BINUS UNIVERSITY

    Program Studi Creativepreneurship BINUS@BANDUNG Siap Lahirkan Wirausaha-Wirausaha Muda Kreatif

    Era Revolusi Industri 4.0 yang saat ini sedang terjadi, mendorong munculnya berbagai teknologi baru yang semakin canggih. Teknologi-teknologi seperti Internet of Things (IoT) dan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan, buatan kini hadir untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dulu harus dilakukan oleh tenaga manusia ahli. Meski begitu, sumber daya manusia tetap dapat unggul bersaing dengan menajamkan softskill­nya. Di tahun 2020, softkill nomor satu yang paling dicari adalah kreativitas (Anderson, 2020). Tantangan dalam menajamkan kreativitas adalah tidak adanya suatu pedoman yang gamblang dan satu standar yang dapat diikuti oleh semua orang, masing-masing individu memiliki jalannya sendiri untuk memaksimalkan kreativitasnya.

    BINUS UNIVERSITY sebagai perguruan tinggi yang mempunyai visi membina dan memberdayakan Indonesia dan dunia, hadir untuk menjawab tantangan tersebut melalui program studi Creativepreneurship. Program Studi Creativepreneurship diluncurkan pertama kali di BINUS@BANDUNG dan merupakan perwujudan komitmen untuk membina kreativitas para generasi muda sekaligus memberdayakan potensi kewirausahaan yang tinggi di kota Bandung, Jawa Barat. Studi mengeksplorasi Creativepreneurship sebagai gaya kepemimpinan bisnis yang menggabungkan komersialisasi teknologi informasi dan komunikasi dengan kecakapan berwirausaha secara praktis, berpengetahuan, berketerampilan dan bersikap, mengkreasikan ide bisnis baru yang inovatif, menumbuh kembangkan bisnis secara etis dan berkelanjutan, meningkatkan nilai perusahaan, serta aktif berkontribusi bagi masyarakat luas.

    Dalam mengimplementasikan berbagai hal tersebut, Program Studi Creativepreneurship menyelenggarakan teknik pembelajaran Experiential Learning, Entrepreneurship Living Laboratory, komersialisasi dan Market Testing, Investor Pitch, Mentoring dan Flipped-Classroom. Tidak hanya itu, untuk memperkaya wawasan dan kreativitas para BINUSIAN, BINUS@BANDUNG juga menghadirkan dua program unggulannya, yaitu Mobility Program dan Minor Program. Mobility Program adalah bagian dari Program (2+1)+1, dimana BINUSIAN dapat mengikuti 2 tahun pembelajaran di BINUS@BANDUNG, 1 tahun di kampus GREATER JAKARTA atau BINUS@MALANG, dan 1 tahun program Enrichment.

    Melalui Mobility Program, BINUSIAN dapat belajar dengan kurikulum, fasilitas, dan berbagai hal-hal lain terkait bidang akademis dan non-akademis yang sama dengan kampus BINUS@GREATER JAKARTA. Kemudian, BINUSIAN Program Studi Creativepreneurship BINUS@BANDUNG juga dapat mengambil Minor Program, dimana mahasiswa/I dapat mengikuti mata kuliah yang di luar program studinya. Minor Program ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan BINUSIAN agar dapat memaksimalkan kreativitasnya Ketika sudah berwirausaha nanti.

    Dengan belajar di Program Studi Creativepreneurship BINUS@BANDUNG dan berpartisipasi dalam Mobility serta Minor Program, BINUSIAN sudah lebih siap untuk menempuh cita-citanya sebagai Creativepreneur, Business Developer, Intrapreneur, Business Planner, Business Consultant, Venture Capitalist, Business Leader, Business Facilitator, Cyberpreneur, Business Innovator, eCommerce Specialist, Sociopreneur, Technopreneur, ataupun sebagai Business Analyst. Kedepannya dengan Program Studi Creativepreneurship, BINUS@BANDUNG akan semakin banyak melahirkan wirausaha-wirausaha kreatif yang mampu berkontribusi untuk Indonesia dan dunia. Kreativitas dan potensi wirausaha, baik di Bandung maupun di Indonesia, juga diharapkan akan semakin tereksplor dengan maksimal dan semakin jaya di era digital ini.