BINUS UNIVERSITY

    Ingin Masuk DKV New Media BINUS? Berikut Informasi Lengkap dan 8 Pilihan Prospek Karir Yang Menjanjikan!

    Jakarta, 18 Agustus 2020 – DKV New Media adalah bagian dari program studi Desain Komunikasi Visual yang penerapannya lebih fokus pada penggunaan new media. New media sendiri diartikan sebagai media yang berbasis teknologi digital. Jadi, disini kamu akan belajar desain pada media cetak, design web, dan media interaktif. Pembelajaran Desain Komunikasi Visual ini nantinya dapat diterapkan pada kegiatan branding, design publik, fotografi, typografi, dan sebagainya.

    Program studi DKV New Media cocok untuk kamu yang menyukai komunikasi melalui gambar maupun video. Prodi ini adalah prodi untuk kamu yang estetik banget. Disini kamu dapat menerapkan prinsip-prinsip estetika dalam berbagai platform. Pastinya prodi ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang kreatif dan inovatif.

    Mata Kuliah

    Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di jurusan DKV New Media di BINUS UNIVERSITY antara lain: Character Building : Pancasila, Computer Graphic, Material and Colors in Visual Design, Drawing for Design, Typography, English in Focus, English for Business Presentation, Character Building : Kewarganegaraan, Visual Communication Design, Advanced Typography, Entrepreneurship : Ideation, Indonesian Language, English Savvy, English for Written Business Communication, Character Building : Agama, Western Art Review, Eastern Art Review, Photography, Illustration Design, 3D Art and Interaction, Aesthetics, Digital Graphic Reproduction, Visual Making Project, Surface Packaging Design, New Media, Professional Designer Class, Design Methods, Entrepreneurship : Market Validation, Service Design, Digital Design Exploration, Experimental Print Design, Enrichment Program, dan Thesis. (dkv.binus.ac.id)

     

    Prospek karier

    Prospek bagi lulusan DKV New Media sangat luas, karena mahasiswa lulusan DKV New Media memiliki kemampuan menggambar dan membentuk produk yang telah dibekali pada saat kuliah. Hal ini membuat lulusan DKV New Media diminati diberbagai perusahaan dan agensi periklanan. Dengan pengkhususan bidang new media, maka prospeknya menjadi semakin luas dengan adanya kompetensi penguasaan bidang multimedia sebagai sarana komunikasi visual. Dengan mulai meningkatnya kebutuhan para kreator animasi di bidang industri, maka mahasiswa lulusan DKV New Media sangat diminati oleh banyak perusahaan. Berikut prospek karir untuk jurusan DKV New Media diantaranya adalah:

    1. Manager Teknis Penyiaran : Mahasiswa lulusan DKV New Media bisa menjadi seorang manager teknis penyiaran yang dimana bertugas dalam mengkoordinasikan pekerjaan departemen teknis, seperti merekam, mengedit, pekerjaan teknik, dan perawatan untuk menghasilkan program. Bekerja untuk media radio, televisi, atau digital.
    2. Animator : tugas seorang animator adalah merancang dan membuat efek khusus, animasi atau gambar visual lainnya menggunakan film, video, komputer, dan media yang digunakan dalam permainan komputer, film, iklan, dan video musik. Selain itu, seorang animator harus dapat menerapkan pengembangan cerita, penyutradaraan, sinematografi, dan editing animasi untuk membuat storyboard yang menunjukkan aliran animasi dalam memetakan adegan karakter.
    3. Talent Director : mahasiswa lulusan DKV New Media juga bisa menjadi seorang talent director. Talent Director adalah sebuah profesi yang memiliki responsibility dalam mengaudisi dan mewawancarai calon performer atau menyeleksi kecocokan talent terhadap suatu peran.
    4. Content Creator : seseorang yang bertugas dalam membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, suara, ataupun gabungan dari dua atau lebih materi. Konten tersebut dibuat untuk media, terutama media digital seperti Youtube, Snapchat, Instagram
    5. Spesialis Multimedia : seorang spesialis multimedia bertugas menyiapkan, merencanakan, dan mengoperasikan multimedia dalam kegiatan belajar mengajar. Termasuk juga merekam, membuat katalog multimedia, dan menyimpan materi.
    6. Desainer Produk Komersial dan Industri : seseorang yang bertugas dalam mengembangkan dan mendesain produk manufaktur, seperti mobil, perabotan rumah, dan mainan anak-anak. Menggabungkan talenta seni dengan penelitian pada kegunaan produk, pemasaran, dan material untuk menciptakan desain produk yang fungsional dan menarik.
    7. UI/UX Designer : seseorang yang bertugas dalam menciptakan desain interface untuk meningkatkan pengalaman pengguna baik itu untuk aplikasi berbasis web atau mobile. Seorang UI/UX Designer harus memiliki keterampilan menciptakan design UI dan mampu menerjemahkan persyaratan tingkat tinggi berdasarkan pola interaksi pengguna, dan mengubahnya menjadi sebuah user interface yang indah, dan fungsional serta mampu memahami perilaku pengguna dan memiliki kejelian membangun sebuah desain yang efektif dan efisien untuk pengguna.
    8. Penerbit Digital : seseorang yang bertugas membuat layout halaman untuk media cetak atau elektronik menggunakan perangkat lunak (software). Selain merancang halaman, kadang penerbit digital juga membuat konten, mengoreksi ejaan, tanda baca, dan tata bahasa pada teks. Penerbit digital bekerja dengan profesional desain dan media lainnya, seperti penulis, editor, dan desainer grafis.

    BINUS UNIVERSITY hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di bidang Desain Komunikasi Visual – New Media melalui kurikulum program yang dirancang untuk mendidik mahasiswa agar mampu menghasilkan portofolio media baru yang secara jelas menunjukkan pengerjaan, kreativitas, wawasan konseptual, dan sikap standar desain profesional.

    Program studi Desain Komunikasi Visual – New Media BINUS UNIVERSITY membekali mahasiswa dengan pengetahuan utama tentang komunikasi visual kreatif, pentingnya sejarah dan budaya, dan teknologi intinya. Bersama-sama bidang studi ini akan membangun mahasiswa mempunyai dasar yang kokoh untuk praktik yang terinformasi dengan baik atau studi lebih lanjut.

    Program studi Desain Komunikasi Visual – New Media BINUS UNIVERSITY sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas agar dapat memenuhi kebutuhan industri di masa depan dalam menyelesaikan masalah komunikasi melalui berbagai media visual. Sehingga lulusan Desain Komunikasi Visual – New Media BINUS UNIVERSITY mampu bersaing dalam era teknologi agar dapat langsung bekerja di dunia industri.

    Program studi Desain Komunikasi Visual – New Media BINUS UNIVERSITY tersedia di BINUS@Kemanggisan dan BINUS@Alam Sutera.