BINUS UNIVERSITY

    Program Studi Interior Design BINUS@BANDUNG, Perpaduan Pembelajaran Teknik Terbaik serta Kreatifitas dan Estetika

    Desain dari interior pada suatu ruangan merupakan komponen yang sangat penting untuk diperhatikan. Tidak hanya dari segi keindahan atau estetika saja, desain interior juga memperhatikan fungsionalitas sehingga para pengguna ruangan tersebut dapat beraktivitas dengan senyaman mungkin. Desain interior menekankan pada keseimbangan antara seni dan pola perilaku manusia pada suatu ruangan ataupun bangunan. Pentingnya ilmu dalam merancang interior ruangan, mendorong terciptanya sebuah bidang ilmu yang disebut Desain Interior. Di Era Revolusi Industri 4.0 ini, desain interior masih menjadi salah satu bidang ilmu yang diminati. Sentuhan humanis, orisinalitas, dan kreativitas dari seorang interior designer menjadi sesuatu yang masih terus dicari di tengah gencarnya penggunaan artificial intelligence untuk menggantikan pekerjaan manusia.

    Sebagai salah satu universitas yang adaptif dengan kemajuan teknologi, BINUS@BANDUNG menghadirkan Program Studi (prodi) Interior Design yang memadukan ilmu seni dan teknik tentang ruang dan pengolahannya serta hubungannya dengan manusia sebagai penggunanya. Prodi Interior Design BINUS@BANDUNG menekankan pada perpaduan antara kreativitas dan keahlian teknik serta keseimbangan antara fungsional dan estetika. Bagi para BINUSIAN, terdapat tiga pilihan stream atau peminatan yang dapat dipilih, yaitu Techno Interior Design, Commercial and Hospitality Design, serta Furniture and Accessories Design. Peminatan Techno Interior Design berfokus pada pemanfaatan teknologi dan software dalam melakukan proses desain interior yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

    Peminatan Commercial and Hospitality Design berfokus kepada penyiapan konsep perancangan ruang mulai dari fungsi privat sampai publk,melalui pengolahan ruang dan elemen desain interior serta menghasilkan ambience yang tepat. Kemudian, peminatan Furniture and Accessories Design berfokus pada konsep dan produksi perancangan furniture dan produk aksesoris yang memperhatikan aspek ergonomi, fungsi, estetika serta pengolahan bentuk dan eksplorasi material. Khusus untuk peminatan Commercial and Hospitality Design dan Furniture and Accessories Design, peminatan tersedia di kampus Anggrek, kampus syahdan, kampus kijang, kampus Bekasi, kampus alam sutera dan dapat diikuti oleh BINUSIAN BINUS@BANDUNG melalui Mobility Program. Mobility Program merupakan bagian dari Program (2+1)+1, dimana BINUSIAN mengikuti 2 tahun pembelajaran di BINUS@BANDUNG, 1 tahun bisa memilih kuliah di kampus BINUS di kota lain bisa di Jakarta atau Malang, dan 1 tahun program Enrichment.

    Khusus bagi BINUSIAN dari prodi Interior Design yang berminat mengambil stream Commercial and Hospitality Design atau Furniture and Accessories Design dapat mengikuti Mobility Program dimana BINUSIAN dapat belajar dengan kurikulum, fasilitas, dan berbagai hal-hal lain terkait bidang akademis dan non-akademis yang sama dengan kampus yang ada di Jakarta dan Malang. Selain itu, BINUS@BANDUNG juga menyediakan pilihan Minor Program dimana BINUSIAN dapat mengambil mata kuliah di luar program studinya. Contohnya, BINUSIAN Interior Design dapat mengambil mata kuliah dari prodi IT ataupun prodi-prodi lainnya sesuai dengan minatnya. Program ini bertujuan untuk memperkaya wawasan para BINUSIAN agar dapat semakin unggul dalam bersaing. Selain itu, melalui Minor Program ini BINUSIAN dapat menggali minat dan bakatnya di luar dari prodi utama yang diikuti.

    Prospek karir yang dapat digeluti oleh BINUSIAN lulusan prodi Interior Design antara lain Interior Design Consultant, Interior Design Contractor, Furniture and Home Accessories Designer, Manufacturer of Interior Product and Accessories, Product Designer, Workshop Owner, Gallery Owner, Visual Merchandiser, Design Book Writer dan masih banyak lagi. BINUS@BANDUNG berharap dapat terus melahirkan designer-designer yang berwawasan luas, mampu beradaptasi dengan perubahan, serta kreatif dan inovatif tanpa melupakan sisi kemanusiaan dari seni dan teknik mendesain.