BINUS UNIVERSITY

    Ingin Masuk Program Studi Marketing komunikasi BINUS? Berikut Informasi Lengkap dan 12 Pilihan Prospek Karir Yang Menjanjikan!

    Jakarta, 18 Agustus 2020 – Komunikasi adalah salah satu cara manusia berinteraksi dalam menyampaikan suatu pesan atau informasi, banyak sekali cara agar pesan tersebut dapat tersampaikan, bahkan seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat informasi semakin mudah didapatkan dengan tanpa batasan. Oleh karena itu, komunikasi dibutuhkan dalam segala hal. Karena pada dasarnya ilmu komunikasi lahir dari berbagai disiplin ilmu sosial seperti sosiologi, ilmu politik, antropologi, dan hubungan internasional.

    Program studi Marketing Komunikasi merupakan Program Studi interdisipliner yang menggabungkan teori dan konsep Ilmu Komunikasi dan Humas. Program studi Marketing Komunikasi memiliki dua konsentrasi, yaitu Komunikasi Perusahaan (Corporate Communication) dan Komunikasi Merek (Brand Communication) yang berfokus pada pengembangan keterampilan komunikasi dengan menggunakan media konvensional dan digital, serta mampu merancang rencana komunikasi secara strategis untuk berbagai stakeholders. Corporate Communication berfokus pada perancangan perencanaan komunikasi secara strategis dalam membangun dan memelihara hubungan baik serta memberikan timbal balik dengan publik internal dan eksternal perusahaan melalui berbagai alat kehumasan, seperti siaran pers dan publikasi, media sosial, event perusahaan, kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan lain sebagainya. Sedangkan Brand Communication berfokus pada perancangan perencanaan secara strategis untuk mengkomunikasikan merek secara kredibel kepada target audiens.

    Bagi kamu yang masih bingung memilih program studi yang sesuai untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi nanti? Marketing Komunikasi bisa menjadi program studi andalan buat kamu, karena bidang komunikasi memiliki prospek karier yang sangat luas. Program Studi Marketing Komunikasi sangat berhubungan dengan indusri kreatif, digital marketing, dan juga advertising. Di mana yang kita tahu perkembangan industri dalam bidang tersebut memiliki perkembangan yang sangat pesat pada saat ini.

    Mata Kuliah

    Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di Program Studi Marketing Komunikasi di BINUS UNIVERSITY antara lain: Introduction to Communication Science, Introduction to Sociology, Philosophy and Etchics of Communication, Writing Fundamentals, Public Speaking, Indonesian Language, English in Focus, English for Business Presentation, Character Building : Pancasila, Theory of Communication, Political Communication, Interpersonal Communication, Psychology Communication, Computer Laboratory in Communication Context, Entrepreneurship, English Savvy, Character Building : Kewarganegaraan, Social Design Thinking, Intercultural Communication, Introduction to Public Relations, Theory of Mass Communication, Public Opinion, Contemporary Writing, Character Building : Agama, Organizational Communication, Media Campaign and Monitoring, Strategic Public Relations, Strategic PR and Brand Management, Quantitative and Qualitative Research Methods in Communication Context, Event Management, Crisis and Reputation Management, Communication and Public Affairs, Digital Public Relations, Writing for Branding, Integrated Marketing Communication, Enrichment Program, dan Thesis. (communication.binus.ac.id)

     

    Prospek Karir

    Secara mayoritas, calon mahasiswa yang memilih Program Studi marketing komunikasi karena mahasiswa lulusan prodi ini memiliki prospek karir yang sangat luas dan banyak. Dalam mempelajari ilmu komunikasi, semua teori tersebut dapat di aplikasikan ke dalam berbagai bidang. Sehingga, mahasiswa lulusan Marketing Komunikasi, dapat memasuki dunia industri di berbagai bidang. Berikut prospek karir untuk Program Studi Marketing Komunikasi diantaranya adalah:

    1. Public Relations/Humas : seorang Public Relations/humas bertugas untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu yang membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi. Seorang Public Relations menggunakan berbagai media untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang baik antara perusahaan dengan stakeholders dan masyarakat.
    2. Event Organizer : seorang event organizer harus mampu mengurus semua hal terkait acara dengan sangat detail. Mulai dari klien, vendor, hingga para tamu undangan yang hadir. Seorang EO juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karena EO lebih banyak berkomunikasi dan berelasi dengan banyak orang. EO, biasanya bisa bekerja pada suatu perusahaan yang biasa mengadakan beragam jenis event. Seperti Ismaya, DBL Indonesia, Live Nation dan lain-lain.
    3. Presenter : berprofesi menjadi seorang presenter menjadi suatu pekerjaan yang menyenangkan karena terlibat dalam membawakan acara. Apalagi menjadi soernag presenter televisi yang terkenal dalam menyampaikan berita menjadi prospek kerja lulusan ilmu komunikasi yang didambakan. Banyak sekali presenter televisi yang terkenal seperti Najwa Shihab, Feni Rose, Andy.F. Noya, dan masih banyak lagi.
    4. Wartawan : seseorang yang bertugas menulis dan melaporkan berita (informasi) dari suatu kejadian. Menjadi seorang wartawan bukan pekerjaan yang mudah, karena dibutuhkan keberanian dan komitmen dalam menyajikan berita yang layak bagi banyak orang.
    5. Editor : menjadi seorang editor atau sering disebut dengan penyunting menjadi pekerjaan yang diminati oleh para lulusan komunikasi. Seorang editor bertugas untuk mencari, memperbaiki, dan mempublikasikan naskah.
    6. Penyiar Radio : menjadi seorang penyiar radio menjadi peluang besar bagi lulusan komunikasi yang terampil dan cakap dalam berkomunikasi. Penyiar radio bertugas dalam menyampaikan informasi kepada para pendengar radio.
    7. Designer Grafis : mahasiswa lulusan marketing komunikasi yang tertarik ke multimedia, pekerjaan ini sangat cocok. Desainer grafis berperan dalam menciptakan tipografi, ilustrasi, dan grafis yang digunakan untuk menyampaikan informasi suatu produk dalam bentuk desain yang menarik dengan berbagai macam software seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan masih banyak lagi.
    8. Copy Writer : prospek kerja lulusan ilmu komunikasi juga berpeluang besar untuk menjadi seorang copywriter, terutama untuk orang yang suka menulis. Seorang copywriter harus mampu membuat para pembacanya menjadi nyaman dan tidak jenuh membaca tulisannya hingga akhir.
    9. Juru Bicara : seseorang yang diberikan tanggung jawab dalam menerangkan kondisi sesuatu. Juru bicara biasanya bertugas dalam menyampaikan keterangan resmi kepada umum yang mewakili seseorang atau suatu kelompok. Juru bicara menjadi pekerjaan yang sangat menarik terutama untuk seorang lulusan komunikasi.
    10. Dosen : di setiap perguruan tinggi yang mempunyai Program Studi ilmu komunikasi tentu membutuhkan seorang pengajar. Sehingga tidak heran para lulusan komunikasi dapat menjadi seorang dosen tentu dengan persyaratan pendidikan minimal magister (S2).
    11. Pengusaha : mahasiswa lulusan komunikasi yang ingin berbisnis bisa menjadi pengusaha. Menjadi pengusaha memiliki perkerjaan yang tidak terikat dengan suatu instansi, sehingga bisa bekerja kapanpun sesuai keinginan. Namun, untuk menjadi seorang pengusaha kamu tidak boleh takut untuk mengalami kegagalan dan dituntut untuk terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman.
    12. Analisis : seorang lulusan komunikasi juga bisa menjadi seorang analis yang profesional untuk kebutuhan kemajuan perusahaan yang tentunya membutuhkan banyak analis data. Seorang analis bertanggung jawab dalam perancanaan, penelitian, dan mengelola data menjadi suatu informasi. Sehingga data tersebut bisa dipahami dan berguna untuk mengatasi suatu masalah tertentu.

    BINUS UNIVERSITY hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di bidang Marketing Komunikasi melalui kurikulum program yang dirancang untuk menyiapkan mahasiswa yang kreatif dengan mempelajari menganalisis kasus-kasus dalam komunikasi untuk memberikan solusi dengan pendekatan ilmu komunikasi sehingga mahasiswa lulusan Marketing Komunikasi BINUS UNIVERSITY mampu merancang solusi dalam pendekatan ilmu komunikasi untuk menghadapi krisis komunikasi baik internal, eksternal maupun komunitas dengan menggunakan berbagai media.

    Program Studi Marketing Komunikasi membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan agar mampu melakukan komunikasi secara profesional untuk membangun dan memelihara hubungan perusahaan dengan pemangku kepentingan melalui saluran yang relevan.

    Program Studi Marketing Komunikasi BINUS UNIVERSITY sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas agar dapat memenuhi kebutuhan industri di masa depan dalam menyelesaikan masalah komunikasi melalui berbagai media visual. Sehingga lulusan Marketing Komunikasi BINUS UNIVERSITY mampu bersaing dalam era teknologi agar dapat langsung bekerja di dunia industri.

    Program Studi Marketing Komunikasi BINUS UNIVERSITY tersedia di BINUS@ Kemanggisan dan BINUS @Alam Sutera.

    Ingin menjadi seorang Public Relations profesional dengan karir yang cemerlang? Ayo kuliah di BINUS UNIVERSITY untuk dapat mengoptimalkan kemampuan dan keterampilan kamu dalam berkarya!