BINUS UNIVERSITY

    Informasi Lengkap Program Studi Kuliah Information Systems BINUS UNIVERSITY

    Jakarta, 25 Agustus 2020 – Penyebab utama kemajuan di era globalisasi ini dipengaruhi oleh perkembangan tekonologi informasi dan telekomunikasi yang semakin maju, karena dengan kehadiran perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi memberikan dampak yang sangat besar untuk kehidupan manusia pada saat ini. Demikian dengan kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi yang mendorong pemerintah dan sektor swasta membangun sumber daya manusia yang handal di bidang Information, Communication Technology and Management (ICT).

    Sebagai suatu disiplin ilmu, Sistem Informasi telah memberikan kontribusi positif bagi berbagai organisasi, terutama di era informasi digital di mana informasi dapat diakses dan didistribusikan dengan mudah. Sistem informasi membantu organisasi dalam mengelola data sebagai aset, baik yang dikumpulkan maupun disajikan oleh sistem informasi, yang memungkinkan untuk diimplementasikan dalam penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan manajemen.

    Saat ini di Indonesia memiliki universitas yang menyediakan program studi information systems agar kita bisa mendapatkan ilmu-ilmu tentang manajemen IT secara teori dan praktik. Salah satu diantaranya adalah Program Studi information systems di BINUS UNIVERSITY. Program Studi information systems didirikan sebagai jawaban atas permintaan yang semakin meningkat akan sumber daya manusia yang terampil di bidang information systems. Namun, sebelum kita menempuh pendidikan di perguruan tinggi untuk mengambil Program Studi information systems tentunya kita harus mengenal terlebih dahulu secara garis besar tentang Program Studi information systems.

    Mata Kuliah

    Berikut mata kuliah yang dipelajari di Program Studi information systems BINUS UNIVERSITY antara lain: Character Building : Pancasila, Introduction to Financial Accounting, Business Process Fundamental, Information System Concept, Introduction to Programming, English in Focus, English for Business Presentation, Introduction to Database Systems, Business Statistics, Management information Systems, Entrepreneurship : Ideation, User Experience, Indonesian Language, English Savvy, English for Written Business Communication, Character Building : Kewarganegaraan, Information Systems Analysis and Design, Enterprise Systems, Business Application Development, Testing and System Implementation, Research Methods in Information Systems, Data and Information Management, Character Building : Agama, Advanced Information System Analysis and Design, Information Systems Project Management, Business Intelligence, Data Visualization, Advance in Data and Information Management, Information System Security, IS Strategy, Management, and Acquisition, Analytical Information System, Web Based Application Development, Digital and New Media, e-Business Design, Applied Database I, Knowledge Management, Entrepreneurship: Market Validation, Advanced in Business Application Development, Data Warehouse, Data and Text Mining, Business Analytics, Enterprise Architecture, Business Process Management, Social Informatics, Business Web Solution, Collaborative Computing, Mobile Application Development, Enterprise Architecture, Applied ERP : Business Process in Sales and Distribution, Applied ERP : Business Process in Procurement, Applied ERP : Business Process in Human Capital Management, Applied ERP : Business Process in Financial Accounting, Data Warehouse and Data Mining, Enrichment Program, dan Thesis. (sis.binus.ac.id)

    Prospek karier

    Berikut prospek karir untuk Program Studi information systems diantaranya adalah:

    1. Business Analyst : seiring dengan meningkatnya aplikasi IT dalam bisnis, maka profesi Business Analyst semakin dibutuhkan oleh perusahaan. Keberadaan seorang Business Analystsangat penting, salah satunya menjadi penghubung antara manajemen dengan pemegang saham serta antara tim IT dengan
    2. Web Developer : seorang web developermembuat program aplikasi untuk suatu  Web Developer-lah yang membuat websitedari nol hingga tampilannya menarik dan setiap fungsinya dapat digunakan. Profesi ini memang lebih dekat dengan sisi IT dalam Sistem Informasi.
    3. Project Manager : kembali pada sisi bisnis, seseorang Project Managermemiliki tanggung jawab sebagai penggerak seluruh anggota tim pada suatu proyek. Pada posisi yang lebih strategis, peran seorang Project Manager sangat menentukan keberlangsungan hidup suatu perusahaan.
    4. E-Commerce System Developer : seorang E-commerce System Developer memiliki tugas cukup kompleks, meliputi alur sistem, tingkat keamanan, hingga UI dan UX sistem e-commerce Bila profesi ini adalah cita-citamu, bangun dan kembangkan kecakapanmu untuk bekerja dalam tim sejak sekarang, Sobat.
    5. IT Manager : untuk menduduki jabatan sebagai IT Manager,Sobat Pintar haruslah memiliki kemampuan manajemen yang baik. Your job will be planning, coordinating, and directing activities related to computer and information system of a company.Instalasi dan maintenance pada hardware, software, hingga network perusahaan menjadi tanggungjawab IT Manager.
    6. System Analyst : seorang system analystmemiliki tugas dalam mengelola aplikasi, membuat spesifikasi yang digunakan oleh programmer, serta mengidentifikasi apa saja kebutuhan user agar sistem yang dikembangkan nantinya sesuai.
    7. IT Consultant : seorang IT consultantbertanggung jawab dalam membantu klien yang ingin menggunakan IT. Selain itu, IT Consultant juga membantu perusahaan dalam meningkatkan struktur dan efisiensi sistem IT-nya.
    8. System Engineer : seorang system engineermemiliki tugas dalam mendesain dan mengatur sistem yang kompleks.
    9. Information System Manager : seorang Information System Manager memiliki tanggung jawab dalam mengendalikan sistem agar dapat mendukung proses bisnis perusahaan. Profesi seorang Information System Manager mencakup perencanaan, instalasi, dan maintenance,termasuk menangani upgrade pada hardwaredan
    10. Programmer : berbekal pengetahuannya dibidang IT, alumni Sistem Informasi juga dapat bekerja sebagai Bila coding menjadi minatmu sejak sekarang, boleh juga mempertimbangkan Sistem Informasi sebagai salah satu pilihan Program Studi kuliah nanti.

    BINUS UNIVERSITY hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di program studi information systems dengan memberikan pendidikan information systems yang berfokus pada bidang bisnis berbasis IT, diakui secara internasional, dan memperjuangkan inovasi sehingga BINUS UNIVERSITY menghasilkan lulusan dengan kualifikasi internasional.

    Program Studi information systems BINUS UNIVERSITY mendidik mahasiswa di bidang sistem informasi, meliputi pengetahuan dan keterampilan dalam menganalisis, merancang dan mengimplementasikan information systems untuk meningkatkan proses bisnis serta mampu menciptakan solusi sistem informasi yang inovatif dan bernilai, melalui proses pembelajaran yang intensif, kegiatan penelitian dan kolaborasi dengan industri global

    Program Studi information systems BINUS UNIVERSITY juga memberikan pengetahuan terintegrasi untuk melanjutkan studi lebih lanjut dan menciptakan profesional, wirausahawan, dan pemimpin yang luar biasa untuk komunitas global. Selain itu, BINUS UNIVERSITY membina mahasiswa dan dosen dengan bakat kreatif dan nilai tambah dalam Sistem Informasi dengan menciptakan lingkungan yang sesuai.

    Kurikulum Program Studi information systems dirancang dengan mengacu pada kurikulum yang direkomendasikan oleh Association for Computing Machinery (ACM) dan Association for Information Systems (AIS) untuk kurikulum model dan pedoman program sarjana S1 Sistem Informasi. Selain itu, kurikulum juga banyak dipengaruhi oleh perguruan tinggi luar negeri dengan reputasi Prodi information systems yang mumpuni dan pedoman untuk program sarjana dalam information systems. Selain itu, kurikulumnya sudah dipengaruhi oleh perguruan tinggi luar negeri dengan reputasi Program Studi information systems yang berkualitas.

    Selain itu, BINUS UNIVERSITY memiliki Program (2+1)+1 yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan pengalaman belajar multi kampus dan kerja di dunia nyata. Mahasiswa akan menjani 2 tahun kuliah di kampus asal, 1 tahun kuliah di kampus BINUS di kota lain, dan 1 tahun mengambil salah satu dari 5 program enrichment, yaitu: Internship, Research, Study Abroad, Start-up Business, dan Community Development.