BINUS UNIVERSITY

    Pentingnya Membangun Kompetensi Komunikasi di Era Industri 4.0

    Komunikasi merupakan pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Prinsip dasar komunikasi adalah mengarahkan seseorang atau kelompok demi memperoleh pemahaman yang sama dan mengembangkan kebersamaan. Komunikasi menjadi sangat penting dalam kehidupan bersama. Segala sesuatu perlu untuk dikomunikasikan agar maksud atau ide, gagasan dan informasi dari seseorang dapat dimengerti oleh orang lain (Silubun, 2019). Pentingnya komunikasi mendorong terbentuknya program studi komunikasi yang hingga saat ini banyak digemari di berbagai universitas di dunia.

    Memasuki Era Revolusi Industri 4.0, bidang ilmu komunikasipun harus bertransformasi untuk menyesuaikan kebutuhan dalam industri. Berbagai teknologi baru yang tercipta, seperti artificial intelligence (AI), robotic, dan big data mendorong para profesional untuk menguasai teknologi-teknologi tersebut agar dapat memanfaatkannya untuk menunjang pekerjaannya sehari-hari. Oleh karena itu, program studi komunikasi harus menyesuaikan kurikulumnya dengan keadaan di Era Industri 4.0. BINUS UNIVERSITY sebagai perguruan tinggi yang selalu bertekad untuk berinovasi seiring dengan perkembangan zaman, menghadirkan program studi (prodi) Communication di kampus BINUS@MALANG.

    Prodi Communication BINUS@MALANG adalah studi interdisipliner yang unik, mengintegrasikan linguistik, sosiologi, psikologi, antropologi, politik, dan ekonomi. Program studi ini mengkaji proses komunikasi manusia mulai dari konseptualisasi ide, penyampaian, hingga penerimaan pesan verbal dan nonverbal. Mahasiswa akan belajar tentang bagaimana berkomunikasi secara efektif baik secara langsung (face to face) dan melalui berbagai media (media massa, elektronik, digital). BINUSIAN prodi Communication BINUS@MALANG juga turut dibekali dengan keterampilan entrepreneurship untuk semakin memperkaya kompetensinya. Selain kurikulum yang telah disesuaikan dengan kebutuhan industri terkini, BINUSIAN BINUS@MALANG juga dapat mengikuti Mobility Program serta Minor Program.

    Kedua program ini merupakan inovasi yang bertujuan untuk memaksimalkan kompetensi BINUSIAN, membuka kesempatan untuk memperluas koneksi, serta memberikan pengalaman belajar di tempat dan suasana yang berbeda. Mobility Program merupakan bagian dari Program (2+1)+1, dimana BINUSIAN mengikuti 2 tahun pembelajaran di BINUS@MALANG, 1 tahun di kampus kota lain, dan 1 tahun program Enrichment. Melalui program ini, BINUSIAN dapat belajar dengan kurikulum, fasilitas, dan berbagai hal-hal lain terkait bidang akademis dan non-akademis yang sama dengan kampus GREATER JAKARTA.

    Program Minor adalah program dimana mahasiswa/I dapat mengikuti mata kuliah yang di luar program studinya. Minor Program ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan BINUSIAN agar semakin kompeten dalam berbagai bidang. Setelah menyelesaikan pembelajaran di prodi Communication BINUS@MALANG, BINUSIAN dapat menempuh pilihan karier sebagai Intercultural and Interpersonal Communication Practitioner (Auditor Communication, Counsellor, Brand Consultant, Ambassador), Public Speaker (Master of Ceremony, TV Presenter, Host, Reporter, News Caster).

    Selain itu, BINUSIAN juga dapat menempuh karier sebagai Content Creator / Influencer (Youtuber, Blogger, Vlogger, Content Writer, Photojournalist), Business Owner (Production House Owner, Digital Campaign Business, TV Owner, Radio Owner, Editor, Photographer). BINUSIAN lulusan prodi Communications BINUS@MALANG kedepannya diharapkan dapat menjadi profesional di bidang komunikasi yang mampu beradaptasi dan berinovasi di Era Industri 4.0 dan juga di era-era seterusnya. Kompetensi dan keunggulan BINUSIAN juga diharapkan mampu menciptakan berbagai opportunity yang dapat membina dan memberdayakan masyarakat luas.