BINUS UNIVERSITY

    Ingin Masuk VISUAL COMMUNICATION DESIGN – Animasi BINUS? Berikut Informasi Lengkap dan 8 Pilihan Prospek Karir Yang Menjanjikan!

    Jakarta, 15 Agustus 2020 – Teknologi dalam kehidupan manusia di era modern saat ini memang tidak dapat lagi dipisahkan. Kemajuan teknologi menghadirkan perangkat lunak atau mesin yang sangat dipakai dalam bidang industri. Pada saat ini, banyak bidang di dunia industri membutuhkan seseorang yang kreatif dan memiliki ide-ide cemerlang dalam memberikan informasi secara visual dikarenakan manusia saat ini lebih dominan mudah menyerap informasi dengan tampilan animasi. Bidang industri kreatif beberapa tahun belakangan ini ramai diperbincangkan. Salah satu bidang industri kreatif yang sedang naik daun adalah Animasi.

    Oleh karena itu, Program Studi Visual Communication Designbanyak diminati oleh perusahaan di era teknologi saat ini. Visual Communication Designmerupakan Program Studi kuliah yang merupakan cabang ilmu seni dengan mempelajari tentang konsep komunikasi dalam menggunakan elemen visual untuk menyampaikan suatu pesan secara komunikatif, efektif, dan informatif. Konsep komunikasi yang dimaksud yaitu  menampilkan gambar bergerak secara berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan.

    Mata Kuliah

    Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di Program Studi VISUAL COMMUNICATION DESIGN – Animasi di BINUS UNIVERSITY antara lain: Character Building : Pancasila, Western Art Review, Material and Colors in Visual Design, Eastern Art Review, Drawing for Design, Computer Graphic, English in Focus, English for Business Presentation, Character Building : Kewarganegaraan, Fundamental Drawing for Animation, Visual Communication Design, Entrepreneurship : Ideation, English Savvy, English for Written Business Communication, Character Building : Agama, Photography, Visual Storytelling, Animation Technology, Illustration Design, Animation Production Study, 3D Art and Form, Animation Production Portfolio, Design Methods, Visual Making Project, Indonesian Language, Character Animation, Motion Graphic, Visual Effects (VFX), Asset Creation, Aesthetics, Typography, Professional Designer Class, Entrepreneurship : Market Validation, Concept Art and Production Design, Animation Storytelling, Enrichment Program, dan Thesis. (animation.binus.ac.id)

    Prospek Karir

    Kebutuhan akan animasi muncul dari berbagai sektor mulai dari perfilman, televisi, periklanan, game online, aplikasi selular bahkan hingga bahan ajar di sekolah dan banyak bidang lainnya. Dengan mulai meningkatnya kebutuhan para kreator animasi di bidang industri, maka mahasiswa lulusan VISUAL COMMUNICATION DESIGN – Animasi sangat diminati oleh banyak perusahaan. Berikut prospek karir untuk Program Studi VISUAL COMMUNICATION DESIGN – Animasi diantaranya adalah:

    1. Desainer Video Game : tugas utama seorang desainer video game adalah merancang dan mendesain fitur inti dari video game, serta menentukan permainan inovatif dan mekanika peran, alur cerita dan biografi karakter. Selain itu, seorang desainer video game harus mengetahui keinginan masyarakat sehingga dapat menyesuaikan gameplay agar game dapat dikomersilkan di masyarakat.
    2. Animator : tugas seorang animator adalah merancang dan membuat efek khusus, animasi atau gambar visual lainnya menggunakan film, video, komputer, dan media yang digunakan dalam permainan komputer, film, iklan, dan video musik. Selain itu, seorang animator harus dapat menerapkan pengembangan cerita, penyutradaraan, sinematografi, dan editing animasi untuk membuat storyboard yang menunjukkan aliran animasi dalam memetakan adegan karakter.
    3. Talent Director : mahasiswa lulusan VISUAL COMMUNICATION DESIGN – Animasi juga bisa menjadi seorang talent director. Talent Director adalah sebuah profesi yang memiliki responsibility dalam mengaudisi dan mewawancarai calon performer atau menyeleksi kecocokan talent terhadap suatu peran.
    4. Web Designer : mahasiswa lulusan VISUAL COMMUNICATION DESIGN – Animasi bisa bekerja menjadi seorang freelancer atau karyawan kantoran. Seorang Web Designer bertugas untuk merancang konsep layout (wireframing), membuat susunan markup (HTML), dan memperindah markup dengan CSS (Cascading Stylesheet).
    5. Graphic designer : seorang graphic designer memiliki tugas dalam menyampaikan informasi mengenai suatu produk secara menarik dengan mengakomodasi keinginan klien. Graphic designer tidak hanya berkarier di media, tapi bisa juga di berbagai industri terutama industri jasa (telekomunikasi, periklanan, fotografi, pendidikan, konstruksi, teknologi informasi) maupun industri manufaktur (tekstil, garmen, mode, otomotif, elektronik).
    6. Ilustrator : seorang ilustrator bekerja untuk membuat gambar statis berupa ilustrasi untuk digunakan dalam iklan, buku, majalah, kemasan produk, kartu ucapan, komik, ataupun surat kabar. Mereka harus mempunyai banyak ide dalam desain dan memahami persepi dari klien untuk dapat menyampaikan sebuah pesan atau ide melalui gambar.
    7. Creative Director : Tugas Cretaive Director ini seperti seorang pengarah yang mengarahkan karyawannya agar dapat memenuhi target serta kriteria yang diberikan oleh konsumennya. Gaji yang akan diperoleh sekitar 5 juta atau lebih per bulannya.
    8. Fotografer : seseorang yang bertugas untuk memotret orang, tempat, atau benda, menggunakan kamera digital atau kamera film serta peralatan lainnya. Fotografer juga harus bisa memotret di dalam ruangan (menggunakan cahaya buatan) maupun di luar ruangan (menggunakan cahaya alami). Seorang fotografer juga harus dapat membuat negatif film atau menggunakan perangkat komputer untuk menghasilkan gambar jadi dan cetakan foto.

    BINUS UNIVERSITY hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di bidang Visual Communication Design– Animation melalui kurikulum program yang dirancang untuk menyiapkan mahasiswa yang kreatif dengan mempelajari metode-metode kreatif dalam membuat karya visual dan mempelajari dalam mengolah pesan secara informatif, komunikatif dan efektif melalui suatu desain dengan media yang tepat. Program studi Visual Communication Design – Animation membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kreativitas, estetika seni visual, teknologi dan model bisnis untuk mendukung industri. Selain itu, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan pengembangan teknologi grafis, 3D animasi komputer terbaru untuk menjawab kebutuhan industri kreatif baik nasional maupun internasional.

    Program studi Visual Communication Design– Animation BINUS UNIVERSITY sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas agar dapat memenuhi kebutuhan industri di masa depan dalam menyelesaikan masalah komunikasi melalui berbagai media visual. Sehingga lulusan Visual Communication Design – Animation BINUS UNIVERSITY mampu bersaing dalam era teknologi agar dapat langsung bekerja di dunia industri.

    Program studi Visual Communication Design– Animation BINUS UNIVERSITY tersedia di BINUS@Alam Sutera dan BINUS@Kemanggisan.

    Ingin menjadi seorang animator yang hebat dengan mewujudkan karir yang cemerlang? Ayo kuliah di BINUS UNIVERSITY untuk dapat mengoptimalkan kemampuan dan keterampilan kamu dalam berkarya!