BINUS UNIVERSITY

    Ingin Masuk Program Studi Business Analytics BINUS UNIVERSITY? Yuk simak Informasi Lengkap nya!

    Jakarta, 27 Agustus 2020 – Analisa Bisnis adalah suatu proses kegiatan dalam suatu perusahaan guna membantu perusahaan dalam proses bisnis, sehingga perusahaan dapat memanfaatkan sumber daya (manusia, infrastruktur, modal) untuk menghasilkan proses bisnis yang terintegrasi. Analisis Bisnis mengacu pada keterampilan, metode, pendekatan, dan alat yang digunakan untuk mengubah data menjadi informasi untuk pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik. Ini adalah salah satu hal terpenting yang perlu dimiliki organisasi saat ini dalam menanggapi ketersediaan yang melimpah dan variabilitas data yang besar. Perusahaan menganggap analitik bisnis sangat penting untuk melakukan segmentasi pelanggan, menentukan harga produk dan layanan, serta menyesuaikan penawaran dengan kebutuhan pelanggan untuk memaksimalkan nilai pemegang saham.

    Tujuan dari analisis proses bisnis diantaranya adalah memahami hubungan proses bisnis yang sedang berjalan dengan pencapaian visi dan misi organisasi. Selain itu, keahlian Business Analytics saat ini dan kedepannya menjadi salah satu keahlian terpenting yang dibutuhkan oleh semua perusahaan, karena semakin banyaknya dan bervariasinya data yang ada (big data). Saat ini dibutuhkan tenaga ahli yang mampu menganalisis data untuk kepentingan bisnis organisasi. Setiap lulusan program ini akan dibekali dengan keahlian Business Analytics melalui penguasaan Business Analytics tools, hal ini akan membuat lulusan program ini siap untuk menghadapi era Industry 4.0.

    Mata Kuliah

    Berikut mata kuliah yang dipelajari di Program Studi Business Analytics BINUS UNIVERSITY antara lain: Character Building : Pancasila, Introduction to Financial Accounting, Business Process Fundamental, Information System Concept, Introduction to Programming, English in Focus, English for Business Presentation, Introduction to Database Systems, Management Information System, Business Statistics, Indonesian Language, User Experience, Entrepreneurship : Ideation, English Savvy, English for Written Business Communication, Character Building : Kewarganegaraan, Business Application Development, Enterprise System, Information Systems Analysis and Design, Service Management Fundamental, Social Media Fundamental, Data and Information Management, Character Building : Agama, Advanced Information System Analysis and Design, Testing and System Implementation, Business Intelligence, Social Informatics, Mobile Application Development, Research Methods in Information Systems, Knowledge Management, Entrepreneurship : Market Validation, Advanced in Business Application Development, Business Analytics, Current Issue in Business and Technology, Information Systems Project Management, Enrichment Program, dan Thesis.

    Pilihan karier

    Berikut prospek karir untuk Program Studi Business Analyst diantaranya adalah:

    1. Data analyst : seseorang yang bertanggung jawab dalam menerjemahkan angka-angka menjadi laporan berupa data penjualan, riset pasar, logistik, atau biaya transportasi untuk membantu perusahaan dalam membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
    2. Research Analyst : Seseorang yang bertanggung jawab untuk meneliti, menganalisis, menafsirkan, dan menyajikan data yang berkaitan dengan pasar, ekonomi, pelanggan, dan informasi lain yang terkait dengan bidang tempat mereka bekerja.
    3. Analytics Consultant : seseorang yang bertanggung jawab dalam mengembangkan solusi analitik baru yang inovatif guna memenuhi kebutuhan pelanggan serta berkoordinasi dengan pengguna bisnis dan perusahaan teknis untuk menyesuaikan solusi analitis untuk memenuhi kebutuhan bisnis.
    4. Data Management Manager : seseorang yang bertanggung jawab untuk mengawasi berbagai sistem data dan jaringan perusahaan. Tugas utama seorang data management manager seperti mengatur, menyimpan, dan menganalisis data perusahaan secara profesional dan seefektif mungkin, sekaligus menjaga standar keamanan dan kerahasiaan perusahaan.
    5. Analyst Consumer Banking Analytics : tugas utama seseorang analyst consumer banking analytics mempersiapkan analisis dan model keuangan yang kompleks untuk membantu pengambilan keputusan investasi. Seorang analyst consumer banking analytics bertanggung jawab dalam mengidentifikasi pasar potensial dan tren pasar, melakukan investigasi uji tuntas perusahaan klien, serta meneliti harga, distribusi dan transaksi lainnya serta memberikan saran bagi perusahaan untuk meningkatkan pendapatan.

    BINUS UNIVERSITY hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik, membuka program studi Business Analytics dengan memberikan pendidikan analisis bisnis yang berfokus pada bidang bisnis berbasis IT, diakui secara internasional, dan memperjuangkan inovasi sehingga BINUS UNIVERSITY menghasilkan lulusan dengan kualifikasi internasional.

    Program Studi Business Analytics BINUS UNIVERSITY mendidik mahasiswa di bidang analisis bisnis, meliputi metodologi pembelajaran terapan dan pendekatan langsung, mahasiswa belajar untuk menggunakan teknologi yang paling inovatif dengan menggunakan kekuatan data untuk menciptakan nilai tambah bagi organisasi. Program Studi Business Analytics BINUS UNIVERSITY mendesain kurikulum kepada mahasiswa dalam mempelajari bagaimana menggunakan machine learning untuk mengolah, mengelola, dan menganalisa data dari berbagai sumber serta mahasiswa prodi business analytics mempelajari visualisasi data untuk menampilkan data dari hasil analisis. Sehingga mahasiswa lulusan prodi business analytics BINUS UNIVERSITY mampu menganalisa dampak data analytics di lingkup lokal dan global pada tingkat individu, organisasi, dan sosial.

    Selain itu, mahasiswa juga dibekali program (2+1)+1 yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan pengalaman belajar multi kampus dan kerja di dunia nyata. Mahasiswa akan menjani 2 tahun kuliah di kampus asal, 1 tahun kuliah di kampus BINUS di kota lain, dan 1 tahun mengambil salah satu dari 5 program enrichment, yaitu: Internship, Research, Study Abroad, Start-up Business, dan Community Development.