BINUS UNIVERSITY

    10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

    MATA INDONESIA, JAKARTA – Tak hanya perguruan tinggi negeri (PTN), banyak calon mahasiswa yang juga mencari perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Indonesia untuk melanjutkan studinya.

    Nah, perguruan tinggi swasta mana yang terbaik saat ini di Indonesia? Mengutip Webometrics, terdapat 10 PTS terbaik di Indonesia. Indikator yang digunakan Webometrics untuk sistem pemeringkatan yakni Presence, Visibility, Transparency (or Openness), dan Excellence (or Scholar).

    Komponen pertama, Presence, dinilai dari jumlah halaman domain web utama sebuah institusi dengan bobot 5 persen. Kemudian, komponen Visibility dinilai dari jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke laman institusi dengan bobot 50 persen.

    Komponen ketiga, Transparency (or Opennes) dinilai dari banyaknya kutipan dari 110 authors teratas dengan bobot 10 persen. Komponen terakhir, Excellence, dinilai dari jumlah makalah diantara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip selama periode 2013 hingga 2017.

    Inilah Peguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia versi Webometrics

    1. Telkom University (Tel-U)

    Telkom University sudah dibuka sejak 2013 dan dinyatakan menjadi yang terbaik di Indonesia oleh Kementerian RIset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) pada tahun 2019. Didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom, Tel-U terletak di Bandung, Jawa Barat. Selain menjadi universitas swasta terbaik di Indonesia, Tel-U juga menempati urutan ke-5 di nasional dan peringkat 1.435 di dunia.

    2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

    Tempat kedua diduduki oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang didirikan sejak 1 Maret 1981. UMY berhasil naik 7 peringkat setelah berada di urutan ke-9 pada tahun 2019. Selain itu, di tingkat nasional UMY berada di posisi ke 11 dan peringkat 1.906 di dunia.

    3. Universitas Bina Nusantara (Ubinus)

    Universitas Bina Nusantara (Ubinus) menempati posisi ke tiga perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Pada peringkat nasional, Ubinus menempati peringkat ke -14 dan 2.111 pada peringkat dunia.

    4. Universitas Narotama (Unnar) Surabaya

    Unnar menunjukkan diri dalam pemanfaatan Informasi dan Teknologi bebasis internet di kancah Internasional. Sehingga pemeringakatan Webometrics ini menjadi salah satu pembuktian kiprah Unnar di kancah domestik maupun internasional. Selain menjadi PTS terbaik ke-4, Unnar juga menempati peringkat ke-18 secara nasional.

    5. Universitas Mercu Buana (UMB)

    Sejak Desember 2016, UMB sudah memperoleh akreditasi “A” atau Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). UMB menempati posisi ke 20 pada peringkat nasional, dan peringkat 2.674 di dunia.

    6. Universitas Gunadarma

    Universitas Gunadarma yang berlokasi di Depok, Jawa Barat. Setelah 25 tahun berdiri, Universitas Gunadarma berhasil menduduki peringkat ke-6 pada PTS terbaik di Indonesia.

    7. Universitas Islam Indonesia (UII)

    Menjadi universitas swasta tertua di Indonesia, UII berdiri pada 8 Juli 1945 dan mulanya bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang berlokasi di Jakarta. Resmi berubah nama menjadi Universitas Islam Indonesia pada tahun 1947 dan berlokasi di Yogyakarta. UII menempati posisi ke-31 pada peringkat nasional, dan peringkat 3.125 di dunia.

    8. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)

    PTS terbaik di Indonesia ke-8 ditempati oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Pada peringkat nasional, Udinus menempati posisi di bawah persis UII, yakni ke-32.

    9. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

    Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi PTS ke-2 terbaik di Jawa Timur setelah Unnar. Berurutan dengan UII dan Udinus, UMM menempati posisi ke-33 dalam peringkat nasional.

    10. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)

    Pada posisi ke-10 PTS terbaik di Indonesia ditempati oleh Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Unpar didirikan oleh pimpinan Gereja Katolik Indonesia untuk mencukupi ahli-ahli berpendidikan tinggi di Indonesia.

    Sumber : https://www.minews.id/news/10-universitas-swasta-terbaik-di-indonesia-telkom-juaranya