BINUS UNIVERSITY

    Ingin Memasuki Jurusan Sastra Inggris? Kenali Lebih Dulu Mata Kuliah, Prospek Karir!

    Seiring berkembangnya dunia, Era Globalisasi ini semakin berpengaruh di semua aspek kehidupan seperti teknologi, transportasi, pendidikan, dan lainnya. Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa asing merupakan faktor penting bagi kelangsungan hidup di masa depan. Karena Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Kemampuan berbahasa asing dapat diperoleh melalui lembaga pendidikan berbahasa inggris atau menempuh perguruan tinggi dengan memilih jurusan sastra Inggris.

    Adapun keunggulan yang dimiliki oleh para lulusan Sastra Inggris yaitu dapat mempelajari lebih dalam tentang bahasa Inggris, sehingga dapat menggunakan bahasa Inggris dengan tepat seperti dapat menggunakan grammar dengan benar dan tepat dalam pelafalan. Selain itu, mahasiswa akan mendapat perluasan wawasan mengenai kebudayaan manusia, cara manusia modern berpikir dan berperilaku budaya, serta secara tertata mengkritisi akses-akses dari budaya yang semakin mengglobal. Wawasan tersebut ternyata sangat dibutuhkan oleh dunia, khususnya dalam kancah perdagangan dunia yang semakin kompetitif.

    Mata Kuliah

    Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di jurusan sastra inggris antara lain: Dasar-dasar Linguistik Bahasa Inggris, Pengkajian Prosa Inggris, Penulisan Kreatif dalam Bahasa Inggris, Pengantar Analisis Wacana Bahasa Inggris, Kajian Film dan Media Berbahasa Inggris, Fonetik dan Fonologi Bahasa Inggris, Kajian Drama dan Teater Inggris, dan masih banyak lagi. (Rencanamu.id)

    Mata kuliah yang telah dipelajari diatas, akan memberi kemudahan mahasiswa lulusan sastra inggris dalam menguasai segala literatur berbahasa Inggris mulai dari teks, pelafalan grammar, hingga berbicara dengan bahasa inggris. Dengan ini, mahasiswa lulusan Sastra Inggris akan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat baik, dijadikan sebagai bekal menunjang karir di masa depan untuk bisa berkomunikasi dengan lancar ke banyak orang dari seluruh dunia.

    Prospek Karir

    Mengingat bahasa Inggris mendominasi segala aspek dalam banyak hal khususnya dalam bidang komunikasi sehingga lulusan sastra inggris akan semakin dibutuhkan. Setelah lulus dari perguruan tinggi dengan sudah dibekali ilmu, mahasiswa lulusan sastra inggris dapat bekerja di berbagai bidang seperti:

    1. Pengajar : mahasiswa lulusan sastra inggris, tentu dapat menjadi pengajar bahasa asing yang baik contohnya guru, dosen, maupun instruktur kursus, di lembaga pendidikan.
    2. Penulis : lulusan sastra bahasa asing bisa menjadi penulis dengan terlibat secara aktif dalam menciptakan dan mengembangkan karya fiksi dan non-fiksi. Selain itu, perusahaan new media juga membutuhkan banyak membuka kesempatan untuk para penulis di segala macam bidang seperti copywriterataupun content writer.
    3. Editor : dengan berkembangnya industri media cetak dan digital, kebutuhan seorang editor juga semakin bertambah setiap waktu. Banyak sekali naskah terjemahan dari penulis mancanegara yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, lulusan sastra asing sangat tepat untuk mengisi pekerjaan ini.
    4. Penerjemah : lulusan sastra bahasa asing memiliki kesempatan bagus untuk bisa masuk ke dunia translation, baik itu dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk lisan. Menariknya, mahasiswa bahasa asing seringkali dijadikan ‘kamus berjalan’ oleh teman-teman jurusan lain. Jika sejak kuliah saja sudah dibutuhkan, apalagi jika sudah lulus, bukan?
    5. Ahli Bahasa : menjadi seorang ahli bahasa merupakan kesempatan emas untuk para lulusan sastra asing, terutama yang sewaktu kuliah lebih memilih konsentrasi linguistik. Tugas seorang ahli bahasa di antaranya melakukan logika pembentukan kata di dalam suatu bahasa, meneliti interaksi unsur bahasa, hingga meneliti hubungan antara satu bahasa dengan bahasa yang lain.
    6. Wartawan Media Cetak (Koran dan Majalah) : lulusan bahasa asing juga bisa menjadi wartawan media cetak seperti Koran dan majalah. Jurnalisme Koran dan majalah saat ini multi-platform, sehingga keterampilan di dalam bidang teknologi informasi kian dihargai. Banyak koran besar di Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris dalam penulisan artikelnya seperti The Jakarta Post, Kompas dan Tempo.
    7. Pemandu Wisata/Tour Guide : lulusan sastra asing yang mempunyai hobi travelling, menjadi tour guideadalah bidang yang cukup menjanjikan. Pekerjaan ini membutuhkan skill bahasa yang baik. Karena menjadi seorang Tour guideakan berkomunikasi dengan para turis, baik itu lokal, maupun mancanegara.
    8. Bekerja di Perusahaan Multinasional : lulusan bahasa asing fleksibel untuk bekerja di perusahaan multinasional dengan apapun posisi pekerjaan di dalam perusahaan baik sebagai manajer, direktur, maupun staf, tentu tetap membutuhkan kemampuan dalam berbahasa Inggris yang baik.
    9. Public Relations : lulusan bahasa asing yang suka berkomunikasi juga bisa menjadi Public Relationlho! Sekarang ini nggaksedikit lulusan sastra asing yang bisa kerja di bidang ini. Bidang ini memiliki tujuan untuk mendapatkan pemahaman dan dukungan untuk klien, serta mempengaruhi opini publik.
    10. Staf Diplomatik : Banyak yang menyangka untuk bekerja di kedutaan besar, haruslah lulusan dari Hubungan Internasional. Banyak lulusan bahasa asing yang diterima dan bekerja di kedutaan besar. Biasanya, lulusan bahasa asing ditempatkan sebagai tenaga pengajar, editor atau staf penerjemah.

    BINUS University juga memiliki jurusan sastra inggris yang sudah terakreditasi A, untuk itu tunggu apa lagi gabung sekarang dan dapatkan beasiswanya