BINUS UNIVERSITY

    Ingin Masuk Program Cyber Security di BINUS UNIVERSITY? Simak Informasi Terlengkapnya!

    Jakarta, 18 Agustus 2020 – Saat ini dunia tengah memasuki era disrupsi teknologi yang bergeser ke era Revolusi Industri 4.0 secara garis besar merupakan gabungan dari tiga domain yaitu digital, fisik, dan biologi ditandai dengan munculnya fungsi-fungsi kecerdasan buatan (artificial intelligence), mobile supercomputing, intelligent robot, selfdriving cars, neurotechnological brain enhancements, era big data yang membutuhkan kemampuan cyber security dan pengembangan biotechnology. Akibat kemajuan teknologi saat ini, telah mempengaruhi perkembangan internet yang begitu cepat membuat keamanan dalam dunia maya terancam dengan aktivitas para hacker, sehingga program studi Cyber Security sangat dibutuhkan untuk Cyber Defense (pertahanan dunia maya).

    Di era revolusi Industri saat ini, sebagai generasi muda harus mampu bersaing secara positif dengan kemajuan teknologi dan pasar global melainkan harus dapat mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pribadi tidak hanya dari segi akhlak, karakter, intelegensi, akademik tetapi juga kompetensi. Oleh karena itu, keberadaan sumber daya manusia yang kompeten sangat dibutuhkan agar dapat bersaing di era globalisasi.

    Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi memberikan pengaruh besar pada dunia pendidikan yang dimana dunia pendidikan juga terus beinovasi dengan semakin banyaknya perguruan tinggi dengan program unggulan menyediakan program studi cyber security. BINUS UNIVERSITY merupakan salah satu universitas terbaik yang menyediakan program studi cyber security.

    Mahasiswa yang mengambil program studi Cyber Security akan diajarkan cara menghadapi berbagai kejahatan yang mengancam keamanan sistem suatu perusahaan atau pemerintahan. Selain itu, Mahasiswa akan belajar untuk membuat proyek-proyek yang membutuhkan kolaborasi dengan industri dan pemerintah serta membantu mahasiswa untuk mengeksplorasi berbagai ancaman di dunia maya serta membentuk sistem pertahanannya.

    Mata Kuliah

    Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di program studi Cyber Security di BINUS UNIVERSITY antara lain:

    Character Building : Pancasila, Character Building : Pancasila, Discrete Mathematics, Linear Algebra, Algorithm and Programming, Program Design Methods, English in Focus, English for Business Presentation, Character Building : Kewarganegaraan, Data Structures, Calculus, Entrepreneurship, Object Oriented Programming, Indonesian Language, English Savvy, English for Written Business Communication, Character Building : Agama, Algorithm Design and Analysis, Database Systems, Computer Networks, Multimedia Systems, Research Topics in Computer Science, Software Engineering, Human and Computer Interaction, Code Reengineering, Agile Software Development, Pattern Software Design, Natural Language Processing, Machine Learning, Artifical Neural Network, User Experience, Information Visualization, Multimedia Programming Foundation, Database Design, Big Data Processing, Database Aministration, Applied Database, Introduction to Geographical Information System, Computer Security, Network and System Programming, System Administration, Web Programming, Enrichment Program, dan Thesis. (socs.binus.ac.id)

    Prospek Karir

    Setelah lulus dari perguruan tinggi, mahasiswa cyber security dapat berkarir di 8 bidang ini:

    1. Computer Programmer : seseorang yang bertugas dalam merancang, mengembangkan, memodifikasi, serta menguji codeform, dan scriptpada aplikasi komputer untuk dijalankan. Selain itu, seorang programmer juga harus mampu mengoreksi kesalahan dengan membuat perubahan yang tepat dan memeriksa kembali program agar memproduksi fitur yang baik. Pekerjaan menjadi programmer tentunya akan sangat dibutuhkan mengingat perkembangan dunia IT yang semakin pesat.
    2. Information Security Analyst : seseorang yang bertugas untuk mengembangkan sistem keamanan yang menjaga jaringan dan sistem suatu instansi maupun perusahaan. Mengingat teknologi semakin kian maju, tentu akan terus memicu munculnya cyber-crime. Hal ini akan membuka banyak peluang kepada para sarjana cyber security untuk berkarir menjadi Information Security Analyst.
    3. Big Data Architect : seorang praktisi dalam disiplin ilmu IT yang berkaitan langsung dalam merancang, membuat, menyebarkan dan mengelola arsitektur data instansi. Kemampuan yang dibutuhkan untuk profesi ini adalah kemahiran teknis tingkat lanjut terutama SQL dan XML, pemecahan masalah, visualisasi kreatif dan orientasi detail. Pekerjaan big data architect banyak dibutuhkan oleh berbagai instansi perusahaan. Karena, mereka mampu menciptakan sebuah infrastruktur data yang aman dan juga efektif untuk keberlangsungan perusahaan tersebut.
    4. Cyber Security Consultant : orang yang berprofesi sebagai konsultan cyber security,yang mampu memberikan solusi atas ancaman keamanan cyber. Keamanan cyber merupakan kebutuhan dari setiap perusahaan yang terkoneksi ke internet mengingat hampir semua perusahaan menyimpan data-data penting mereka, untuk meminimalisir serangan cyber yang bisa menyerang sistem atau jaringan. Kehadiran cyber security mampu mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga perusahaan terhindar dari serangan cyber sekaligus bisa memperbaiki sistem atau jaringan jika terkena serangan tersebut.

     

    1. Computer Forensics Analyst : seseorang yang bertanggung jawab untuk membantu petugas penegak hukum untuk mencari bukti pada berbagai kejahatan dunia maya. Selain itu, seorang Computer Forensics Analyst bertugas untuk menyelidiki pelanggaran data, insiden keamanan, dan aktivitas kriminal pada dunia digital. Dengan kemampuan analisis yang mumpuni, pastinya lulusan Cyber Securitymampu bersaing pada lapangan pekerjaan ini.
    2. Full Stack Developer : seseorang yang memiliki keahlian di front-end dan back-end developer. Sebagai seorang Full Stack Developer harus bisa meng-handle segala yang berhubungan dengan User Interface biasanya dengan metode CSS serta mengembangkan fitur-fitur aplikasi dan merancang database.
    3. Java programmer : seseorang yang bertanggung jawab dalam bidang pengembangan program java untuk membangun baik itu sebuah website, aplikasi, dan software. Java Programmer harus bisa menguasai beberapa skill seperti Oracle database, XML, X Query, dan Enterprise Java Beans.
    4. Secure Software Developer : seseorang bertanggung jawab mengembangkan perangkat lunak keamanan dan mengintegrasikan keamanan ke dalam perangkat lunak pada aplikasi untuk menghentikan peretas agar tidak dapat mengeksploitasi data perusahaan.

    BINUS UNIVERSITY hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di program studi Cyber Security melalui kurikulum yang dirancang mendidik siswa dasar untuk memajukan pengetahuan, keterampilan dan praktik dalam pengembangan perangkat lunak yang mengkhususkan diri dalam peretasan etis, pertahanan dunia maya, dan forensik dunia maya dengan menyediakan lingkungan belajar yang sangat baik dan mempromosikan penelitian dan kolaborasi dengan industri global.

    Program Studi Cyber Security BINUS UNIVERSITY membekali mahasiswa dengan keterampilan untuk menerapkan prinsip desain dan pengembangan dalam pembangunan sistem perangkat lunak yang diterapkan dalam teknologi database, sistem intelijen, jaringan dan pengembangan multimedia, serta mempersiapkan mahasiswa agar memiliki kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi yang baik untuk dapat bekerja sebagai individu atau tim dalam lingkungan IT.

    Program Studi Cyber Security BINUS UNIVERSITY mendorong mahasiswa dan dosen menjadi talenta-talenta kreatif dan bernilai tambah dalam keamanan cyber dengan menciptakan lingkungan yang sesuai agar mampu bersaing di tingkat internasional. Selain itu program studi cyber security BINUS UNIVERSITY mempersiapkan mahasiswa menjadi sosok yang profesional dalam mengaplikasikan keamanan cyber secara cerdas dan baik agar dapat beradaptasi di pasar global.

    Program studi Cyber Security BINUS UNIVERSITY tersedia di BINUS@Kemanggisan. BINUS@Kemanggisan dibagi menjadi 3 kampus yaitu kampus@Syahdan, kampus@Anggrek, dan kampus@Kijang.

    Ingin menjadi lulusan yang kreatif, inovatif dan produktif di bidang cyber security dan memiliki karir yang cemerlang? Ayo kuliah di BINUS UNIVERSITY untuk dapat mengoptimalkan kemampuan dan keterampilan kamu dalam berkarya!