BINUS UNIVERSITY

    Ingin Memasuki Jurusan Psikologi di BINUS UNIVERSITY? Yuk Intip Dulu Informasi Lengkapnya!

    Psikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia. Program psikologi juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik perilaku dan tindakan manusia. Tentunya sangat menarik untuk mempelajari tingkah laku manusia dengan perlu mendalami ilmu Psikologi. Di program ini kamu akan mempelajari tentang “manusia” berdasarkan individu, karena tidak ada manusia yang benar-benar sama secara psikologi. Manusia sebenarnya adalah makhluk yang unik, bahkan ketika diberi stimulus yang sama pun responnya bisa berbeda tergantung pada pengetahuan, pengalaman, perasaan, harapan, dan banyak faktor penentu lainnya. Nah, kalau kalian tertarik dan ingin tahu lebih jauh dengan alur berpikir dan perilaku seseorang, maka kamu cocok banget untuk kuliah di program Psikologi.

    Mata Kuliah

    Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di jurusan psikologi antara lain: Ilmu Filsafat, Biopsikologi, Teori Kepribadian, Psikologi Sosial dan Komunikasi, Psikologi Pendidikan, Intervensi Psikologi, Teori dan Aplikasi Pengukuran Psikologi, Statistika, Kode Etik Psikologi, Patologi dan Rehabilitasi sosial, Psikologi Lingkungan, Psikogeriatri, Psikogerontologi, Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Bimbingan dan Konseling, Psikodiagnostik, serta Metodologi Penelitian. (Rencanamu.id)

    Mata kuliah yang telah dipelajari diatas, akan memberi kemudahan mahasiswa lulusan psikologi dalam menguasai ilmu psikologi baik secara teori maupun praktik. Dengan ini, mahasiswa lulusan psikologi secara tidak langsung akan memahami ilmu filsafat dan memiliki fungsi asesmen yang kuat sehingga mampu memetakan personil berdasarkan potensi dan karakter seseorang.

    Prospek Karir

    Program  Psikologi memiliki peluang tinggi di dunia kerja, sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan dari program Psikologi. Mahasiswa lulusan psikologi memiliki kesempatan untuk menganalisis perilaku dan kepribadian manusia sangat bermanfaat di berbagai industri. Bukan cuma itu saja, setelah lulus dari perguruan tinggi dengan sudah dibekali ilmu teori dan praktik, mahasiswa lulusan psikologi dapat berkarier di berbagai bidang seperti:

    1. Human Resources Development (HRD): Hampir semua perusahaan membutuhkan divisi ini, maupun itu perusahaan kecil atau besar. Sebagai HRD, ada beberapa bidang yang bisa ditekuni alumni jurusan psikologi, antara lain mengurusi operasional karyawan, mengurus penggajian karyawan, rekrutmen karyawan, pengembangan organisasi dan performance management, serta training dan development untuk mengembangkan karyawan.
    2. Dosen psikologi: setiap lulusan psikologi dapat menjadi dosen di universitas negeri atau swasta, dengan syarat minimal memiliki gelar S2 psikologi (M.Psi.).
    3. Guru Bimbingan Konseling: lulusan psikologi juga dapat memiliki karir sebagai guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah tingkat menengah atau atas. Jika ingin mengajar di sekolah negeri, maka kamu perlu lolos seleksi pegawai negeri sipil terlebih dahulu.
    4. Konsultan karir: menjadi konsultan karir merupakan alternatif bagi lulusan jurusan psikologi. Sesuai namanya, seorang psikolog karir akan berhadapan dengan para pencari kerja atau kalangan professional. Konsultan karir diharapkan dapat membantu merencanakan dan memilihkan karir bagi klien.
    5. Market researcher: seorang market researcher atau peneliti pasar umumnya dipekerjakan di perusahaan atau lembaga independen. Deskripsi kerja dari market researcher adalah mengumpulkan, menganalisa data dari kondisi pasar atau perilaku konsumen.
    6. Psikolog: profesi yang paling banyak dilakukan oleh para lulusan psikologi. Walaupun umumnya, karir psikolog terbagi lagi sesuai konsentrasinya. Seorang psikologi bertugas untuk mengevaluasi, menganalisa perilaku dan mental manusia.
    7. Psikoterapis: seorang psikoterapis dapat dianalogikan sebagai dokter untuk kejiwaan. Namun, pasiennya tidak hanya seseorang yang dinilai sakit jiwa. Secara umum, manusia adalah mahluk sosial membutuhkan orang lain atau psikoterapis dalam menghadapi masalah sosial.
    8. UX analyst: jabatan UX analyst umumnya ada di perusahaan internet atau yang memiliki produk dalam bentuk software. UX analyst bertugas menganalisa perilaku konsumen saat menggunakan produk/layanan, lalu memanfaatkan hasil analisanya untuk memperbaiki produk/layanan perusahaan.

    Program Psikologi Universitas Bina Nusantara (BINUS) siap hadir untuk menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas yang mampu turut andil memajukan bidang psikologi di Indonesia. Program Psikologi Universitas Bina Nusantara berfokus pada Psikologi Intervensi dan Kerekayasaan. Mahasiswa akan dibekali berbagai prinsip Psikologi dan penerapannya agar mampu berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat.

    Program Sarjana di Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara memberikan pengetahuan mengenai prinsip-prinsip dasar berkenaan dengan tingkah laku dan proses mental, yang memberi pengaruh terhadap pengalaman dan kondisi manusia. Para mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan kemampuan dalam menerapkan pengetahuan tersebut di berbagai bidang kehidupan.

    Setiap mahasiswa, pada masa awal perkuliahannya secara bertahap akan memeroleh pengetahuan dan mengembangkan kemampuan untuk melakukan penelitian ilmiah Psikologi. Selain itu, mahasiswa dibekali juga dengan pemahaman mengenai prinsip-prinsip dasar Psikologi, seperti Psikologi Perkembangan, Psikologi Kepribadian, maupun Psikologi Sosial. Selanjutnya, para mahasiswa dibimbing untuk memahami penerapan prinsip-prinsip Psikologi dalam area pendidikan, organisasi/industri, maupun komunitas.