BINUS UNIVERSITY

    Prodi Visual Communication Design BINUS@BANDUNG Siap Menjawab Tantangan Era Digital dalam Industri 4.0

    Kreativitas adalah salah satu kunci utama dalam kesuksesan di Era Revolusi Industri 4.0, baik itu untuk organisasi, perusahaan, maupun individu-individu yang ada di dalamnya. Era digital yang berkembang dalam Industri 4.0 ini mendorong perusahaan-perusahaan untuk semakin kreatif dan inovatif dalam menjalankan bisnisnya. Berbagai aspek mulai dari pelayanan, produk, pemasaran, hingga tampilan estetika perusahaan, harus dibuat secara kreatif untuk menarik pelanggan di target pasarnya masing-masing (Septiana, 2020) Dalam memenuhi aspek visual serta tampilan perusahaan yang kreatif, dibutuhkan tenaga-tenaga ahli yang mampu menjawab tantangan untuk memadukan estetika kesenian, pengetahuan akan perusahaan dan pasar, dan juga hal-hal teknis lainnya.

    Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan bidang ilmu yang mempelajari perpaduan kesenian, teknik desain, serta pemahaman akan pasar dan customer. Dalam mencapai tujuan untuk menghasilkan tenaga perancang komunikasi visual yang diakui secara nasional, menguasai keahlian dalam teknologi kreatif, dengan tetap mengangkat nilai-nilai kearifan lokal (khususnya Jawa Barat) sebagai ciri khasnya, BINUS UNIVERSITY@BANDUNG hadir dengan program studi (prodi) Visual Communication Design (DKV). Prodi DKV BINUS@BANDUNG berinovasi dengan Menyusun kurikulum yang menggabungkan pembelajaran new media, creative advertising, dan animation. Dengan begitu, BINUSIAN DKV BINUS@BANDUNG dapat memiliki wawasan yang lebih luas dan menyeluruh.

    Prodi DKV BINUS@BANDUNG mempunyai empat peminatan yang dapat dipilih, yakni 2D+ Animation, New Media, dan Creative Advertising. Peminatan Animasi 2D+ di Binus @Bandung memiliki fokus pada kekuatan narasi dan storytelling, dengan titik berat upaya menterjemahkan nilai-nilai kearifan lokal dalam konteks kekinian. Peminatan New Media memberikan kemampuan unik terkait teknologi informasi yang dapat mendukung pengembangan ilmiah bidang Desain Komunikasi Visual khusunya di area Desain Digital, Interaktif dan Media Cetak. Kemudian, peminatan Animation memberikan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa untuk melengkapi pengetahuan mereka terkait kreativitas, estetika, teknologi, dan model bisnis untuk mendukung industri grafis, khususnya dalam animasi 3Dimensional.

    Peminatan membekali siswa dengan pengetahuan di bidang komunikasi visual kreatif, signifikansi sejarah dan budaya, dan teknologi. Bidang kajian tersebut akan memberikan landasan yang kuat bagi tiap siswa pada bidang keahlian yang bersifat praktik maupun untuk kebutuhan studi yang lebih lanjut. Khusus untuk peminatan Animation, New Media, dan Creative Advertising, BINUSIAN BINUS@BANDUNG dapat mengambilnya dengan mengikuti Mobility Program ke kampus yang ada di GREATER JAKARTA. Mobility Program merupakan program dimana BINUSIAN dapat belajar dengan kurikulum, fasilitas, dan berbagai hal-hal lain terkait bidang akademis dan non-akademis yang sama dengan kampus yang ada di GREATER JAKARTA.

    Selain itu, BINUS@BANDUNG juga menyediakan pilihan Minor Program dimana BINUSIAN dapat mengambil mata kuliah di luar program studinya. Program ini bertujuan untuk memperkaya wawasan para BINUSIAN agar dapat semakin unggul dalam bersaing. Selain itu, melalui Minor Program ini BINUSIAN dapat menggali minat dan bakatnya di luar dari prodi utama yang diikuti. Setelah lulus dari prodi DKV BINUS@BANDUNG, BINUSIAN dapat menempuh berbagai pilihan karier seperti, Illustrator, komikus, photographer, concept artist, social media artist, digital entrepreneur, dan independent artist. Kedepannya melalui prodi Visual Communication Design BINUS@Bandung akan semakin banyak desainer-desainer muda yang kreatif, mampu melestarikan kearifan lokal dalam karya seninya, serta menciptakan karya dan lapangan pekerjaan yang mampu memberdayakan dan membina Nusantara dan dunia.