BINUS UNIVERSITY

    Pentingnya Kompetensi Global, Digital, dan Kreatif Seorang Public Relation di Era Industri 4.0

    Public Relations (PR) adalah jenis pekerjaan yang biasanya mengurus segala hal terkait dengan komunikasi, baik dalam atau luar perusahaan. Tugas seorang PR adalah memastikan citra perusahaan di mata masyarakat tidak buruk (Chandra, 2018). Peran PR tentunya sangatlah penting sehingga dibutuhkan keterampilan dan keahilan yang mumpuni. Pada Era Revolusi Industri 4.0 saat ini, sektor PR juga terpengaruh oleh terciptanya berbagai teknologi seperti internet of things (IoT), artificial intelligence (AI), human-machine interface, cloud, computer quantum, 3D printing, augmented reality dan virtual reality (AR/VR), hingga mixed reality. Lahirnya berbagai teknologi yang dapat menggantikan banyak pekerjaan yang tadinya harus dilakukan oleh manusia tersebut, menuntut sektor PR untuk bertransformasi agar tidak dapat digeser oleh mesin.

    Menjawab tantangan untuk mengasilkan tenaga-tenaga profesional di bidang PR yang mampu beradaptasi di Era Industri 4.0, BINUS UNIVERSITY menghadirkan program studi (prodi) Public Relations yang berada di kampus BINUS@MALANG. Prodi Public Relations bertekad untuk menyiapkan generasi muda untuk memiliki kemampuan profesional dalam menjalin relasi dengan publik dengan keterampilan dan keahlian terintegrasi dan kolaboratif dengan para stakeholders berbasis teknologi komunikasi sesuai tuntutan industri, terutama dalam era digital dalam Industri 4.0. BINUSIAN prodi Public Relations dapat memilih satu dari antara dua peminatan yang ditawarkan, yakni Corporate Public Relations dan Marketing Public Relations.

    Peminatan Corporate Public Relations berfokus pada keterampilan dalam mengelola komunikasi perusahaan sehingga menjadi jembatan antara perusahaan dengan masyarakat, pemerintah dan organisasi lainnya. Sementara itu, Peminatan Marketing Public Relations berfokus pada ketrampilan komunikasi pemasaran, seperti program kemunikasi yang berperan pada branding produk atau personal branding serta pengelolaan event pemasaran. BINUS@MALANG juga menghadirkan program yang dapat memperluas wawasan dan jaringan BINUSIAN sebagai calon profesional di bidang PR.

    Program yang pertama adalah Mobility Program, dimana BINUSIAN berkesempatan untuk belajar di kampus kota lain. Melalui program ini, BINUSIAN dapat belajar dengan kurikulum, fasilitas, dan berbagai hal-hal lain terkait bidang akademis dan non-akademis yang sama dengan kampus di GREATER JAKARTA. Program selanjutnya yang dapat diikuti oleh BINUSIAN adalah Minor Program, dimana mahasiswa/I dapat mengikuti mata kuliah yang di luar program studinya. Minor Program ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan BINUSIAN agar dapat memahami lebih banyak sektor industri atau bidang ilmu yang dapat bermanfaat ketika menjadi seorang PR kelak.

    Peluang karier yang dapat ditempuh oleh BINUSIAN lulusan prodi Public Relations antara lain, Public Relations Executive, Public Relations Consultant, Strategic Planner, Spoke Person Expert, Branding and Social Media Strategist, Influencer, Event Planner & Consultant, Marketing Communication, dan Campaign Expert. Kedepannya, BINUSIAN diharapkan dapat menjadi PR di Era Industri 4.0 yang memiliki kompetensi global, memahami era digital, kreatif, dan inovatif. Binusian diharapkan juga mampu memaksimalkan perannya sebagai PR untuk berkontribusi secara positif untuk membina dan memberdayakan bangsa dan negara Indonesia, serta dunia global.