BINUS UNIVERSITY

    Menjadi Sineas Berkompetensi Global bersama Prodi Film BINUS UNIVERSITY

    Jakarta, 24 Agustus 2020 – Dunia perfilman merupakan dunia yang selalu dinamis. Semenjak diputarnya film pertama di dunia pada tahun 1895 di Paris, Perancis hingga saat ini, dunia perfilman terus mengalami perubahan. Pada mulanya, perubahan terjadi pada sisi teknis, seperti kamera yang beralih dari kamera film ke kamera digital. Perubahan kemudian terus berlanjut hingga cara pendistribusian film yang mengikuti perkembangan teknologi informasi. Saat ini, bioskop yang biasa menjadi pusat pendistribusian film-film terbaru, harus bersaing dengan layanan streaming yang merupakan platform digital.

    Perubahan dari segi teknis dan non-teknis dalam dunia perfilman, harus diimbangin dengan edukasi yang juga dinamis bagi calon-calon pelaku industri perfilman. Program studi perfilman saat ini sudah banyak tersedia di berbagai perguruan tinggi di seluruh belahan dunia. BINUS UNIVERSITY, sebagai perguruan tinggi yang selalu adaptif dengan dinamika zaman, turut menghadirkan program studi (prodi) Film yang sistem pembelajarannya disesuaikan dengan kebutuhan industri perfilman modern. Prodi Film BINUS UNIVERSITY, berada di bawah School of Design dan tersedia di BINUS@GREATER JAKARTA yang terletak di kampus BINUS @Alam Sutera.

    Prodi Film BINUS UNIVERSITY berfokus pada penerapan teknis pembuatan film yang bernilai estetis, mengelola pembuatan film secara profesional sesuai dengan standar profesional industri perfilman, wawasan mengenai isu-isu sosial dan budaya yang menjadi penggerak cerita, serta wawasan bisnis per filman yang sesuai dengan tren dan industri pada era digital saat ini. Prodi Film BINUS UNIVERSITY juga turut menekankan pentingnya engagement antara pembuat film dengan audiensnya supaya pesan dan perasaan dari film dapat benar-benar tersampaikan.

    Dalam mewujudkan berbagai keterampilan tersebut, BINUS UNIVERSITY telah menyusun suatu kurikulum yang bersifat menyeluruh dengan mata kuliah seperti History of Art, Film Literacy, Sound and Image, Visual Storytelling Elements, Scriptwriting, History of Indonesian Cinema, Production Design, New Media Production, Film Theories, Music for Film, dan masih banyak lagi. Selain itu, BINUSIAN prodi Film juga mendapatkan mata kuliah wajib yang bertujuan untuk mendidik karakter dan keterampilan wirausahanya, yaitu mata kuliah Entrepreneurship: Ideation, Entrepreneurship: Market Validation, Character Building Pancasila, Kewarganegaraan, serta Agama.

    Setelah mengikuti perkuliahan di kelas selama 4 semester, BINUSIAN akan mengikuti Enrichment Program yang bertujuan untuk memperkaya wawasan dan menambah pengalaman BINUSIAN dalam bekerja langsung di lapangan, baik itu di perusahaan, komunitas, maupun dalam menjadi entrepreneur di industri perfilman. Setelah lulus dari prodi Film BINUS UNIVERSITY, BINUSIAN dapat menempuh karier menjadi insan perfilman sebagai Produser Film, Sutradara Film, Penulis Naskah, Kritikus Film, Akademisi Film, Digital Content Creator, Jurnalis Film, Film Publicist, serta masih banyak pilihan prospek karier lainnya. BINUSIAN lulusan prodi Film diharapkan mampu menuangkan ilmu-ilmu yang sudah didapatkan ke dalam karya-karya yang apik, menyentuh, dan berdampak bagi masyarakat luas. Melalui produksi film yang dihasilkan, pesan-pesan sosial yang mendidik juga diharapkan dapat tersampaikan dengan kemasan yang menghibur dan approachable.