BINUS UNIVERSITY

    Menjawab Kebutuhan Industri akan Pengolahan Data, BINUS UNIVERSITY Resmikan Dua Prodi Baru

    Jakarta, 1 Agustus 2020 – Saat ini, data merupakan komoditas utama dalam industri di era digital ini. Keberadaannya bahkan lebih dibutuhkan daripada komoditas minyak, yang seabad lalu merupakan komoditas paling dicari (Iskandar, 2019). Data dapat digunakan untuk memahami perilaku seseorang, terutama dalam perilakunya menggunakan internet. Suatu perusahaan dapat memahami apa yang menjadi preferensi konsumennya, kapan konsumennya melakukan pembelajaan, dan perilaku-perilaku lainnya sehingga akan menguntungkan perusahaan tersebut dalam menjual produknya. Dengan semakin meningkatnya peranan data tersebut, maka kebutuhan akan tenaga yang ahli dalam pengolahan data juga semakin meningkat tajam. Industri saat ini sedang gencar-gencarnya merekrut para tenaga kerja dengan keterampilan data science dan business analysis.

    BINUS UNIVERSITY, dalam menjalankan komitmennya memberdayakan dan membina Nusantara, telah meluncurkan dua program studi baru, yakni Data Science dan Business Analytics. Tujuan utamanya adalah untuk menjawab kebutuhan industri akan tenaga ahli di kedua bidang tersebut dan juga dalam menyikapi transformasi dalam pengolahan data. Peluncuran kedua program baru ini secara resmi dilaksanakan dalam acara “Peluncuran Program Baru dan Talkshow – Data Science dan Business Analytics” pada tanggal 1 Agustus 2020. Acara ini dilaksanakan via Zoom Webinar dan diawali dengan acara talkshow berjudul “Strategi Meningkatkan Nilai Tambah untuk Keputusan Bisnis di era New Normal”. Setelah acara talkshow, rangkaian acara dilanjutkan dengan pemutaran video Program Baru Data Science dan Business Analytics BINUS UNIVERSITY.

    Dengan berakhirnya video tersebut, maka Program Studi Data Science yang berada di bawah School of Computer Science dan Program Studi Business Analytics yang berada di bawah School of Information Systems, telah resmi diluncurkan dan siap diimplementasikan pada tahun 2021. Selain itu, acara juga dimeriahkan oleh para alumni BINUS UNIVERSITY dan pelaku industri yang turut menyampaikan ucapan selamat dan harapannya untuk kedua program baru ini. Setelah itu, Bapak Dr. Ir. Alexander Agung Santoso Gunawan, S.Si., M.T., M.Sc., IPM, CIRR selaku Head of Data Science Program hadir memberikan penjelesannya mengenai Program Studi (prodi) Data Science BINUS UNIVERSITY. Dalam presentasinya, Bapak Alex menjelaskan mengenai prospek karier data science yang merupakan keterampilan yang paling dicari serta bagaimana jenjang karirnya.

    Kemudian, Bapak Alex juga menjelaskan pekerjaan dan peranan data scientist, perbedaannya dengan business analyst, kurikulum prodi Data Science di BINUS UNIVERSITY, dan sertifikasi cloud untuk Binusian prodi Data Science. Selanjutnya, Dr. Yohannes Kurniawan, S.Kom., S.E., MMSI. selaku Dean School of Information Systems hadir untuk memberikan pemaparannya mengenai prodi Business Analytics. Bapak Yohannes mengawali presentasinya dengan tantangan-tantangan terkait dengan data yang memicu lahirnya inisiatif program Business Analytics. Kemudian, Bapak Yohannes juga memaparkan mengenai pengelolaan data dan analisa prediktif yang menjadi fokus kurikulum Business Analytics. bagaimana analisa bisnis berfokus pada insight dari customer, dan prospek karier lulusan prodi Business Analytics. Setelah itu, Bapak Yohannes juga membagikan media sosial School of Information Systems untuk mendapatkan berbagai wawasan yang lebih mendalam mengenai prodi-prodi di School of Information Systems BINUS UNIVERSITY.

    Acara peluncuran kemudian dilanjutkan dengan pemaparan beasiswa BINUS UNIVERSITY oleh Bapak Tjiatno Indra selaku Marketing Manager BINUS UNIVERSITY. Terdapat berbagai bentuk beasiswa yang bisa didapat melalui Tes Potensi Keberhasilan Studi (TPKS) dan juga dari prestasi-prestasi terdahulu para calon Binusian. Kemudian acara ditutup dengan kuis Kahoot! mengenai trivia BINUS UNIVERSITY yang diikuti oleh para peserta acara. Dengan diluncurkannya kedua program baru ini, diharapkan akan lahir talenta-talenta serta tenaga ahli di bidang data science dan business analytics yang dapat memberikan kontribusi serta dampak positif. Ilmu dan keterampilan yang didapat juga diharapkan dapat diimplementasikan dengan integritas serta profesionalitas yang tinggi. Dengan kedua program ini juga, diharapkan BINUS UNIVERSITY dapat berkontribusi mengurangi jarak antara kebutuhan industri dengan keterampilan dari para lulusan perguruan tinggi di Indonesia