BINUS UNIVERSITY

    Intip Dulu Yuk Informasi Selengkapnya Program Studi DKV Creative Advertising BINUS dan 5 Prospek Karir Terbaik!

    Jakarta, 17 Agustus 2020 – Kegiatan advertising saat di era serba digital menjadi hal yang sangat penting dilakukan untuk membuat informasi yang menarik tentang barang dan jasa yang dihasilkan produsen ke konsumen dalam sebuah kegiatan bisnis. Salah satu advertising yang bisa dilakukan adalah penggunaan iklan baik tradisional maupun digital yang bisa membantu pemasaran secara cepat dan terukur melalui berbagai media, diantaranya internet, radio, koran, SMS, email, dan lain sebagainya.

    Advertising (periklanan) adalah sebuah bagian umum dari program studi Komunikasi dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Advertising merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dunia DKV dimana komunikasi secara visual sangat dibutuhkan untuk menyampaikan maksud dan tujuan seorang pemilik produk kepada publik. Advertising menyediakan informasi mengenai suatu produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan bagi masyarakat. Hal ini penting agar masyarakat memiliki pengetahuan mengenai produk yang mereka butuhkan. Melalui hal ini, periklanan juga berperan penting dalam meningkatkan penjualan perusahaan. Tanpa adanya advertising, masyarakat tidak memiliki informasi mengenai produk yang mereka butuhkan, begitu juga perusahaan yang produknya tidak akan laku apabila tidak diiklankan. Hal ini membuat lulusan Program Studi Periklanan sangat diminati oleh banyak perusahaan.

    Saat ini di Indonesia memiliki universitas yang menyediakan program studi Desain Komunikasi Visual – Creative Advertising agar kita bisa mendapatkan ilmu-ilmu tentang komunikasi visual dalam bentuk advertising. Salah satu diantaranya adalah Program Studi Desain Komunikasi Visual – Creative Advertising di BINUS UNIVERSITY. Namun, sebelum kita menempuh pendidikan di perguruan tinggi untuk mengambil Program Studi Desain Komunikasi Visual – Creative Advertising tentunya kita harus mengenal terlebih dahulu secara garis besar tentang Program Studi Desain Komunikasi Visual – Creative Advertising.

    Mata Kuliah

    Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di Program Studi Desain Komunikasi Visual – Creative Advertising di BINUS UNIVERSITY antara lain: Character Building : Pancasila, Computer Graphic, Material and Colors in Visual Design, Drawing for Design, Typography, English in Focus, English for Business Presentation, Character Building : Kewarganegaraan, Visual Communication Design Reviews, Photography, Visual Communication Graphic, Computer Graphic, Entrepreneurship : Ideation, English Savvy, English for Written Business Communication, Character Building : Agama, Indonesian Language, Eastern Art Review, Western Art Review, Ilustration Design, Photography for Commercial Project, Aesthetics, Visual Making Project, Audio Visual (Pre-Production and Production), Marketing and Consumer Behavior, Advertising Media, Ideation and Art Direction, Creative Writing for Commercials, Entrepreneurship : Market Validation, Design Methods, New Media, Professional Designer Class, Digital Advertising, Audio Visual (Post Production), Creative Visual for Campaign, Enrichment Program, dan Thesis. (ca.binus.ac.id)

    Prospek Karir

    Prospek yang ditawarkan prodi ini terbilang sangat bagus mengingat pertumbuhan belanja iklan di Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya. Perkembangan teknologi dan semakin beragamnya produk-produk yang dijual membuat kebutuhan akan profesional di bidang Creative Advertising semakin dibutuhkan.

    1. Art Director: seseorang yang bertanggung jawab atas tampilan visual secara keseluruhan di berbagai media seperti majalah, koran, kemasan, film bahkan produksi televisi. Sosok Art Director yang membuat keseluruhan desain untuk sebuah proyek serta memberi arahan kepada tim yang ikut bekerjasama dalam membuat layoutatau artwork. Art Director bisa saja bekerja di public relations firm, advertising, koran, majalah, bahkan industri motion picture dan video.
    2. Content Writer: bagian dari content creator, namun lebih spesifik, yakni membuat konten berupa tulisan. Konten tersebut bisa untuk berbagai jenis media dan platform, namun umumnya adalah platform digital.
    3. Graphic Designer: seorang graphic designer memiliki tugas mendesain atau membuat grafis untuk memenuhi kebutuhan komersial atau promosi khusus, seperti kemasan, display, logo, atau iklan. Menggunakan berbagai aplikasi software dan media untuk mencapai efek artistik atau dekoratif.
    4. Illustrator: seseorang yang bertugas dalam mendesain sebuah karya ilustrasi yang akan ditampilkan di buku pustaka, iklan, website, majalah, koran, komik, kemasan produk, atau lainnya. Selain itu seorang illustrator juga bertugas untuk menampilkan karya-karya ilustrasi di media sosial sebagai sebuah alat promosi.
    5. Creative Entrepreneur: seseorang yang ada di industri kreatif dengan memulai atau menjual bisnisnya menggunakan ide kreatif, biasanya berupa seni atau desain sebagai tolok ukur utamanya.

     

    BINUS UNIVERSITY hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di program studi Desain Komunikasi Visual – Creative Advertising dengan memberikan pendidikan kreatif yang baik bagi insan kreatif masa depan di industri periklanan, memungkinkan mereka untuk bekerja sama dalam tim kreatif untuk menghasilkan desain visual kontemporer terbaik untuk periklanan.

    Pada Program Studi Desain Komunikasi Visual – Creative Advertising BINUS UNIVERSITY, mahasiswa akan belajar bagaimana karya seni desain komunikasi visual tercipta, dan juga tentang rumusan ide-ide kreatif yang dibutuhkan dalam iklan yang didasarkan pada teori desain dan berperspektif sejarah.

    Selain itu, BINUS UNIVERSITY akan membantu mahasiswa memperkuat kemampuan desain dan kreasi ide mereka dengan juga memberikan kelas pengenalan pemasaran, psikologi konsumen, copywriting, dan media. Dengan begitu, siswa akan memiliki pemahaman yang baik tentang kampanye komersial yang lengkap dan menyeluruh.

    Program studi Desain Komunikasi Visual – Creative Advertising tersedia di BINUS@Kemanggisan dan BINUS@Alam Sutera.

    Ingin menjadi lulusan yang kreatif, inovatif dan produktif di bidang advertising dan memiliki karir yang cemerlang? Ayo kuliah di BINUS UNIVERSITY untuk dapat mengoptimalkan kemampuan dan keterampilan kamu dalam berkarya!