BINUSIAN, setiap kesempatan yang  ada dari BINUS harus gunakan dengan baik, karena semua akan sangat berguna selama menjalani proses kedepannya dan tidak secara langsung juga membentuk pribadi yang lebih siap,” jelasnya. Melalui adanya Program Enrichment ini, Evan sangat mendukung program unggulan yang ada di BINUS.

    Pandangan Tentang Program (2+1)+1

     Sebagai BINUSIAN, Evan juga mengungkapkan pandangannya melihat program unggulan dari BINUS yaitu Program Enrichment (2+1) +1.

    “Yang saya ketahui dari program ini, tentu tidak berbeda jauh dari sebelumnya, dan sangat menarik sekali, dimana BINUS memberikan kesempatan untuk mahasiswa bisa memiliki pengalaman belajar dengan sistem multi kampus, seperti mahasiswa yang menjalani 2 tahun kuliah di kampus asal, bisa memilih 1 tahun kuliah di kampus BINUS yang ada di kota lain, atau bisa memilih 1 tahun mengambil salah satu dari 5 peminatan enrichment,” jelasnya.

    Evan menambahkan pendapatnya melihat BINUS sebagai pionir Program Enrichment (2+1) +1 merupakan langkah yang semakin terbuka untuk mengembangkan potensi mahasiswa lebih luas lagi.

    “Tentu misalnya kalau kita mengambil pilihan multi kampus, bisa pilih dari lokasi BINUS Malang, Bandung, atau Bekasi, pasti kita bisa mendapat teman baru, yang bisa jadi koneksi kedepannya, dan juga kesempatan untuk bisa beradaptasi dengan budaya yang baru,” tuturnya.

    Melalui adanya program (2+1) +1 ini menurut Evan menjadi langkah lebih awal untuk memperisiapkan BINUSIAN yang unggul , dan terbaik untuk kedepannya. “Harapan saya dengan adanya program yang ada di BINUS, semua tujuannya untuk kita sebagai BINUSIAN yang siap dalam membina dan memberdayakan masyarakat, sesuai dengan visi yang baru, BINUS yaitu Empowering  Society and Building The Nation, bisa terwujudkan,” ungkapnya. Kemudian pesan akhir yang Evan sampaikan untuk para generasi muda dengan Don’t just focus on yourself but keep on making an impact, ia mengharapkan dalam usia yang produktif, kita tidak hanya fokus dan hanya melihat diri sendiri, namun bagaimana juga harus memiliki emphaty dan terus menjadi dampak yang positif bagi lingkungan luas.